MENULIS SEUMUR HIDUP

Andrea Hirata : Menulis Novel Bikin Stress

Posted on: November 9, 2009

Namanya semakin dikenal sebagai penulis ketika karyanya Laskar Pelangi yang masuk di jajaran novel best seller untuk tahun 2006 – 2007, diangkat ke layar lebar. Andrea Hirata, pria kelahiran 24 Oktober, adalah penulis yang berasal dari Pulau Belitong, propinsi Bangka Belitung. Laskar Pelangi sendiri merupakan buku pertama dari  tetralogi novelnya yaitu, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Kini di akhir tahun 2009, novel keduanya, Sang Pemimpi kembali siap mendulang kesuksesan seperti Laskar Pelangi yang saat difilmkan dan mampu menyedot perhatian hingga 4,6 juta penonton bioskop. Angka ini memecahkan rekor box office nasional dengan jumlah penonton terbanyak dan meraih beberapa penghargaan di dunia internasional maupun nasional.

Tapi untuk film Sang Pemimpi ada yang sesuatu yang berbeda untuk Andrea Hirata. Tidak hanya menulis untuk novelnya, ia turut mempersembahkan sebuah lagu ciptaannya untuk soundtrack film yang siap ditayangkan 17 Desember 2009 dan menjadi film pembuka JIFFest 2009 tersebut. Dan untuk tahu lebih banyak lagu Andrea tersebut, kami pun mewawancarainya. Simak saja hasilnya dibawah ini.

Apa judul lagunya?
“Judulnya Cinta Gila, lagu ini aku buat ketika di Berlin. Menceritakan tentang cintanya Arai kepada Nurmala.”

Kenapa Anda membuat lagu tersebut?
“Saat masih proses produksi Sang Pemimpi beratus-ratus orang yang mengirim lagu untuk dimasukkan ke dalam soundtrack film ini. Tidak hanya orang-orang biasa yang mengirim, bahkan para penyanyi dan band terkenal pun turut mengirimnya. Lalu saya pikir kenapa saya tidak coba untuk membuat lagu.”

Lalu?
“Dalam waktu 15 menit akhirnya saya berhasil membuat Cinta Gila. Saya langsung coba kasih ke Mira saat sedang break syuting di Belitung. Tapi tidak saya bilang kalau lagu itu adalah ciptaan saya. Sampai akhirnya ternyata Mira suka dengan lagu saya. Ia bilang jika lagu tersebut bagus  dibawakan oleh Ungu. Saya coba yakinkan sekali lagi jika Mira benar-benar ingin memakai lagu tersebut akan dipakai untuk soundtrack. Dan ketika positif memakai lagu tersebut, akhirnya saat itu saya baru mengaku jika lagu tersebut ciptaan saya.”

Bagaimana reaksi Mira ketika lagu tersebut ciptaan Anda?
“Tanpa sungkan ia langsung mengacungkan jempolnya, menurutnya lagunya fun dan unik.”

Perbedaannya antara menulis lagu dan novel?
“Menulis lagu itu ternyata lebih fun, menulis novel itu bikin stress, apalagi jika bukan karena dateline, kadang-kadang saya tidak tidur bermalam-malam untuk menyelesaikan novel. Dan sangat beresiko ketika kita berbicara politik, sosiologi, ataupun tokoh-tokoh nyata, lambat laun saya mendapat tekanan. Saya sudah mulai bosan dengan novel, setelah novel Maryamah Karpov selesai saya mau istirahat.”

Jadi musik akan menjadi karir Anda kedepannya dan berarti termasuk aji mumpung kan?
“Bukannya saya mau eksis di musik, bagi saya ini hanya iseng saja, ini bukan yang utama, saya hanya ingin meramaikan dunia musik saja. Ini bukan aji mumpung. Kalau saya serius, lagu ini tidak akan saya masukkan ke dalam soundtrack, lebih baik saya buat album saya saja. Karena ini merupakan tantangan untuk diri saya.”

Tapi apakah memang ini adalah cita-cita anda terdahulu?
“Menurut saya inilah filosofi Sang Pemimpi, saya tidak berangkat dari basic pendidikan untuk menjadi penulis, begitu pula di musik, saya melakukannya tanpa beban. Karena berani bermimpi, i’am a dreamer.” (eM.Yu)

sumber: http://www.21cineplex.com/exclusive/andrea-hirata-menulis-novel-bikin-stress,100.htm

3 Responses to "Andrea Hirata : Menulis Novel Bikin Stress"

Seneng baca novelnya, banyak inspirasi…

g jg kokkkkkk
tp,tu bg q y……………………
pa lg klo nulisxa…………
bcxa ja q dah pusing y…………………..

duh aku suka banget loh baca buku karangan kak andrea hirata apalagi novel laskar pelanginya aku suka banget bisa bikin aku jadi semangat…
oh yah aku mau tanya nich,,,,
sebenarnya kaka mencari aling dengan susah payah seperti itu apa benar-benar terjaadi?
terus aku penasaran banget seperti apa sih wajahnya aling???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: