MENULIS SEUMUR HIDUP

Ensiklopedi Matematika

Posted on: November 5, 2009

ngomong-ngomong about matematika, kawanku semua tau banyak ga siapa-siapa matematikawan kesohor yang pernah muncul di jagat raya ini?

kenalkah kawan dengan nama-nama berikut ini: Al-Khawarizmi, Andrew Weils, Andi Hakim Nasution, Cauchy, Blaise Pascal, Gauss, Euclid, Galois, Fibonacci, George Polya, GH Hardy, Herman Minkowski, Isaac Newton, Euler, Omar Khayyam, Laplace, Descartes, Terence Tao, Perelman, Ramanujan, de el el?

siapakah mereka-mereka itu?

kenalkah kawan-kawan dengan “makhluk-makhluk” itu?

kalo saya yang ditanya, saya akan menjawab, “saya tidak kenal. maksudnya tidak kenal secara pribadi gitu”. tapi kalo riwayat, sejarah, prestasi, karya, de el el menyangkut orang-orang itu, dikit-dikit saya tau.

mau tau dari mana saya kenal?

dari internetkah? dari bukukah? atau dari mana-manakah?

coba lihat sekali lagi judul tulisan saya ini. ENSIKLOPEDI MATEMATIKA. yuph, saya kenal mereka semua dari buku itu. buku yang ditulis oleh anak muda bernama Abdul Halim Fathani. kuliahnya di UIN Malang. dia mengumpulkan dari berbagai sumber nama-nama dedengkot matematika sejak zaman jebot hingga zaman facebookan ini. dia susun dari A ampe Z. ada sekitar 87 orang yang dia hadirkan di bukunya itu.

kalo kawanku mau tau banyak sejarah hidup tokoh-tokoh matematika secara lebih lengkap dan lebih sistematis, kawanku baca aja lewat buku ini.

atau, kalo mau lewat email, bisa klik di situs ini: http://mate-mati-kaku.com/

Nb: saya bukan ingin mempromosikan buku yang satu ini lho

2 Responses to "Ensiklopedi Matematika"

bisa jadi inspirasi bagI kita2 selaku peljar dan penggemar ilmu matematika…. i like it….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: