MENULIS SEUMUR HIDUP

Soal Matematika Tentang Logaritma Sederhana

Posted on: November 1, 2009

kawan, bisakah anda menjawab soal berikut ini?

jika log 2 = a

maka log 5 adalah …

pilihan jawaban:

a) a + 1

b) a – 1

c) 1 – a

d) 2a

e) terserah (isi sendiri)

jawaban:

sebenarnya, ini soal logaritma yang cukup sederhana. saya ingat bahwa soal ini pernah saya lihat sekitar 5 tahun yang lalui. soal ini adalah soal UN (Ujian Nasional) untuk anak SLTP (SMP/MTS). saya suka memberikan soal ini pada murid-murid saya di BTA LA jika mereka sedang belajar tentang logaritma. tetapi, kebanyak mereka tidak bisa menjawab. saya suka meledek mereka jika mereka tidak bisa menjawab dengan mengatakan, “wah wah wah, saya curiga nih dengan kalian, kalian ini udah lulus SMP atau belum sih. atawa jangan-jangan kalian lompat lagi dari SMP ke SMA tanpa ikut UN”.

untuk menjawab soal ini, dibutuhkah sedikit kreativitas

dia ini caranya:

log 5 = log (10/2) = log 10 – log 2 = 1 – a (karena log 2 = a)

(jawabannya berarti yang c)

1 Response to "Soal Matematika Tentang Logaritma Sederhana"

sederhanakan bentuk logaritma
6log 9 + 6log 8 + 6log 2=
log41/35 +log 70 -log 41/2+2log 5

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,430 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

