MENULIS SEUMUR HIDUP

“BENARKAH KESABARAN ITU KUNCI SUKSES SESEORANG?”

Posted on: June 26, 2009

Sabar teman, biasanya kita mendapatkan petuah seperti itu dari orang lain apabila kita sedang di coba. Sambil mengurut dada dan tak lupa mengucapkan astaghfirullah haladzim. Tapi benarkah sabar itu sesederhana itu? Benarkah sabar itu menerima segala sesuatunya dengan sikap pasrah tanpa mau berusaha terlebih dahulu? Benarkah bahwa definisi sabar itu berarti mengandung makna pasif?

Lantas  mengapa judul di atas begitu menggoda. “Benarkah Kesabaran Itu Kunci Sukses Seseorang?”. Baiklah mari kita simak penjelasan berikut.

Arvan Pradiansyah, mantan MAPRES (MAhasiswa berPREStasi) UI pengarang buku The 7 Laws of Happiniess berkata bahwa ia berani menjamin apabila dia harus merangkum semua kunci sukses dan keberhasilan hidup seseorang dalam satu kata. Maka kata “SABAR” lah kuncinya.

Ia berani menggadai reputasi hidupnya untuk menjamin akan pendapatnya itu. Karena kenapa? Karena kesabaran itulah yang akan membuat seseorang memiliki ketangguhan, keuletan, kerja keras, pantang menyerah, mau belajar, mau bersikap objektif, mampu menikmati kehidupan, tidak mudah marah, hidup selaras dengan orang lain dan alam, berpikiran jernih, mau mengakui kesalahannya untuk kemudian memperbaikinya, tidak mudah berputus asa, mampu bekerja dalam kesendiriannya, dll. Karena itu semua adalah anak-anak dari sifat sabar.

Lebih lanjut ia mendefinisikan bahwa sabar itu adalah bukan mengurutkan dada. Namun sabar itu adalah kalimat aktif dan dinamis bukan pasif. Sabar itu berarti mengerahkan segenap kemampuannya dan menyerahkan hasilnya kepada ALLAH SWT. Menurutnya sabar itu berarti mampu untuk menahan respon. Sabar itu mampu menahan diri untuk tidak cepat marah dalam menghadapi sesuatu. Untuk bisa menahan dirinya sehingga tidak terbawa oleh emosinya. Sabar itu berarti menyatukan badan dan pikiran dalam satu waktu. Sabar itu berarti menyelaraskan frekuensi diri kita dengan orang lain dan alam semesta. Sabar itu berarti hidup pada saat ini, bukan esok dan kemarin. Begitulah definisi sabar menurutnya.

Sedang Anis Matta menempatkan sifat sabar ini sebagai salah satu dari akar sifat keluhuran. Karena menurutnya kesabaran merupakan akar pohon perilaku yang melahirkan sifat-sifat lain. Seperti ketenangan, keuletan, kesantunan, pengendalian diri, konsistensi, kemampuan menjaga rahasia, dan lainnya.

Menurutnya kesabaran adalah kekuatan akhlak yang menyuplai energi pada manusia untuk dapat menguasai diri dalam memikul beban hidup seperti kesulitan, penderitaan, musibah, cobaan, perjuangan, dan seterusnya. Kesabaran juga memberikan kekuatan jiwa untuk mengendalikan diri dalam bereaksi terhadap berbagai situasi yang rumit dan kompleks. Seperti rasa jenuh, tergesa-gesa, marah, takut, cemas, harap, hawa nafsu, dan berbagai kecenderungan manusia lainnya.

Udah puas belum?

OK kalo belum puas ada lagi nih. Daku dapatka dari seorang guru. Ia menjelaskan lebih jauh tentang sabar dari segi agama.

Dia memulai khotbahnya dengan mengatakan bahwa di dalam Al-Qur’an ada sekitar 103 kata sabar. Secara bahasa sabar artinya menahan atau mencegah. Sedang secara istilah menahan diri dari kegundahan dan rasa emosional, menahan lisan dari keluh kesah dan menahan diri dari perbuatan yang tak terarah.

Ia menjelaskan perihal tentang sabar ini berdasarkan dalil-dalil yang ada di dalam Al-Qur’an. Seperti berikut ini.

  1. Sabar adalah perintah ALLAH. Untuk lebih jelasanya silakan lihat surat Al-Baqarah ayat 153, Ali Imran ayat 200, An-Nahl ayat 127, Al-Anfal ayat 46, Yunus ayat 109, Hud ayat 115.
  2. Sabar adalah lawan dari kata Terburu-buru. Adapun ayat di dalam Al-Qur’an ada di dalam dalam surat Al-Ahqaf ayat 35.
  3. ALLAH memuji secara khusus orang-orang yang sabar. Ada di salam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 177.
  4. ALLAH mencintai orang-orang yang sabar. Ayatnya surat Ali Imran ayat 146.
  5. ALLAH bersama orang-orang yang sabar. Surat Al-Anfal ayat 46
  6. ALLAH menjamin orang-orang yang sabar dengan jaminan surga. Coba liat surat Ar-Ra’du ayat 123-124.

Ga lengkap kalo cuma ayat Al-Qur’an aja. Beliau menambahkannya dengan hasits-hadits berikut.

  1. Sabar itu cahaya yang amat terang.
  2. Sabar itu sesuatu yang perlu usaha dan latihan. Ni haditsnya “Barang siapa yang mensabar-sabarkan diri, maka ALLAH akan menyabarkan dia”.
  3. Sabar adalah anugerah ALLAH yang paling baik. Mau tau haditsnya? Ni “Tidaklah seseorang diberikan sesuatu yang lebih baik dari sabar”.
  4. Sabar adalah ciri dan sifat dari orang-orang yang beriman.
  5. Sabar berpahalakan surga.

Cukup kan? Selajutnya kita harus bisa bersabar dalam kondisi diuji, dicoba, dalam ketaatan, dalam meninggalkan maksiat dan dalam meraih cita-cita.

Pertanyaannya, bagaimana kiat-kiat untuk bersabar. Sang guru melanjutkan. Ada lima hal yang harus kita lakukan agar kita memiliki kesabaran tingkat tinggi. Yaitu:

  1. Ikhlaskan niat hanya karena ALLAH
  2. Tilawah Al-Qur’an
  3. Perbanyaklah puasa sunnah
  4. Mengingat-ingat tujuan hidup. Dan kita perlu tahu bahwa tujuan hidup kita adalah surga.
  5. Banyak baca buku yang berkisah tentang orang-orang yang sabar.

Nah teman, daku rasa cukup samapai disini dulu. Setujukah dikau teman akan judul di atas? Wallahu a’lam bisshawwab.

About these ads

1 Response to "“BENARKAH KESABARAN ITU KUNCI SUKSES SESEORANG?”"

i agree

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 386,993 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,135 other followers

%d bloggers like this: