MENULIS SEUMUR HIDUP

Archive for the ‘Pengembangan Diri’ Category

Pagi. Iri hati pd nikmat yg diberikan org lain adl satu bentuk kekerdilan pikiran.

Org kerdil gampang iri hati pd nikmat yg diberikan org lain. Org besar sebaliknya, gampang bersyukur saat melihat org lain senang.

Percayalah bahwa Allah telah mengatur pemberian rizki pd manusia dgn sebaik-baik dan seteliti-telitinya pengaturan.

Berhati-hatilah karena dgn iri hati, berarti qt tdk ridho dgn ketetapan yg Allah gariskan pd kita dan org lain.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain.” (An-Nisa 32)

Sudah jelas Allah melarang qt utk iri hati pd org lain. Iri hati hanya merusak diri qt dan tak ada untungnya sama sekali utk qt.

Mari belajar berjiwa besar & berlapang dada pd nikmat yg Allah berikan utk org lain. Ucapkan, “Alhamdulillah” saat org lain beroleh nikmat.

Tanyakan, “Apakah iri hati sy ini penting utk saya?”, saat chanel iri hati mulai merasuk ke dlm pikiran.

Jangan habiskan wkt utk iri hati pd org lain. Habiskan wkt utk bersyukur atas segala nikmat yg Allah berikan pd kita.

Pikirkan betapa Allah masih sayang pd kita. Allah telah berikan qt kehidupan, kesehatan, fisik yg sempurna, akal sehat, dll.

Fokus pd nikmat dan kelebihan2 yg Allah beri pd kita. Insya Allah nanti Allah tambah nikmatnya jk qt pandai2 bersyukur.

Dgn gampang bersyukur dan tak mudah iri hati pd org lain, berarti qt telah membangun satu kehidupan surga dlm pikiran qt.

Iri hati-lah terus menerus pd org lain, maka qt telah menciptakan lautan neraka di dlm pikiran. Dan hidup pun terasa sulit.

“Sungguh iri hati akan menghabiskan seluruh perbuatan kebaikanmu bagaikan api yang membakar kayu bakar” (Hadits)

Ya Ikhwah, mau kah seluruh kebaikan qt habis hanya karena iri hati qt pd nikmat yg Allah beri utk org lain?

Rasul jg mewanti-wanti qt bhw tiga manusia yg hidupnya akan celaka dunia akhirat yakni: yang takabur, IRI HATI, serakah.

Cukuplah kisah Qabil & Habil berikan qt pelajaran akan bahaya IRI HATI pd diri kita dan org lain. Sekian :)

Tags:

Begitulah cara Allah mentarbiyah (mendidik) qt agar menjadi pribadi yg lebih matang dan dewasa: lewat berbagai ujian dan cobaan.

Pandanglah ujian dan cobaan itu sebagai peluang (tantangan) utk menjadi lebih baik lg ke depannya.

Qt hanya menjadi matang dan dewasa lewat ujian dan cobaan yg qt respon dgn positif. Respon negatif hanya akan membuat qt jd kerdil.

Tetaplah merasa senang dan pertahankan kegembiraan jiwa saat tantangan2 hidup datang menghampiri.

Qt tak kan mungkin bs berlari dr tantangan2 karena ia adl keniscayaan dlm hidup.

Maka hadapilah tantangan2 hidup itu sambil bersiul.

Tags:
  • Masalah2 #anakSMA itu apa aja sih? Dah lupa deh dulu waktu SMA masalah2 sy apa aja. Need help!?
  • Tp palingan gak jauh2 dr akademis (pelajaran), gak bs bagi waktu, pr yg banyak, galau pengen ikut2an pacaran, pengen diliat gaul. #anakSMA
  • Yg lain: takut saat bljr di kls cz blm bljr di rmh mlmnya, ga siap ujian, ortu yg nuntut hrs juara kls, fisik yg gampang drop. #anakSMA
  • Ada lagi kah masalah2 #anakSMA yg lainnya?
  • Pentingkah buat sy yg skrg sudah masuk pd tahap fokus mencari maisyah (nafkah)? Artinya sudah bukan #anakSMA
  • Sy pengen tau apa sj masalah2 #anakSMA yg tujuannya adl agar bs menyelami kehidupan mereka dalam2.
  • Saat saya tau masalah2 utama yg menghinggapi mereka, di titik itulah sy berusaha semaksimal mungkin utk membantu mereka. #anakSMA
  • Mereka punya masalah A, seumpama. Ya sy bantu di A, bukan di B. #anakSMA
  • Atas dasar itulah sy lebih senang memberikn materi2 yg mereka butuhkan saat mentoring, alih2 kasih materi yg qt kuasai & senangi. #anakSMA
  • Dan itu mengharuskan qt tdk saklek dlm pemilihan materi. Fleksibel aja lah. #anakSMA
  • Ada yg bertanya: “lho, bukankah mentoring itu sudah ada sistemnya? Termasuk dlm materi2 yg harus disampaikan beserta urutan2nya?” #anakSMA
  • Selanjutnya, “Kl gak ikutin panduan materi beserta urutan2nya, tar malah gak sesuai dgn yg diharapkan dr mentoring lagi?” #anakSMA
  • Menurut hemat saya, materi2 yg ada beserta urutan2nya itu, bagus jg dijadikan referensi. Hnya sj qt tdk harus saklek mengikutiny. #anakSMA
  • #anakSMA ini bisa dibilang sedang masa2 galau pencarian jati diri. Dan mereka sangat butuh bimbingan agar masalah2 mereka teratasi.
  • Kan jd gak nyambung kl qt kasih materi2 yg sesuai panduan tp sebenarnya mereka lg punya masalah yg lain. Malah gak efektif #anakSMA
  • Nah bagaimana menyiasati agar apa2 yg diinginkan dr buku panduan yg berisi materi2 yg sudah diurutkan itu tetap tersampaikan? #anakSMA
  • Kl saya sih biasanya tinggal pikirin, point2 dan muashofat2 apa saja dr materi2 panduan itu yg harus didapatkan peserta didik. #anakSMA
  • Trus qt sisipin deh saat qt menyampaikan materi. #anakSMA
  • Yg penting kan apa2 yg diharapkan dr panduan2 dasar tsbt tetep tersampaikan pd peserta mentoring. #anakSMA
  • Keuntunganny dobel: mereka dpt apa yg mereka butuhkan & jg muashofat2 (standar2) yg qt inginkan ttp tersampaikn. Lebih asik toh? #anakSMA
  • Segitu dulu ya tuips sharing2 ttg #anakSMA. Semoga bermanfaat. Wasalam,,
Tags: ,
  • Makin banyak yg #wisuda, makin majulah bangsa ini. Jangan pandang sinis/negatif dgn mengatakan: makin bnyk wisuda, makin bnyk pengangguran.
  • Alhamdulillah hari ini @univ_indonesia meluluskan 8.672 wisudawan mulai dr D3-S3. Terbanyak sepanjang sejarah UI. #wisuda
  • Ini aset bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa ini dipertaruhkan.#wisuda
  • Pandangan yg salah menurut sy sering dilontarkan pengusaha2 yg sudah sukses: “mau jadi pengusaha, pendidikan gak usah tinggi2″.#wisuda
  • Kl bisa jd pengusaha dgn gelar S3, itu lbh baik kawan. Apa tdk bisa? Menurut saya, bisa2 saja. Qt punya potensi tak terbatas kok #wisuda
  • Di sini sy ingin menekankan bhw sangat penting bg sebuah bangsa tk memiliki bnyk doktor d berbagai bidang. Syarat tk maju. Catet.#wisuda
  • Israel (Yahudi) punya 13.000 master (ahli) tiap 1juta org. Eropa (kristen) punya 6.500 master tiap 1jt org. Jepang (Shinto) 6.000.#wisuda
  • Rusia (Orthodoks) 5.000. India (Hindu) 1.300. Mesir (Islam) 370. Dan Indonesia (Islam) hny punya 74 master tiap 1jt org. #wisuda
  • Itu adl data UNDP 2003. Sungguh mengenaskan bukan? “Oh bangsaku, sadarkah kau bhw tarbiyah (pendidikan) itu sangat penting!?”. #wisuda
  • Kita berharap semoga bukan hnya UI yg meluluskan bnyak wisudawan nan berkualitas tiap tahunnya, tp jg univ2 lain di Indonesia. #wisuda
  • Konon dr 8.672 wisudawan, terdapat 1.230 yg lulus dgn predikat cumlaude. Ini meningkat 3X lipat dr thn sebelumnya. Subhanallah.#wisuda
  • Tp ini harus terus digenjot. Tingkatkan lg kuantitas dan kualitas lulusan2 UI. Bangsa memanggil kalian semua, kawan. #wisuda
  • Semoga dgn terpilihnya rektor @univ_indonesia yg baru nanti, UI makin baik lg ke depannya. #pilrekui #wisuda
  • Mari tuips qt mulai dr diri qt masing2. Bangun komitmen untuk terus mengabdi bagi tanah pertiwi. Tiada hari tanpa belajar. #wisuda
  • Rahasia kemajuan suatu bangsa terletak pd seberapa kuat motivasi belajar dr seluruh stakeholder yg mendiami wilayah tsbt. #wisuda
  • Bangsa pembelajar hanya mungkin dicapai jk tiap2 individu dr bangsa tersebut bs menjadi manusia pembelajar. #wisuda
  • Dan semoga Allah merindhai segala amal perbuatan yg qt lakukan demi kemaslahatan bangsa dan umat ini. #wisuda
  • Demikian sedikit kultwit sy tentang #wisuda. Semoga bermanfaat. Wasalam :)
  • test test, dah ngelink ke FB belom ya??
  • kenapa twitter saya tak bisa ngelink ke FB ya? *berpikirkeras
  • bismillah, test lagi. sudah munculkah di FB twitt saya ini? mari kita cek!!
  • hoho..sudah bisa muncul ya twit2 saya di FB?
  • fokelah kalo begitu.btw, mohon maaf nih rekan2 FB sekalian apabila twit2 sy ini mengganggu. pasalnya, sy lumayan rajin ngetwit
  • seinget saya, saya coba buat link antara: twitter, fb, wordpress dan BBM. kerjain satu, muncul di semua tempat. lebih efektif..hehe
  • sekarang kan eranya media sosial. jadi belajar untuk “eksis” dgn kekinian. yg tidak bs ikutin perkembangan zaman, bakal dilindas. kan gitu?
  • 1 cont: dulu org harus beli koran/mantengin TV tk dapet berita2 terkini. nah sekarang itu semua tergantikan dgn adanya mobile HP & twitter
  • cukup punya HP (misal: BB) dan akun twitter. jangan lupa follow yg bnyk akun2 media online. mk dgn mudahnya qt dapetin informasi terupdate
  • contoh yg saat ini sedang ramai di bicarakan adl tentang #WorldHijabDay. update kan? kita jd tau kl hr ini adl Hari Hijab Dunia
  • tp ada satu yg sy sangat berpesan untuk rekan2 tuips n fb sekalian. jangan mudah menerima mentah2 apa2 yg rekan2 baca di media.
  • kritisi dulu. jika perlu, diskusi dgn rekan2 yg lain dan murobbi (guru).
  • tak bisa dipungkiri, yg namanya media: elektronik, cetak, online, itu semua tergantung dr siapa yg punya dan siapa yg berani bayar mahal.
  • yg kasian memang yg gak punya media pembelaan. cont:@presidenSBY. mn punya SBY media? paling2 punya TVRI yg kata org dah ketinggalan zaman
  • yg enak yg punya media. contoh: @Hary_Tanoe@aburizalbakrie, Chairul Tanjung, dll. media merupakan pilar ke4 dlm bangunan demokrasi
  • secara tidak langsung, merekalah “penguasa” di Republik ini. lihatlah betapa media2 mereka (TV, koran, online) mempengaruhi persepsi masy
  • sayangnya yah tuips, media di dunia ini dikuasai org2 Zionis Yahudi. dan betapa zalimnya mereka dgn medianya itu terhadap umat manusia.
  • mereka pelintir fakta2 yg ada ttg umat ini, mereka cekokin umat ini dgn tayangan2 tak bermoral. mereka hancurkan qt salah 1nya lewat media.
  • nauzubillah. begitulah seandainya mereka yg memimpin dunia ini. KEHANCURAN, KEZHALIMAN, KETIDAKADILAN, KEMISKINAN, dll.
  • ngemeng2, kok jd ngelebar ke mana2 ya tuips? hehe..tak apa lah. yg penting dah numpain unek2 yg ada di kepala. syukur2 manfaat tk org lain.
  • back to topic (topiknya apa ya?). penting buat qt ikutin perkembangan zaman. sy pribadi ingin selalu terlihat muda..hehe,,gak nyambung ya?
  • satu lagi cara mendapatkan informasi yg efektif dan cukup cepat menurut saya yaitu dgn cara membuat lansiran email.
  • tinggal pilih kata-kata yg ingin kita lansir via email, misal: “pilkada”, “puasa”, “pemimpin”, dll.
  • mk akan muncul secara otomatis setiap postingan di media online (portal, website, blog, dll) ke email qt. kl punya BB, tinggal bc di BB deh
  • Jusuf Kalla itu setau sy baca koran tiap harinya bisa sampe 10 koran..hahaha, gak muntah ya?! ampun ya Allah :)
  • demikian tuips sedikit kultwit dr sy ttg: Menyesuaikan Diri Dengan Perkembangan Zaman. krn zaman tak bs diubah, mk kitalah yg harus berubah
Try Out SNMPTN Bersama Bang Hidayat

Try Out SNMPTN Bersama Bang Hidayat

JAKARTA (9/6) – Hidayat Nurwahid meminta para remaja di DKI Jakarta  untuk bersungguh-sungguh dalam menempuah ujian masuk perguruan tinggi nasional yang akan digelar 12 Juni mendatang. Hal itu disampaikan Hidayat disela-sela Try Out Akbar Nasional di gelanggang Olah Raga Otista Jakarta Timur, Ahad (9/6/2012).

“Anak-anak semuanya mempunyai kesempatan besar untuk mengulangi kejayaan Jayakarta, kesempatan ini jangan disia-siakan, jangan dikacau-balaukan, jangan menjadi remaja galau. Jadikan tantangan ke depan membuat anda jadi percaya diri,” nasihat Hidayat di depan lebih kurang seribu peserta try out yang memadati GOR.

Ia juga meminta para remaja untuk mendekatkan diri kepada Tuhan agar segala cita-cita dan harapan tercapai. “Sangat penting apa yang kita lakukan agar semaksimal mungkin, dan berdoa kepada Allah SWT, dia akan membuka segala kesulitan menjadi mudah, dia akan menguatkan kita untuk bersabar dan terus belajar serta mengatasi segala masalah,” ujar Hidayat.

Hidayat mencontohkan perjuangan tokoh besar Fatahillah dalam mendirikan kota Jakarta melalui perjuangan panjang mengusir penjajah Portugis.

“Fatahilah  tidak pernah menyangka bahwa ia akan menjadi sejarah besar, membuat kota hebat seperti jakarta, tapi dengan kesungguhan, kerja keras,  kepercayaan diri, berjuang dan berdoa  kepada Tuhan yang Maha Esa, jadilah dia sejarah yang hebat membuat ia menjadi Jayakarta, dan kita semua menjadi warganya,” paparnya panjang.

Terakhir, cagub DKI nomor urut 4 ini juga mendoakan agar para remaja tersebut sukses dalam menempuh ujian dan diterima di perguruan tinggi negeri yang mereka impikan.

Pada kesempatan itu, Laili Ismawati salah seorang peserta try out mengucapkan terimakasih kepada Hidayat yang telah memotivasi para remaja untuk bekerja keras mempersiapkan diri menempuh ujian. Ia juga berdoa agar Hidayat terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta.

“Terimakasih kepada Pak Hidayat yang telah bersedia datang. Mohon doa agar dengan  mengikuti try out di sini semoga akan menjadi jembatan atas apa yang kami cita-citakan.  Saya harap semoga dalam pemilihan gubernur nanti bapak bisa terpilih,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Fahri, pelajar  SMU 39 Jakarta. Ia memohon doa kepada Hidayat agar dirinya dan teman-teman bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Ia juga mendoakan Hidayat sukses dalam memimpin Jakarta.

“Terimakasih pak sudah hadir di sini dimana para pelajar kumpul untuk mempersiapkan diri dalam menempuh  UMPTN tanggal 12 Juni nanti. Mohon doanya pak semoga kami bisa diterima di perguruan tinggi favorit kami.  Semoga bapak bisa sukses ke depannya, dan kita sama-sama sukses,” harapnya.***

sumber: http://www.hidayatdidik.net/

PKS Marunda

tadi maen bola dengan anak-anak dari bambu kuning rw2, sungai tiram, marunda, jakarta utara. dari 12 orang anak usia sekolah smp-sma, dimana mereka ini masih dalam satu rt, cuma 3 orang yang masih sekolah. sisanya putus sekolah. alasan utamanya selain masalah dana yaitu tidak adanya motivasi dari lingkungan tempat dimana mereka tinggal sehingga mereka menggangap, buat apa sekolah? apa gunanya buat kami? toh si anu lulusan sma sama aja dengan kita-kita dan kebanyakan orang, MENGANGGUR. ironis.

tetapi ada hal penting yang perlu kita renungi di sini yaitu kenyataan bahwa suatu bangsa tidak akan bisa maju jika minat sekolah (belajar) anak-anak usia sekolahnya kecil atau bahkan hilang sama sekali. pendidikan (tarbiyah) adalah jawaban dari pertanyaan: “apa kunci dibalik kemajuan peradaban suatu bangsa?”.

dari tarbiyah (pendidikan) inilah segalanya bermula. dan memang ada benarnya perkataan, “tarbiyah memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya bisa bermula dari tarbiyah”. so, tarbiyah adalah keniscayaan bagi umat manusia, lebih-lebih untuk rakyat indonesia dimana negara besar ini masih dalam posisi tertinggal cukup jauh dibandingkan dengan negara-negara maju yang lain.

PKS Marunda

PKS Marunda

seseorang dari mereka bertanya: “kak, pacaran boleh gak sich??”. saya tercenung sebentar, lantas berkata: “boleh gak yeahhhhh…hehehehe”. selanjutnya, saya tidak mengatakan bahwa pacaran itu tidak boleh, bahwa pacaran itu haram, bahwa kalian harus menjauhi itu yang namanya pacaran. saya tidak mau mengekang itu pada mereka saat ini. karena jelas, sangat-sangat beresiko. sekali lagi, sangat-sangat beresiko. maklum lah, mereka kan baru kelas satu dan baru mentoring. kalo saya larang mereka untuk pacaran saat ini, takutnya mereka malah mental dan gak mau mentoring-mentoring lagi. berabe toh??

alih-alih menjelaskan tentang hukum pacaran, saya malah menanyakan pada mereka satu-satu tentang gimana pendapat mereka mengenai pacaran. satu persatu dari mereka menjawab. ada yang bilang gak boleh karena mendekati zina. ada yang bilang haram. ada pula yang bilang, boleh kalo itu sifatnya positif dan gak boleh kalo sifatnya negatif. saya pun bertanya pada orang yang bersangkutan, maksudnya pacaran yang positif dan negatif itu gimana? “maksunnya gini kak. kan kita biasanya suka tuh dapet semangat dari doi. misal: jadi rajin belajar, ngebangunin tahajjud, ngigetin pr, dan lain sebagainya. kalo yang negatif itu, ya yang ngedeketin zina itu (pegangan tangan, ciuman, memandang dengan nafsu syahwat, jalan berduaan, dll)”. lantas saya bertanya lagi pada mereka, “pacaran jaman sekarang itu emang kayak gimana?”. dengan malu-malu, merekapun menjawab, “pacaran yang negatif itu kak, yang ngedeketin zina”. sampai di sini, saya tidak melanjutkan dan tidak menyimpulkan bahwa pacaran itu haram karena cenderung mendekati zina atau malah bahkan sudah berbuat zina. nah yang paling membuat saya bingung adalah saat mereka menanyakan hal ini: “kakak pacaran gak?”. *jleeebbbbb… bingung saya mau jawab apa. hehe

saya berpikiran, tahap awal yang harus saya bangun dengan mereka adalah kedekatan secara hati, emosi dan pikiran. adapun pelarangan-pelarangan dengan mengatakan pacaran itu tidak boleh, tidak dibenarkan dalam islam. atau jangan main band, dan lain sebagainya, benar-benar saya hindari saat ini. kebetulan minggu kemaren ada salah seorang dari mereka yang ijin gak ikut mentoring karena mau ngeband. tapi saya senang, karena sebelum ngeband, ia datang dulu menemui saya, setelah itu shalat ashar, baru kemudian ia berangkat dengan grup bandnya yang memang sudah terbentuk sejak kelas 3 smp.

saya justru senang saat mereka menanyakan pada saya apakah pacaran itu boleh atau tidak. karena itu berarti, sudah mulai ada sedikit “warning” di otak mereka dari mentoring yang biasa kita lakukan selama seminggu sekali. tidak pernah, sama sekali tidak pernah saya melarang mereka saat mereka melakukan ini, melakukan itu atau melakukan ono. yang saya lakukan adalah mencoba untuk menerangkan konsep-konsep islam berkaitan dengan keimanan, ketakwaan, surga, neraka, kematian, konsep hidup sukses, al-qur’an, sunnah, hablum minallah, hablum minannas, beramal shalih, tujuan hidup dan lain-lainnya. saya mencoba untuk menjelaskan itu semua dengan sesering mungkin melibatkan mereka dengan diskusi. saya berpikiran, insyaAllah kalo mereka paham dengan hal-hal tersebut, akan dengan sendirinya mereka menjauhi segala sesuatu yang memang dilarang dalam agama.

dan yang membuat saya tercengang adalah ini: kita mulai mentoring biasanya jam3 sore, dan baru selesai biasanya pas isya. setelah shalat isya berjamaah, baru kita semua pulang ke “kandang” masing-masing. kita memang menyelingi selang waktu tersebut dengan belajar matematika. tapi itu bisanya setelah mentoring (di akhir-akhir). dan belajar matematikanya jauh lebih sedikit ketimbang mentoringnya. entahlah, saya pun dibuat terheran-heran oleh mereka. karena gini, mereka ini kan baru mentoring, tapi gairah “diskusinya” jelas-jelas hidup di dalam diri mereka. dan alhamdulillahnya, sayapun masih kuat untuk meladeni mereka hingga mereka sendiri yang bilang: “okeh kak sampe di sini dulu. udah malem”. atau kita baru berhenti saat penjaga sekolah memanggil kita seraya berkata: “ini gak pada pulang apa udah malem?”. biasanya dijawab oleh anak-anak dengan jawaban: “iya pak sebentar lagi. nanggung ini”.

saya hanya bisa berkata dalam hati: “ya Allah, hamba cinta mereka karena Engkau. berilah hidayah pada mereka. dan jadikan mereka merupakan orang-orang yang kelak memiliki komitmen yang kuat dengan dakwah dan tarbiyah. rahmati dan berkahilah kami semua. amin”.

mengaji
sejauh apapun jaraknya, kan kususuri
demi mengharap ridah Illahi
dan surga jannati

ayo kawan, mari kita mengaji
demi kebaikan diri
dan bangsa kita ini
karena dengan mengaji, hari-hari kita berasa indah bak taman surgawi

siapa yang ingin mengaji?
tolong cung tangan dan kaki?
yang gak pengen ngaji?
ke laut aja kaliii….

tau gak agan n aganwati…??
dengan mengaji, diri kita ini seperti ada yang menjagai
bahkan tiap hari
pabila kita barengi dengan komitmen kuat berbaur niat ikhlas di hati

lewat pengajian ini
kita punya teman sejiwa hati yang mau berbagi
kala senang pun duka liri
enak kan bisa curhat dari hati ke hati??

belom lagi kalo udah bicara murabbi
duhhh… seneng deh bisa ketemu sama guru yang satu ini
udah baeekkk hati, gak sombong dan suka berbagi
pokoknya,,, the best lah gak ada yang nandingi

so, masih pikir panjang untuk mengaji?
kalo gitu, plis baca baik-baik kalimat ini:
MENGAJI MEMANG BUKAN SEGALA-GALANYA, TAPI PERCAYA DECH, SEGALA-GALANYA ITU BISA BERMULA DARI MENGAJI

“kekuatan bertahanlah yang menentukan berhasil tidaknya seseorang dalam suatu bidang”, begitu kata orang-orang yang udah sukses atau kata pengalaman yang udah-udah. misalkan gini, menjalankan bisnis kalo baru tiga bulan trus udah mundur gara-gara ruginya lebih banyak ketimbang untungnya, bisa dipastikan gak akan sukses menjadi pebisnis besar. yang ada cuma mimpi dan khayalan yang ketika sadar lantas berkata, “oh ternyata saya cuma mimpi jadi pengusaha?!!”.

sayapun punya pengalaman sewaktu kuliah dulu yang gak akan pernah saya lupa terkait kata “mundur” dari pentas gelanggang kehidupan. baru sekarang saya bisa merasakan betapa bodohnya keputusan “mundur” tersebut. makanya, sekarang, saya berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan kata mundur dari kamus besar kehidupan saya. yang ada adalah bertahan bertahan dan bertahan sampe berhasil. apapun halangannya. apapun rintangannya. “mumpung masih muda”, begitu bisik hati saya. hehe…

teringat pesan salah seorang pengusaha: “barang dan jasa boleh gonta ganti. yang gak boleh ganti ya orangnya. sekali orangnya ganti, menjadi pengusaha besar hanya tinggal sebuah mimpi dan angan-angan”. yapks,, bertahan!!! mari kita bertahan kawan.


Total Kunjungan:

  • 382,846 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,134 other followers