Nur Ali Muchtar

Laskar Pelangi

Posted on: October 3, 2009

Mulanya kulihat ia di sebuah toko buku di bilangan depok. Gramedia dia bernama. Sebuah toko buku yang cukup besar tepat di pinggir jalan margonda raya depok. Tepat di seberang gramed ini, terdapat sebuah gang yang orang-orang sana menyebutnya dengan gang senggol. Di kiri kanannya sepanjang kurang lebih 20 meter, berderet usaha-usaha kecil mulai dari: tempat fotokopi, rental komputer, warung makan, toko buku emperan, gorengan gerobak, toko alat tulis, de el el. Jika kita berjalan terus menyusuri gang senggol itu, tepat di ujung sana, berdiri salah satu kampus ternama Indonesia, Universitas Indonesia. Anda akan langsung di hadang oleh Fakultas yang topik majornya adalah berkaitan dengan segala sesuatu tentang social health (kesehatan masyarakat).

laskar_pelangi1

Waktu itu aku sedang iseng-iseng main ke tokoh buku itu. Sekedar refreshing karena cukup penat juga digempur oleh tututan akademis. Kesanalah tempat aku biasa menimbun penatku. Ketika masuk ke ruangan tempat dimana buku-buku diobralkan yang letaknya di lantai dua, aku langsung di sambut oleh buku itu. Cover awalnya waktu itu adalah gambar 10 orang anak kecil dengan pelataran berbentuk pelangi. Satu orang sedang duduk di atas semacam tiang yang terbuat dari papan. Color covernya dipenuhi warna hitam dan merah.

sang20pemimpi20gdhe

Awalnya saya tak tertarik sama sekali dengan dia itu buku. Karena tak tahulah aku dengan nama pengarangnya itu. Dia pengarang belum pernah ada dalam bank memori ingatanku. Karena memang namanya tak pernah di sebut-sebut dalam belantika kepenulisan Indonesia. Hari itu aku tidak membeli dia itu buku. Seminggu kemudian, saat aku balik lagi ke gramed untuk membelikan sebuah buku yang akan kuhadiahkan pada kemenakanku yang sedang berulang tahun, dan karena kulihat buku itu masih ada di pelataran utama rak buku, bahkan sekarang lebih banyak lagi, kusempatkan lah diri ini untuk barang sikit melirik itu buku. Kubaca covernya. “Ah, biasa”. Kuabaca koment-komentnya, “Lumayan banyak”. Hingga sejurus kemudian, kutinggalkan itu buku. Aku kembali untuk berkeliling-keliling. Memburu buku yang menurutku bagus dan pas dihadiahkan untuk kemenakanku itu.

novel-edensor

Setelah searching-searching barang satu jam-an, tak dapat pula aku menemukan itu buku. Namun, entah kekuatan apa yang menarikku untuk balik ke tempat itu, ke tempat buku-buku itu dipajang. Aku sudah mulai bosan. Maka kubelilah buku itu. Tanpa kubaca, langsung kuserahkan saja pada sang kemenakan. Hingga berminggu-minggu kemudian tak pernah lagi aku melihat buku itu.

Mulanya kulihat tiba-tiba buku itu berada di tangan kakakku. Ia membacanya serius sekali. Usai membaca, ia mendekatiku dan berkata, “Li, buku yang kamu hadiahkan ke Vivie (kemenakanku) bagus. Ia bercerita tentang perjuangan seorang anak desa bersama sepuluh orang sahabatnya yang lain hingga merengkuh kesuksesan. Bahkan ampe ada yang dapet beasiswa S2 ke luar negeri”.

maryamah-karpov

Akhirnya, kusempatkan juga untuk melirik itu buku. Dan astaghfirullah. Kubaca halaman per halaman. Tiba-tiba hanya dalam sekejab, aku langsung dilamun oleh keidahan gaya bahasa serta muatan kognisinya yang padat berisi. Aku terus membaca dan membacanya. Hingga tak terasa aku sudah membacanya beberapa ratus halaman dalam sekali duduk. Hingga secepatnya bisa kuselesaikan itu novel dalam waktu kurang lebih tiga hari. Itulah cikal bakal aku menjadi sangat tergoda dengan karya-karyanya yang lain. Hingga kedepannya, saat ini, keempat novelnya itu menjadi buku yang paling kugandungi saat ini. Dan ialah buku yang paling mempengaruhi kehidupanku secara keseluruhan. Dialah tetralogi Laskar Pelangi dengan pengarangnya dia orang bernama Andrea Hirata.

Untuk saat ini, aku hanya bisa membahasnya sedikit saja. Lebih luasnya nanti akan aku kibarkan di lembaran-lembaran berikutnya. Harapanku adalah: semoga buku itu tetap bisa mengobarkan inspirasinya baik untuk diriku pribadi maupun untuk setiap orang yang membacanya. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 558,670 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: