MENULIS SEUMUR HIDUP

MENGAPA DAN BAGAIMANA NGEBUAT BLOG

Posted on: December 2, 2009

Pada Lembar Tausiah (LT) sebelumnya, kawan-kawan sekalian telah membaca LT kami yang berjudul Mengapa dan Bagaimana Ngebuat Buku. Pada tulisan ini, kawan-kawan sekalian akan baca sekuel lanjutannya: Mengapa dan Bagaimana Ngebuat Blog. Pertanyaannya, “Udah pada punya blog belum?” Kayaknya, kebanyakan dari kita akan menjawab belum. Hare gini belum punya blog, masih zaman apa? hehehe

Begini kawan, melihat perkembangan teknologi sekarang ini, yang kian hari kian pesat, ada kemungkinan bahwa dunia kita ini akan berubah menjadi dunia virtual. Lihatlah bagaimana facebook bisa menggantika silaturahim kita dari silaturahim offline menjadi silaturahim online. Lihat pula email yang telah menggantikan surat menyurat yang biasanya diantar pak pos dengan sepedanya itu. Dan tau kawan, pemerintah kita telah menargetkan bahwa pada tahun 2015 nanti diperkirakan 50% dari total penduduk Indonesia akan bisa mengakses internet. Nah, kita sebagai mahasiswa harus bisa ngeliat bahwa ini adalah peluang yang sangat bagus untuk bisa “eksis” di dunia maya. Kalo bisa eksis, kan nanti bisa jadi orang terkenal. Ups

Salah satu fasilitas yang bisa kita manfaatkan adalah blog. Blog adalah singkatan dari “web blog” yaitu semacam bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Semacam situs yang bisa menjadi rumah bagi kita untuk bisa menampung ide-ide atau gagasan-gagasan kita. Blog adalah rumahnya (situsnya), sedang blogger adalah orang yang ngebuat blog tersebut. Terkait dengan hal ini, Dodi Mulyana yang merupakan fouder sekaligus ketua Komunitas Blogger Depok (www.deblogger.org) mengatakan bahwa kedepannya, blog ini akan berkembang menjadi rumah yang bisa menampung hampir segala hal. Termasuk di dalamnya adalah facebook, twitter, friendster, flurk, serta tulisan-tulisan kita.

Bagaimana perkembagan blog di Indonesia? Enda Nasution, yang sering disebut-sebut sebagai bapak blogger Indonesia mengatakan bahwa ada sekitar 300.000 blog yang ada di Indonesia pada tahun 2007. Lalu meningkat dua kali lipat pada tahun 2008 menjadi 600.000. Dan melihat perkembangan sekarang ini, jumlah blog ini akan terus meningkat menjadi dua kali lipat setiap tahunnya. Berarti, pada tahun 2009 ini, diperkirakan ada sekitar 1,2 juta blog yang ada di Indonesia. Widihh, banyak juga yah!?

Timbul pertanyaan dalam diri kita, “Untuk apa orang-orang tersebut (para blogger) ngebuat blog?” Tentunya, ada banyak sekali jawaban yang tersedia di sana. Ada orang yang memanfaatkan blog ini sebagai ajang nasis-narsisan. Dia pasang foto dan segala-galanya di blognya itu. Ada orang yang menggunakan blog ini sebagai sarana untuk memacu gairah menulis. Pasalnya, lewat blog ini, tulisan-tulisan yang dia buat akan dengan mudah dibaca dan dikomentari oleh setiap orang yang mampir ke blognya. Jadi tidak perlu harus bisa buat buku untuk bisa mendapatkan banyak komentar dari orang lain. Cukup dengan blog. Ada yang memanfaatkan blog ini untuk mencicil membuat buku. Ada orang yang memanfaatkan blog ini sebagai sarana untuk ngumpulin pundi-pundi uang. Sudah banyak lho orang yang menghasilkan duit yang tidak sedikit melalui blog ini. Ada orang yang memanfaatkan untuk kepentingan bisnisnya. Ada yang beralasan biar ga gaptek-gaptek amat. Ada yang beralasan agar bisa kenal orang lebih banyak alias nambah-nambah jaringan. Serta masih banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh melalui aktivitas ngeblog ini.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa ngebuat blog? Mudah kok. Buat blog itu ga sesulit yang dibayangin. Bahkan untuk orang yang gaptek sekalipun. Syaratnya adalah kita mau untuk ngebuat blog dan juga bisa mengakses internet untuk bisa melihat “penampakan-penampakan” blog yang ada di dunia maya itu. Untuk ngebuat blog ini, kita juga ga perlu ngeluarin biaya. Paling-paling untuk akses internetnya aja yang perlu biaya. Pake aja yang gratisan semisal blogger (www.blogspot.com), wordpress (www.wordpress.com), multiply (www.multiply.com), blogsome (www.blogsome.com), blogster (www.blogster.com), rediffland (www.rediffland.com), wokaylah (www.wokaylah.com), de el el. Tentunya, kita harus registrasi (mendaftar) terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Lebih baik kawan-kawan kenali lebih dulu kelebihan serta kekurangan dari masing-masing blog tersebut. Untuk memudahkan, carilah satu blog yang bagus dan kawan-kawan ingin punya blog yang seperti itu. Kalo udah dapet, tirulah dan modiflah. Ini akan memudahkan kita karena sudah ada bayangan ingin ngebuat blog yang seperti apa. Ini ada situs yang berisi kumpulan top 100 blog Indonesia. www.topseratus.com. Banyak blog bagus di sini lho.

Dan langkah terakhir, sering-seringlah online untuk memperbaiki tampilan blog kita serta untuk mengisi blog kita dengan segala hiasan, tulisan dan pernak-pernik lainnya. Jangan lupa untuk saling memberikan komentar dengan blog-blog yang lain. Dengan demikian, aktivitas blogging ini akan jadi lebih indah. [Ali FMIPA UI]

Nb: kita bocorin deh acara yang akan dibuat MII pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2009 pukul 14.00 selepas kawan-kawan acara puncak PPAA. Ada dua acara di sana. Yang pertama adalah Seminar dengan dua pembicara. Satu: Shofwan Al-Banna yang namanya sering kawan-kawan dengar namun mungkin belum pernah melihatnya. Ia adalah mapres nasional tahun 2006 serta peraih st. Gallen 39th Swiss yang mampu mengalahkan orang Harvard itu. Dua: adalah Dodi Mulyana yang merupakan lulusan teknik elektro UI. Ia adalah founder (pendiri) serta ketua komunitas blogger depok. Acara yang kedua adalah bedah buku sekaligus launching buku “Tabir” karya M. Irfan Hidayatullah yang merupakan senior ketua FLP (Forum Lingkar Pena) Pusat.

Jadi, tunggu apa lagi, dateng yukz ke acar ini!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: