MENULIS SEUMUR HIDUP

Archive for the ‘Kiat-kiat’ Category

Tips Raih Wan Dey Wan Jus :

🇪🇸Pola Tiki Taka 3-3-2-2
Adalah melakukan variasi serangan tilawah di pagi hari 3 lbr, secara simultan dilanjutkan penguasaan waktu di masa dhuha 3 lbr.
Tiki Taka yg menusuk jantung pertahanan kejenuhan dilanjutkan di masa zduhur~ashar 2 lbr. Dimasa injury time maghrib~isya di shoot dgn tendangan sudut mematikan 2 lbr. Pola ini butuh stategi jitu dan penguasaan lapangan yg credible dan kerjasama visible antara niat, kerja keras dan doa…

🇮🇹Pola catenacio atau Grendel 1-2-3-4.
adalah tipikal stategi parkir bus, menumpuk pertahanan di akhir injure time, maghrib~isya 4 lbr, di awali dg tusukan nine false di awal subuh 1 lbr. Di perkuat lini mildfilder zduhur~ashar 2 lbr, maghrib kian fokus 3 lb. Sistem ini mengandalkan counter attact dan menguatkan libero2 di jantung injury time. Ini cocok bagi paramuda yg sibuk…

🇬🇧Pola Three Lions 4-2-2-2.
Cara 3 singa ini mengandalkan kick n rush tapi tdk secepat fast n furios. Mngandalkan center back 4 lbr di awal pagi, gaya negeri Lineker ini menjaga variasi stagnan di waktu ashar 2 lbr, magrib 2lbr dan ditutup dg tusukan mematikan jelang waktu rehat 2 lbr. Ini mengandalkan. speed~power dg pola2 jauh. Ini cocok bagi pekerja yg tdk terikat waktu kick off…

Silahkan dipilih mana strategi mana yg cocok.

Tags:

Pagi. Iri hati pd nikmat yg diberikan org lain adl satu bentuk kekerdilan pikiran.

Org kerdil gampang iri hati pd nikmat yg diberikan org lain. Org besar sebaliknya, gampang bersyukur saat melihat org lain senang.

Percayalah bahwa Allah telah mengatur pemberian rizki pd manusia dgn sebaik-baik dan seteliti-telitinya pengaturan.

Berhati-hatilah karena dgn iri hati, berarti qt tdk ridho dgn ketetapan yg Allah gariskan pd kita dan org lain.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain.” (An-Nisa 32)

Sudah jelas Allah melarang qt utk iri hati pd org lain. Iri hati hanya merusak diri qt dan tak ada untungnya sama sekali utk qt.

Mari belajar berjiwa besar & berlapang dada pd nikmat yg Allah berikan utk org lain. Ucapkan, “Alhamdulillah” saat org lain beroleh nikmat.

Tanyakan, “Apakah iri hati sy ini penting utk saya?”, saat chanel iri hati mulai merasuk ke dlm pikiran.

Jangan habiskan wkt utk iri hati pd org lain. Habiskan wkt utk bersyukur atas segala nikmat yg Allah berikan pd kita.

Pikirkan betapa Allah masih sayang pd kita. Allah telah berikan qt kehidupan, kesehatan, fisik yg sempurna, akal sehat, dll.

Fokus pd nikmat dan kelebihan2 yg Allah beri pd kita. Insya Allah nanti Allah tambah nikmatnya jk qt pandai2 bersyukur.

Dgn gampang bersyukur dan tak mudah iri hati pd org lain, berarti qt telah membangun satu kehidupan surga dlm pikiran qt.

Iri hati-lah terus menerus pd org lain, maka qt telah menciptakan lautan neraka di dlm pikiran. Dan hidup pun terasa sulit.

“Sungguh iri hati akan menghabiskan seluruh perbuatan kebaikanmu bagaikan api yang membakar kayu bakar” (Hadits)

Ya Ikhwah, mau kah seluruh kebaikan qt habis hanya karena iri hati qt pd nikmat yg Allah beri utk org lain?

Rasul jg mewanti-wanti qt bhw tiga manusia yg hidupnya akan celaka dunia akhirat yakni: yang takabur, IRI HATI, serakah.

Cukuplah kisah Qabil & Habil berikan qt pelajaran akan bahaya IRI HATI pd diri kita dan org lain. Sekian :)

Tags:

Ceritanya kemarin sy presentasi program #EnglishPrestige ke direktur (owner) http://asiatour.co.id di Jl. Gandaria I (dkt Blok M).

Beliau ingin perdalam kemampuan TOEFLnya. Target bs dapet score min 500. Katanya sih mw S3. Bidangnya ekonomi islam.

Usai presentasi ttg bahasa inggris #EnglishPrestige, qt ngobrol ngalor ngidul. Sy manfaatin utk explor rahasia beliau sukses dlm bisnis

Menurut sy, beliau ini kategori pengusaha muda (41 thn) yg bs dibilang sudah cukup sukses.

Bisnisnya banyak sekali. Pertama beliau punya http://asiatour.co.id yg sudah dirintis sejak 13 thn yg lalu.

Sbg gambaran, http://asiatour.co.id ini bs berangkatin sekitar 2000 org /thn utk umroh ke mekah.

Belum lg jamaah haji, penjualan tiket, traveling, dll. Intinya udah lumayan keren lah http://asiatour.co.id ini.

Usaha beliau yg lain katanya sih punya ayam petelur sebanyak 30.000 di bogor. Sehari bs hasilin sekian ton telur. Ckckck

Beliau jg punya bisnis properti. Utk yg satu ini sy kurang tau sudah seberapa besar usahanya.

Beliau jg punya rent premium car. Rental mobil2 kelas atas macam alphard, dll. Uang sewanya bs 3jt /12jam.

Katanya jg punya bisnis sawit. Dan mungkin punya bisnis yg lain2nya yg sy belum tahu berhubung sy baru kenal saat itu juga.

Lantas, sayang dong ketemu org yg udah sukses dlm bisnis gak “dikorek” rahasia dapurnya..hehe

Sy pun tanya ke beliau: apa rahasia beliau bs sukses dlm bisnis?

“Yang paling utama adl PASSION”, ujar beliau. “Sy senang bisnis. Dan sangat tdk senang disuruh-suru (punya bos)”.

Kalo qt punya passion dlm bisnis, insya Allah qt gak akan bosen utk mencoba meski sering buka-tutup atau gagal dlm bisnis.

Passion ini jd bahan bakar semangat qt dlm berbisnis. Baik bisnis qt lg untung ataupun buntung, passion ini buat qt gak gampang mutung.

Passion ini terbentuk karena akumulasi kebiasaan yg lama. Beliau menuturkan bhw beliau sudah berdagang sejak kecil.

Sy pun menanyakan: apakah beliau punya semacam mentor khusus dlm bisnis?

Beliau menjawab secara khusus tdk ada. Hanya saja beliau langsung praktek di lapangan. Berbisnis dgn kerja keras dan sungguh2

Sekarang lebih mudah utk qt belajar ttg bisnis apapun. Pasalnya, teramat banyak buku2 yg bs qt dapatkan berkaitan dgn bisnis tsbt.

Jd intinya, yg sy tangkep dr kisah sukses beliau bisnis adl kombinasi dr passion, terjun langsung di lapangan, kerja keras, dan baca buku.

Ada yg unik yg sy tangkep dr diskusi kurang lebih 2 jam-an itu. Yaitu berkali-kali beliau tanyakan ke sy: “Bener nih kamu gak mw kerja?”

Saat diskusi itu beliau tanyakan sy lulusan mana? Sy bilang sy lulusan UI. Mungkin itu salah satu faktor kenapa beliau tanyakan hal tadi

Beliau jg sempet “menggoda” sy dgn pertanyaan: “Kamu gak S2?”

Atas dua pertanyaan tadi, sy jawab dgn mantap: “Saya harus jadi PENGUSAHA lebih dulu pak” :) #sekian

Bismillah, pagi ini mw bahas sedikit hadits ttg wanita yg diciptakan dr tulang rusuk yg cenderung bengkok.

Wanita diciptakan dr tulang rusuk. Jk ingin meluruskannya mk engkau akan mematahkannya, jk membiarkannya mk akan tetap bengkok (HR Bukhari)

Seperti itulah tabiat (watak) seorang wanita: seperti tulang rusuk. Yg kl qt luruskan, dia akan patah. Kl qt biarkan akan terus bengkok.

Maka cara bergaul yg baik menurut hadits tsb adl mempergauli wanita (istri) dgn selembut-lembutnya.

Jangan terlalu kasar yg menyebabkan ia patah (rusak), juga jangan membiarkannya yg menyebabkan ia bengkok (melenceng).

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kaum hawa (wanita) cenderung berpikir menggunakan perasaan.

Sedang kaum adam lebih dominan berpikir menggunakan logika akal.

Maka kaum wanita akan sangat mudah terpengaruh dgn hal2 yg berbau emosi (perasaan).

Dan karenanya terkadang, keputusan2 tsbt cenderung tdk objektif. Karena unsur emosi (perasaan) cenderung lbh dominan ketimbang logika.

Itu jg mengapa yg namanya pemimpin dlm rumah tangga jatuhnya di tangan suami, bukan di tangan istri.

Sebab disamping faktor pria lbh kuat secara fisik, jg karena pria bs berpikir lbh objektif menggunakan akalnya.

Tentu akan sangat repot jk setiap permasalahan harus dihadapi dgn perasaan.

Itu jg mengapa kriteria imam (pemimpin) dlm islam salah satunya adalah laki-laki. Bukan masalah diskriminasi, tp masalah kodrat.

Pahamlah qt sekarang mengapa kuasa perceraian itu adanya di tangan suami, bukan istri. Nyambung jg kan?

Kultwit singkat ini bukan utk mendiskreditkan kaum hawa. Biar bagaimana pun, kaum adam ttp butuh kaum hawa.

Dibalik pria-pria besar, akan selalu ada wanita2 besar yg mendampingi. Sekian :)

Ceritanya kemarin sempet liat ust @Yusuf_Mansur ceramah di UI. Beliau bilang dah buat 250 buku yg berbeda.

“Kok bisa?”, lanjut beliau, karena dua hal ini: 1. No wasting time. 2. Deket sama Qur’an.

Tidur beliau biasanya dr pkl 10-2 pagi. Bangun langsung tahajud dan nulis buku bisa sampe pkl 7 pagi.

Beliau mengkritik anjuran org2 medis yg mengatakan bhw tidur itu harus 8 jam. “Itu kebanyakan. Mau aja ente dibodo-bodoin”, tegas beliau.

“Jangan tidur lg setelah sahalat tahajud / subuh. Ini sumber petaka. Waktu subuh – pg adl waktu yg sangat bagus utk menulis”, lanjut beliau.

“Mahasiswa UI kesulitan buat skripsi? Jawabnnya satu: terlalu banyak wkt yg disia-siakan selama kuliah. Potensi jd ga maksimal”

“Kurangi tuh waktu kongkow2 ga jelas, kurangi nonton TV (invotainment), pergi ke mall, dan kegiatan2 lain yg bikin wasting time”

Beliau jg sangat menekankan utk qt dekat dgn Al-Quran. Baca Quran tiap hari. Baca artinya. Renungkan. Amalkan. Hafalkan. Top dah.

“Org yg dekat dgn Al-Quran, waktunya akan terasa lapang. Dan kita akan tercengang sendiri dgn produktivitas yg bs qt buat”

“Bisa buat ini, bs buat itu. Bs buat hal2 lain yg org lain pun susah utk buat. Ini karena faktor Al-Quran”

“Allah maha pemberi waktu dan kehidupan. Dan Ia pula lah yg bs memberikan kelapangan pd hidup qt”

Sekian dulu kultwit pg ini. Semoga qt bs ambil inspirasi dr kisah ust @Yusuf_Mansur ini. Wasalam :)

Begitulah cara Allah mentarbiyah (mendidik) qt agar menjadi pribadi yg lebih matang dan dewasa: lewat berbagai ujian dan cobaan.

Pandanglah ujian dan cobaan itu sebagai peluang (tantangan) utk menjadi lebih baik lg ke depannya.

Qt hanya menjadi matang dan dewasa lewat ujian dan cobaan yg qt respon dgn positif. Respon negatif hanya akan membuat qt jd kerdil.

Tetaplah merasa senang dan pertahankan kegembiraan jiwa saat tantangan2 hidup datang menghampiri.

Qt tak kan mungkin bs berlari dr tantangan2 karena ia adl keniscayaan dlm hidup.

Maka hadapilah tantangan2 hidup itu sambil bersiul.

Tags:

Para pemenang selalu terlahir dari “rahim” ujian dan tantangan yg berat.

Para pecundang mungkin sama2 mengalami hal serupa. Tp, reaksi para pemenang berbeda dgn rekasi para pecundang.

Para pemenang selalu bereaksi positif saat ujian2 dan tantangan2 berat datang mendera.

Sebaliknya, para pecundang selalu bereaksi negatif terhadap ujian dan tantangan yg terjadi pd dirinya.

Para pemenang menjadikan ujian & tantang hidup yg berat sbg batu loncatan utk jd lbh baik. & oleh karenanya, selalu OPTIMIS & bnyk bljr.

Para pecundang selalu mengeluh terhadap ujian dan tantangan. Dan mereka selalu memilih utk hilang dr panggung kehidupan.

Para pemenang selalu melihat masalah sebagai peluang utk menemukan solusi.

Para pecundang tak pernah bs melihat peluang di balik masalah (problem) karena ide2 kreatif mereka tertutup dgn ketakutan & sikap negatif.

Para pemenang selalu berusaha menyelesaikan masalah2 yg ada dgn sebaik-baiknya.

Para pecundang tak kuasa menyelesaikan masalah. Mereka kalah sebelum bertanding.

Para pemenang selalu bs tersenyum kapanpun, dimanapun, & dlm kondisi apapun. Mereka terus pertahankan kegembiraan hatinya.

Para pecundang selalu mutung & cemberut saat masalah2 hidup mendera. Dan oleh karenanya, jarang disukai lingkungan sekitarnya.

Para pemenang selalu percaya akan pertolongan Allah dan yakin bhw Allah tak kan menguji hambanya di luar batas kemampuannya.

Para pecundang selalu protes dgn segala qodha dan qodar buruk yg menimpanya. Dan kepercayaannya pd Allah tak 100%.

Jadilah pemenang maka dunia kan terlihat indah bagai surga. Jadilah pecundang maka dunia kan terlihat suram bagai neraka. Sekian :)

Hallo twips, senang sekali rasnya pg ini. Enaknya kultwit apa ya? Baiklah, sy coba kultwit sedikit ttg “Respon Kita Terhadap Masalah”

Sy percaya bahwa kualitas seseorang itu salah satunya tergantung dr bagaimana respon ia terhadap masalah2 yg terjadi dlm hidupnya.

Setiap hari dan setiap saat manusia mengalami berbagai macam kejadian: entah menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, dll

Karena isi hidup adl aneka macam kejadian2 sprt itu, mk respon qt terhadap kejadian tersebut begitu penting.

Salah merespon -dalam akumulasi yg lama- hanya akan membuat hidup qt jumud, tak berkembang, kekanakan, dan banyak mengeluh.

Lantas bagaimana cara qt merespon suatu masalah dgn baik dan benar?

Saat mengalami kejadian -entah itu baik, buruk, dll- cobalah berpikir sebagaimana org2 besar berpikir.

Cobalah tanyakan pd diri sendiri: “Seandainya org2 besar itu mengalami kejadian seperti yg sy alami ini, kira2 apa reaksi mereka?”

Pertanyaan ini membuat qt berpikir, alih2 mengambil keputusan secara emosional.

Coba tenangkan utk sesaat sel2 saraf otak qt. Tarik nafas dlm2. Hembuskan. Jangan tergesa2 utk menentukan sikap/respon.

Ketenangan membuat qt lbh jernih memandang suatu masalah / kejadian. Ketergesa2an hanya akan membawa petaka.

Setelah otak qt agak tenang, cobalah lihat secara keseluruhan masalah yg sedang kita hadapai. Pandanglah secara objektif apa

Memandang masalah secara subjektif hanya akan merugikan diri qt sendiri. Objektiflah.

Responlah masalah itu dgk sikap lapang dada, optimis, dan tdk mengeluh.

Orang2 besar tak memandang masalah dgn pesimis. Mereka selalu hidup dlm buncahan optimisme.

Dan para pemenang hanya akan melihat dan memikirkan peluang dibalik problem (masalah) yg ada ketimbang mengeluh.

Berpikirlah ttg solusi, maka emas kan kau dapat. Mengeluhlah, maka sampah kehidupan kan kau gendong kemana-mana.

Bisnis2 besar di dunia selalu muncul dari problem (masalah) yg ada -karena keterbatasan ini, keterbatasan itu-

Dan para entrepreneur2 besar selalu berpikir utk mencari solusinya. Bukan malah mengeluh atau bahkan mencaci maki keadaan.

Maka lahirlah masterpiece dari sana. Karya2 mengagumkan para pengubah dunia. Sekian :)

follow me on twitter @nuralimuchtar

Bismillah, mau sedikit kultwit ttg jodoh.

Jadi ceritanya sy punya kakak yg sampe memasuki usia 30 thn-an blm jg menikah.

Sy rasa bukan karena faktor wajah yg jd alasannya. Cz seperti kata adik sy, kakak sy ini dibilang jelek ya tdk, dibilang cantik ya lumayan.

Dan sy jg tahu bhw banyak pria yg suka padanya baik menyatakan ke sy langsung, dengar2 dr org lain, sampe punya pacar (jangan ditiru)

Tapi anehnya sampe usia 30 thn-an ia tak kunjung menikah dan tak ada tanda2 bhw ia akan segera menikah dlm wkt dekat ini.

Lantas, apa dong yg jadi penyebabnya? Secara agama mungkin qt akan mengatakan: “Ya blm dpt jodohnya aja”.

Tp ada yg unik mendengar cerita ibu, kakak dan adik sy mengomentari mengapa kakak sy yg satu ini tak kunjung jua utk menikah.

Antara percaya / tdk, mereka bilang (usai konsultasi dgn org yg paham sedikit masalah ghaib) kl kakak sy ini ada yg ngebaca-bacain.

Jd mantan pacarnya dulu sakit hati gak jd menikah dgn kk sy hingga akhirnya pergi ke paranormal yg intinya agar kk sy susah dpt jodoh

Terlepas dr percaya / tdk, toh pd kenyataannya bnyk qt temukan kasus2 dimana seseorang kecewa berat karena ditolak.

Hingga akhirnya timbul dendam kesumat yg mendalam. Ada yg bunuh diri, pergi ke dukun agar org yg menolaknya mengalami hal2 buruk.

Ada yg depresi, stres, sampe ada pula yg enggan menikah usai ditolak. Katanya, ia cinta sejatiku. Aku tak mau menikah selain dgnnya. #pret

Org2 seperti ini adl org2 kerdil yg tak memiliki kedewasaan berpikir. Plus tak memiliki pemahaman agama yg baik.

Salahnya lg, org2 macam ini telah menggantungkan cintanya di atas logika nalarnya saat hendak menikah.

Mereka tak yakin bhw Allah telah mencatat jodohnya di lauhul mahfuz sana dan wanita yg menolaknya bukanlah jodoh terbaik utknya.

Mari bangun kedewasaan berpikir. Jika Anda hendak menikah, lantas tak jd menikah karena ditolak dgn alasan apapun, itu adl hal yg biasa2 sj.

Jangan pernah menganggap org yg hendak qt nikahi itu adl org terbaik utk hidup qt.

Yg terbaik utk qt adl org yg nanti sudah jd istri qt. Itulah yg terbaik utk qt. Kl blm menikah, itu blm menjadi yg terbaik utk hidup qt.

Dan utk menghindari yg namanya sakit hati karena ditolak, saran sy: menikahlah karena alasan hendak menikah, bukan karena ingin menikahi.

Paham kan perbedaan antara ingin menikah dgn menikahi?

Kl motivasi Anda menikah karena benar2 ingin menikah, mk begitu terjadi penolakan, ya tinggal cari yg lain. Simpel aja.

Tp yg repot adl kl motovasi Anda utk menikah adl karena faktor ingin menikahi seseorang.

Kl faktornya adl ingin menikahi, biasanya mata qt sudah dibutakan dgn emosi cinta alih2 logika berpikir yg jd panduannya.

“Pokoknya sy hrs nikah sama dia. Dia belahan jiwa sy. Sy tak bs hidup tanpanya. Kl tak menikah dgn dia, sy tak mw menikah.”

Ungkapan2 semacam itu lazim diucapkan oleh org yg sudah dimabuk kepayang oleh cintanya pd seseorang.

Inilah yg menyebabkan seseorang mengalami kekecewaan yg amat berat saat ditolak oleh org yg amat ia cintai.

Hingga timbulah rasa frustrasi, dendam, stres, dll yg sangat tdk baik utk hidupnya.

Maka saran sy (utk diri sy juga), menikahlah karena faktor Anda memang ingin menikah. Bukan faktor ingin menikahi si A atau si B.

Sekian sedikit kultwit sy ttg jodoh. Semoga bermanfaat :)

Tags: ,

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa makin ke sini, makin banyak orang-orang yang berambisi untuk menjadi orang terkenal (famous). Apalagi jika dari keterkenalannya itu, orang bisa mendapatkan duit yang banyak seperti seorang artis, misalnya. Maka berlomba-lombalah orang untuk menjadi terkenal. Gimana pun caranya, berapapun besar pengorbanan yang harus dikeluarkan. “Pokoknya, saya harus terkenal. Titik!!”, ujar batinnya.

Menurut hemat saya, wajar-wajar saja jika banyak orang yang ingin menjadi terkenal. Ini dunia bung, alam materi, segala sesuatunya diukur denga materi. Seberapa kaya Anda? Seberapa bagus rumah Anda? Seberapa banyak mobil Anda? Seberapa cantik istri dan seberapa ganteng suami Anda? Seberapa hebat jabatan Anda? Seberapa sering jalan-jalan keluar negeri? Dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Tapi ada hal yang perlu diingat bahwa tak selamanya keterkenalan itu baik untuk kita. Terkadang, keterkenalan itu malah membelenggu. Satu contoh: lihatlah para artis/pejabat yang terlibat satu kasus negatif yang menghebohkan. Bahagiakah mereka saat banyak sekali media yang berlomba-lomba untuk meliput kasus negatifnya itu? Saban hari saban waktu diluput, diwawancarai, difoto, dikejar-kejar. Bukan hanya dia, keluarganyapun tak luput dari liputan. Sekali lagi, bahagiakah mereka?

Terkenal boleh, asalkan keterkenalannya itu digunakan untuk hal-hal yang positif. Harus diniatkan dari awal bahwa tujuan kita untuk menjadi terkenal semata untuk tujuan kebaikan. Satu contoh: seorang dai harus terkenal agar dari keterkenalannya itu banyak orang yang bisa diajak untuk mengikutinya meniti jalan kebaikan.

Hal lain yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali mengambil jalan pintas untuk menjadi terkenal. Mindset yang harus dibangun adalah bahwa keterkenalan itu hanyalah konsekuensi logis dari manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain. Semakin banyak yang bisa kita berikan, semakin baik. Inilah kaidah yang menjelaskan bahwa ada orang yang cepat sekali terkenal lantas secepat kilat pula hilang dari permukaan. Berilah manfaat sebanyak-banyaknya secara terus menerus pada keluarga, masyarakat dan negara, semoga nama kita kan terukir abadi di dunia ini. amin


Total Kunjungan:

  • 386,636 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,135 other followers