Nur Ali Muchtar

“SATU LAGI PENGARANG”

Posted on: August 27, 2009

Sobat pembaca yang mudah-mudahan selalu dalam naungan ALLAH SWT. Mudah-mudahan kita tak pernah bosan untuk belajar sedikit demi sedikit menorehkan tinta emas melalui buah karya tangan kita. Meskipun memang masih jauh sekali dari kesempurnaan sebuah tulisan. Karna sejatinya memang, penulis dalam hal ini, baru memulai proses pembelajaran merangkai kata-kata ini tepatnya tanggal 25 Juni 2009. Jadi baru sekitar satu bulanan lebih. Tapi Alhamdulillah, ALLAH memberikan kegairahan yang luar biasa untuk senantiasa menggerakkan tangan ini menari-nari di atas kanvas lentur bernama kertas ataupun benda unik bernama laptop. Memang perlu kita akui bahwa pekerjaan yang dilakukan atas dasar cinta akan memberikan sebuah spirit tersendiri bagi orang-orang yang tersihir akan satu kata dahsyat itu, cinta. Semoga hari-hari kita selalu dalam balutan cinta. Entah itu dalam pekerjaan kita, amanah kita, kuliah kita, keluarga kita, pertemanaan kita, ibadah kita, dan dalam segala aktivitas yang lain. Amin.

Teman, postingan sebelumnya saya menuliskan pada teman-temanku tercinta bahwa satu tokoh idola saya dalam hal tulis menulis adalah Andrea Hirata dengan tetraloginya. Nah disini, saya akan coba berbagi pengalaman mengenai penulis-penulis favorit saya yang lain. Mudah-mudahan postingan ini bisa menjadi sedikit inspirasi bagi kita semua untuk bisa menjadikan menulis sebagai budaya dalam keseharian kita. Pentingkah menulis bagi perkembangan bangsa yang angka buta hurufnya masih membengkak ini? Pikirkanlah sendiri.

Tapi sebelumnya, jika kita ditanya, apa yang harus kita tulis pada awalnya?

Saya akan memulainya dari pendapat seorang penulis master yang kondangnya sudah melanglang buana kemana-mana. JK Rowling namanya. Manusia yang terkenal bersama novel garapannya tentang serial Harry Potter itu.  Ia menuahkan pada kita semua bahwa untuk memulai belajar menulis, tulislah dari apa-apa yang kita ketahui dan kita alami saat ini. Sedang menurut Andrea Hirata, menulis yang baik adalah menulis untuk diri sendiri. Artinya apa? Tulislah segala sesuatu yang ada di dalam benak kita. Tentang apapun dan hal apapun itu. Keluarkan dan tulislah apa adanya.

Lalu siapa penulis favorit saya yang ke dua?

Penulis favorit saya yang ke dua jatuh pada Om Anis Matta. Tentunya sobat semua sudah tak asing lagi dengan nama yang satu ini. Bukankah ia sekjen PKS yang sedang naik daun itu?

Lalu pertanyaannya, kenapa harus Om Anis?

Teman, saya jatuh cinta pada tulisan-tulisan Om Anis karna tulisannya itu benar-benar puitis abis. Baiknya saya kutipkan komentar seorang tokoh untuk membantu saya mendeskripsikan sesuatu tentang tulisannya.

Dia ini:

“Bacaannya yang luas dalam sejarah kepahlawanan dunia Islam memungkinkan pengarang membentangkan panorama tarikh sejak zaman Rasulullah sampai masa kini secara informatif dalam kemasan kolom ringkas dan padat, sependek 400-500 kata. Tidak mudah menulis ringkas bernas, seperti juga tidak gampang bicara pendek padat makna. Menulis panjang bertele-tele dan berbual berlama-lama, mudah. Kolom-kolom alit Anis ini sedap dibaca, bahasanya terpelihara, puitis di sini-sana, pilihan judul mengena, metaforanya cerdas, pesannya jelas, dan disampaikan dengan rendah hati”.

Itu adalah sedikit kutipan kata pengantar dari Taufik Ismail yang saya ambil dari bukunya Om Anis yang judulnya Mencari Pahlawan Indonesia (MPI).

Nah teman, sebagai bukti lain mengapa saya mengidolakan Om Anis untuk tulisan-tulisannya adalah fakta bahwa sayapun telah membaca hampir semua bukunya Om Anis itu berkali-kali. Kalau saya tidak salah ingat rinciannya sebagai berikut.

Dia ini:

  1. 8 Mata Air Kecemerlangan sebanyak 3 kali
  2. Mencari Pahlawan Indonesia (MPI) sebanyak 3 kali
  3. Serial Cinta sebanyak 3 kali
  4. Model Manusia Muslim Abad 21 sebanyak 2 kali
  5. Arsitek Peradaban sebanyak 2 kali
  6. Menikmati Demokrasi sebanyak 2 kali
  7. Membentuk Karakter Cara Islami sebanyak 1 kali
  8. Dari Gerakan ke Negara sebanyak 1 kali
  9. Dialog Peradaban Bersama Ary Ginanjar sebanyak 1 kali

10.  Agar Hidup Lebih Baik yang ditulis oleh Herry Nurdi sebanyak 1 kali

11.  Setiap Saat Bersama ALLAH sebanyak 1 kali

Trus, dari kesekian banyak buku-buku karya Om Anis itu. Salah satu bukunya, 8 Mata Air Kecemerlangan merupakan salah satu buku yang sampai dengan saat ini paling mempengaruhi kehidupan saya. Bisa dikatakan bahwa buku itulah yang turut merubah hidup saya disamping tetralogi Laskar Pelangi tentunya.

Tak lengakap jika saya tak mengutipkan barang sikit tulisan dari Om Anis ini.

Dia ini:

“Jika cinta, pada semua jenisnya, adalah kesadaran, adalah perasaan, adalah tindakan, maka cinta pada akhirnya adalah kemampuan yang terintegrasi dalam seluruh aspek kepribadian kia. Kemampuan seseorang untuk mencintai adalah gambaran paling utuh dari seluruh kapasitas kepribadiannya. Hanya orang-orang dengan kepribadian kuat dan kapasitas besar yang mampu mencintai. Orang-orang lemah, yang setiap saat bisa kita saksikan di sekitar kita, tidak akan pernah mencintai. Bahkan untuk mencintai diri mereka sekalipun. Takdir mereka adalah menantikan cinta dan kasih sayang orang-orang kuat”.

Itu saya sadur dari salah satu karyanya Serial Cinta di artikel dengan judul Mari Belajar Mencintai.

Pertanyaan yang harus kita jawab adalah apakah kita tertarik dengan semua buku-buku di atas?

Sebagai gambaran saja. Di salah satu bagian dari bukunya, di dalam biodata Om Anis di sana tertulis bahwa Om Anis sudah memiliki gairah yang luar biasa besar dalam hal membaca sejak beliau masih tingkat SMP. Apabila liburan, beliau menghabiskan waktunya untuk membaca hampir satu hari full. Then, bagaimana dengan kita?

[Nur Ali Muchtar_DSI MII]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 554,459 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: