MENULIS SEUMUR HIDUP

Dr. Terry Mart Raih ‘AKIL’

Posted on: October 9, 2009

Posted by humas-ui on 2009-10-06 10:56:51

Jumat malam (02/09) merupakan hari yang membahagiakan bagi Dr. Terry Mart dan keluarga. Pasalnya, bertempat di Hotel Grand Hyatt dilangsungkan acara “Malam Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL)” bagi penghasil kekayaan intelektual tahun 2009 oleh Departemen Pendidikan Nasional. Dan Terry Mart adalah satu-satunya penerima AKIL di Bidang Fisika.

AKIL diberikan kepada empat kategori yakni: bidang teknologi yang dilindungi Hak Paten, bidang teknologi pemuliaan dan pengembangan varietas tanaman yang dilindungi Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT), bidang ilmu pengetahuan, serta bidang industri kreatif yang dilindungi Hak Cipta. Acara yang dipandu Prof. Dr. Hermawan Sulistyo dan Shahnaz Haque berlangsung pada pukul 18.30 WIB hingga 22.30 WIB. Tampak hadir Menteri Pendidikan Nasional RI, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, Menteri Negara Riset dan Teknologi RI, Dr. Kusmayanto Kadiman, Menteri Hukum dan HAM RI, Andy Mattalata serta Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dr. Fasli Jalal, Ph.D.

“Tujuan pemberi anugerah bagi penghasil kekayaan intelektual luar biasa ini untuk mendorong dosen, peneliti serta lapisan masyarakat untuk menghasilkan dan menghargai karya intelektual dan menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif dalam rangka daya saing nasional,” tutur Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Foto Bersama: Terry Mart yang tengah

“Saya bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan, ini menunjukkan pemerintah mulai memperhatikan keberadaan peneliti”, ujar Dr. Terry Mart bahagia. Kendati demikian, Terry mengaku penghargaan yang sangat berarti baginya bukanlah piagam, plakat ataupun sejumlah uang melainkan pengakuan di komunitas Bidang Ilmun Fisika berupa diundang sebagai pembicara di forum nasional maupun internasional. Hal tersebut membuat pria yang pernah melakoni penelitian bertitel “Produksi Partikel Aneh Pada Nukleon, Produksi Nuklir-Hiper, Materi Bintang Netron dan Ekonofisika,” bersemangat untuk terus mengembangkan pengetahuan yang telah digelutinya puluhan tahun, yakni nuklir partikel.

Terry Mart yang menang dalam kategori bidang sains, di mata istrinya, Yulia Lestari Mart adalah orang yang sangat tekun, ulet, disiplin serta konsisten terhadap apa yang dikerjakannya. “Saya tidak heran jika suami saya (baca: Terry Mart) mendapatkan penghargaan sebesar ini”, tuturnya penuh rasa haru. “Ini adalah hasil dari kerja kerasnya bertahun-tahun serta kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan terutama fisika”, lanjutnya.

Dari proses penyeleksian yang panjang terpilih 21 orang Penghasil Kekayaan Intelektual Luar Biasa. Profil pemenang pun variatif dari usia 34 tahun hingga 74 tahun; pendidikan dari D3 hingga S3; serta pekerjaan yang meliputi wiraswasta, karyawan swasta, pegawai negeri, peneliti, dosen hingga pensiunan. Sedangkan bentuk anugerah AKIL yang diberikan kepada pemenang berupa Surat Keputusan Menteri, Piagam Penghargaan, Trophy, serta uang sebesar Rp.250 juta. Acara yang megah tersebut ditutup dengan penampilan dari pianis, Marusya Nainggolan serta peninjauan pameran oleh para Menteri disertai tamu. (Din)

Tags:

7 Responses to "Dr. Terry Mart Raih ‘AKIL’"

Nice info liii…

trus merenung… hehehe…

Selamat, Pak Terry Mart

hihi, emang hueeebat dah pak Ali Mart, eh pak Terry Mart maksudnya

hebat deh pak terry mart…..selain jenius orangnya kocak juga

hehe, namanya juga pak Terry SMART😀

Terry Mart is very smart .. bravo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,803 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: