MENULIS SEUMUR HIDUP

Kalo Punya Masalah

Posted on: October 28, 2009

kawan, bagaimana jika anda sedang punya banyak masalah. maksud saya, bagaimana cara anda menyelesaikan masalah-masalah ruwet yang terjadi pada diri anda?

mafkanlah kesombongan melalui tulisan. bukan bermaksud sombong. tapi hanya sekedar shar. mudah-mudahan bermanfaat.

begini, topik yang satu ini saya tulisa karena semalam, seorang kawan dekat mengeluh sedang banyak masalah. ia sedikit curhat dengan masalahnya itu pada saya. saya sih dengerin aja sampe abis. sampe dia puas menumpahkan unek-uneknya. dan setelah ia selesai membrondong saya dengan peluru unek-uneknya itu, barulah saya beraksi.

begini aksi saya,

saya menganjurkan pada sobat ini untuk melakukan hal-hal yang biasa saya lakukan jika ingin menyelesaikan masalah. tapi kegiatan ini memang sudah rutin saya lakukan selama di BTA ini. jadi, ada masalah atau tidak, saya tetap akan melakukan hal-hal ini.

begini, jika temanku sedang punya banyak masalah, pikiran serasa melilit seolah-olah koneksi sel-sel otak demikian kusutnya, tak lupa disertai down jiwa yang cukup berat, temanku jangan sekali-kali ambil keputusan untuk menyelesaikan masalah itu cepat-cepat (ga semua masalah harus diselesaikan secepat kilat khan?). biarkan ia mengendap dalam pikiran. istirahatlah dahulu. pergi jalan-jalan hingga kondisi badan menjadi lemas. benar-benar lemas karena telah berjalan jauh. kemudian tidurlah. dan moment terbaik -bagi saya- untuk kembali memikirkan masalah-masalah akut itu adalah saat kita bangun tidur di pagi hari. tapi usahakan sebelumnya kawanku telah bertahajud, dilanjutkan tilawah, shubuh di masjid, tilawah lagi, kemudian cari tempat yang PW (kalo bisa di pemandangan yang indah) untuk bisa merenung. nah, disanalah temanku boleh memikirkan kembali masalah-masalah itu. setelah merasa cukup merenung, lanjutkan untuk madi agar badan terasa segar, setelah itu shalat dhuha, dan terakhir lakukanlah aksi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

kenapa harus pagi hari?

karena saat pagi hari itu, kondisi pikiran dan tubuh kita masih dalam keadaan fress. belum banyak lintasan pikiran yang masuk menyerbu otak kita. maka inilah kondisi yang paling ideal untuk berpikir dan merenung. lebih jauh lagi, waktu ini bukan hanya kita gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah kita saja, tapi bisa kita gunakan untuk memikirkan segala macam hal. biasanya inspirasi akan banyak datang di saat-saat seperti ini.

ah kata-kata. maafkanlah kata-kata kawan. jika memang diri ini masih tak pantas untuk berbicara yang seperti ini. mohon di maafkanlah. kita semua memang masih berjalan dan akan terus berjalan. karena masalah-masalah, potensi, kehidupan ini sunggu tak ada batasnya kecuali kematian telah menghampiri, maka tak ada cara yang lain kecuali bagi kita untuk terus mengembangkan diri setiap harinya.

mohon maaf tuk semua kata yang salah

-Sahabatmu Al

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 520,123 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

