Nur Ali Muchtar

Bisakah 1 = 0

Posted on: November 3, 2009

kawan, soal ini saya dapatkan sewaktu saya SMA. saya benar-benar lupa dari manakan asal soal ini. entah dari buku, kawan atau dari seorang guru. saya lupa. tapi yang jelas, setelah mengetahui jawabannya, soal ini sempat membuat saya agak terbengong-bengong.

jadi, bagaiman menurut kawan jika kawanku ditanya,

“apakah satu itu bisa sama dengan nol?”

by the way, jawaban saya dahulu adalah mana mungkin. masak satu sama dengan nol. kalo sama saja, ngapain harus di bedakan menjadi dua angka yang berbeda. ya toh??

tapi kawan, lihatlah ini, di bawah ini

misalkan a = 1

lalu kita kembangkan dengan konsep aljabar sederhan

a = 1

a^2 = a (karena kedua ruas dikali dengan a)

a^2 – 1 = a – 1 (kedua ruas dikurangi dengan 1)

(a + 1) (a-1) = (a-1) (pemfaktoran bentuk a^2 – b^2 = (a + b) (a – b))

(a + 1) = 1 (kedua ruas dibagi dengan (a -1))

a = 0 (kedua ruas dikurang dengan 1)

yang terakhir, karena hasil akhirnya kita peroleh a = 0 dan di pemisalan awal adalah a = 1, maka kita peroleh kesimpulan bahwa a = 1 = 0.

  • jadi terbukti bahwa 1 = 0

nah lo, bagaimana ini kawan?

adakah yang bisa menjawab?

2 Responses to "Bisakah 1 = 0"

Operasi yang (a+1)(a-1) = (a-1) dibagi dengan (a-1) pada kedua ruas-nya, itu tidak valid ya. Kan pembagian dengan nol. Makanya bisa 1=0.

Btw, salam kenal kenal ya :).

anda benar
dengan pemisalan awal bahwa a=1 maka a-1 menjadi nol
dan pembagian dengan nol tidak boleh tentunya

100 untuk anda
100 juga untuk saya
hehehe

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 568,700 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: