MENULIS SEUMUR HIDUP

“LATAR BELAKANG DAN TUJUAN SEMINAR”

Posted on: July 8, 2009

Melihat realita zaman yang terpampang di hadapan kita saat ini. Jelas bahwa umat ini sedang berada pada fase kemundurannya. Kita bisa melihatnya dari kesenjangan yang sangat jauh antara apa yang telah dicapai oleh Barat dengan apa yang telah kita capai pada saat ini. Baik dalam hal sains dan teknologi, pemikiran, seni, politik, dan lain-lainnya.

Di dalam salah satu bukunya yang berjudul “Umat Islam Menyongsong Abad 21”, Dr. Yusuf Qardhawi menjelaskan tentang realita-realita itu. Bahwa yang telah kita berikan untuk peradaban dunia pada saat ini, khususnya pada abad 20, masih teramat sedikit. Peradaban dunia pada saat ini memang masih dikendalikan oleh bangsa Barat. Namun demikian, bukan itu yang lantas menjadikan kita selalu berkecil hati untuk kemudian terjerat dalam lubang setan dengan selalu menggumamkan kata-kata “seandainya”, dan kata-kata yang sebangsa dengannya.

Namun, kita tetap perlu melakukan upaya-upaya untuk memperkecil jarak antara apa yang telah dicapai barat dengan apa yang kita capai saat ini. Kita juga perlu merasakan dan menacapkan  jiwa oprimisme yang tinggi jika menyadari secara mendalam akan janji yang ditawarkan oleh Rasulullah bahwasanya nanti, diakhir zaman –berarti pada zaman kita sekarang ini-, umat ini akan kembali memegang tapuk kekuasaan tertingginya di dunia. Berarti, peradaban dunia ini akan kembali lagi pada peradaban Islam yang hakiki. Hendaknya memang, ini menjadi batu lecutan semangat bagi kita dalam bergerak dan melangkah ke depannya.

Sedang dalam salah satu bukunya yang berjudul “Mencari Pahlawan Indonesia”, ust. Anis Matta menjelaskan dalam salah satu bagian dari bukunya itu bahwa dalam setiap potongan zaman, selalu terdapat dua pahlawan. Yang pertama adalah pahlawan kebangkitan. Sedang yang kedua adalah pahlawan kejayaan. Masing-masing pahlawan tersebut memberikan warna dan kontribusi yang berbeda bagi setiap zaman yang di embannya. Sebut saja masa kejayaan. Pahlawan di zaman ini didominasi oleh semangat perveksionisme dan inovasi. Masa ini adalah masa dimana obsesi kesempurnaan menjadi ruh bagi pergerakannya. Dan hal yang mendukung bagi proses kesempurnaan itu adalah intelektualitas dan spiritualitas. Yang belakangan akan melahirkan tradisi ilmu yang tinggi dan cita rasa keindahan yang sempurna.

Berangkat dari situlah, kami, panitia JRMN (Jaringan Rohis MIPA Nasional) bermaksud untuk mengadakan seminar nasional yang bertemakan “Peran Ilmuwan Muslim Dalam Membangun Peradaban Abad 21”. Seminar ini adalah rangkaian dari acara Mukernas ketiga JRMN yang bertempat di kampus UI, depok. Yang akan dilakasanakan pada tanggal 31 Juli 2009 pada pukul 08.00-11.30 WIB.

Adapun tujuan dari seminar nasional ini adalah untuk:

  1. Mengetahui sejarah kegemilangan ilmuwan muslim, dalam hal ini para scientist islam dan mengambil nilai-nilai luhur darinya. Termasuk di dalamnya adalah pencapaian-pencapaiannya dan ilmuwan-ilmuwannya.
  2. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan umat islam, dalam hal ini ilmuwan muslim (para scientist) mengalami kemunduran.
  3. Mengetahui arah perkembangan sains dan teknologi di abad 21.
  4. Mengetahui kearah manakah Ilmuwan Muslim, dalam hal ini para scientist harus memfokuskan diri?
  5. Mengetahui peran dan posisi umat Islam (para scientist) di abad 21.
  6. Mengetahui tindakan atau langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh Ilmuwan Muslim, dalam hal ini para scientist-scientis muda masa depan saat ini.

Adapun, yang akan menjadi pembicara dalam seminar nasional ini, insa ALLAH aka nada tiga pembicara.

  1. Dr. Warsito (ketua MITI dan dosen pasca sarjana UI), yang akan menyampaikan materi terkait poin kesatu dan dua di atas.
  2. Dr. Nurul Taufiqu Rochman (ketua Masyarakat Nanoteknologi), yang akan menyampaikan materi terkait poin ketiga dan empat di atas.
  3. Prof. Dr. Komarudin Hidayat (rektor UIN Jakarta), yang akan menyampaikan materi terkait poin kelima dan enam di atas.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 389,505 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,135 other followers

%d bloggers like this: