MENULIS SEUMUR HIDUP

Emang Kenapa Kalo Blog Itu Hanya Trend Sesaat?

Posted on: December 13, 2009

Apakah dunia blog itu hanyalah trend sesaat?

hal yang pertama kali saya pertanyakan sebelum saya melangkah jauh memasuki dunia blogging ini adalah “Apakah dunia blog itu hanyalah trend sesaat? apakah trend blog ini sama saja dengan trend-trend yang beredar di kelompok jejaring sosial atau bahkan di microblogging itu?”

pertanyaan itulah yang benar-benar menggelayuti pikiran saya sebelum saya melangkah lebih jauh memasuki dunia baru bagi saya, blogging.

sempat saya merenungkan dalam-dalam, lalu kemudia muncul lagi pertanyaan berikutnya, “Apa tujuan dikau ngeblog teman (pertanyaan ini saya gumamkan untuk diri saya sendiri tentunya)?”

untuk bisa terkenal (kenapa ga di facebook aja?!)

untuk bisa punya kawan (lagi-lagi, kenapa ga di facebook aja?!)

untuk ajang narsis-narsisan (facebook juga bisa kok?!)

untuk nyari duit (bukankan dikau sudah punya income dari ngajar?!)

pada saat itu, tidak lama sebelum saya membuat bog ini, saya lagi benar-benar keranjingan NULIS. sekali lagi, saya benar-benar lagi keranjingan NULIS.

pada saat itu, sarana yang saya gunakan untuk mengikat (baca: memotivasi) saya untuk menulis adalah milist Pelangi 06 (milistnya anak-anak Rohis FMIPA UI angkatan 06). saya kirimi tulisan-tulisan saya ke milist ini hampir setiap hari. sampai-sampai dugaan saya mereka pasti bosa membaca tulisan saya. tak apalah, yang penting saya senang. yang penting batin saya plong.

tapi kawan, lambat laun saya mulai bosan memposting tulisan ke milist 06. kenapa? daya jangkaunya sangat terbatas. yang membaca tidak banyak. yang memberi koment juga sangat sedikit sekali. akhirnya, saya mencoba mencari alternatif lain. nah pada saat itu kebetulan saya sedang mendapatkan amanah sebagia kadept (kepala departemen) DSI (departemen syiar islam) Mushollah Izzatul Islam. saya mulai berpikir untuk memanfaatkan wahana ini sebagai ajang untuk mengikat diri saya untuk tetap terpacu menulis. akhirnya, kami (kru-kru DSI) sepakat untuk membikin semacam LT (lembar tausyiah) yang harus kami buat sendiri. tiap minggu harus kita terbitkan LT-LT untuk dibagikan ke masyarakat civitas academica FMIPA UI. terutama untuk maba-maba. mekanismenya adalah kita semua harus membuat LT (kira-kira dua halaman) tiap minggunya dengan tema bebas. lebih bagus lagi kalo temanya aptudet (terkini). lalu harus ada sedikit selipan nuansa islamnya. biar ada ciri khas DSInya.

dan alhamdulillah, ini cukup efektif menekan laju gairah saya untuk terus menulis dan menulis ga tau ding tuk sohib-sohib DSI yang lain

tidak berhenti disitu, saya mencoba mencari alternatif lain untuk bisa mengikat diri saya agar terus menulis. nah, pada saat itulah saya mengenal blog. singkatnya, jadilah blog yang ada di hadapan kawan-kawanku sekalian.

jadi, tujuan utama saya membuat blog ini adalah untuk mengikat diri saya agar selalu terpacu untuk menulis, menulis dan menulis. makanya kawan, kalo ada rumor yang mengatakan bahwa blog hanyalah trend sesaat, buat saya, itu tidak masalah. saya bisa nulis kok dengan atau tanpa adanya koment-koment dari blogger-blogger lain. ada koment saya senang yang menyebabkan gairah saya untuk menulis mencuat ke permukaan. kalo ga ada koment ya saya sedih dari pembaca blog saya, ya gak masalah. yang penting saya harus tetap menulis.

kalo gitu, ngeblognya ampe kapan dong?

begini, kalo ada wahana / sarana / alat lain yang bisa mengikat saya lebih kuat untuk menulis, ya saya akan gunakan itu. bisa jadi suatu saat nanti saya akan “berpisah” dengan dunia blog ini. lah wong tujuan saya ngeblog untuk belajar nulis kok. lantas kalo ada sarana baru yang lebih efektif mamacul gairah saya untuk menulis, ya ngapain pula saya sia-siakan. ya toh?

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,816 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

