MENULIS SEUMUR HIDUP

Siap Hijrah Dari Windows Ke Linux

Posted on: December 30, 2009

Alhamdulillah, akhirnya, kesempatan untuk belajar make linux datang juga meski memang belum seratus persen jadi. InsyaAllah hari ini saya akan mencoba kehidupan baru dengan beralih dari windows ke linux. Terus terang, sebelumnya memang saya belum pernah menggunakan linux ini. Kemarin-kemarin, yang saya tahu hanya satu hal tentang linux ini bahwa ia lebih susah ketimbang windows. Itulah yang tertanam kuat dalam benak saya.

Hari ini saya akan dibantu oleh seorang teman untuk mengatur hijrah saya dari windows menuju linux. Pertama saya memang belum mengerti banyak prosedur penginstall-an linux ini. Kedua karena saya mengikuti saran yang diberikan oleh Eric Steven Raymond di dalam bukunya How To Become A Hacker bahwa untuk seorang newbie, sangat tidak dianjurkan untuk mengistall program linux ini seorang diri. Lebih lanjut dia menuturkan bahwa seorang newbie harus mencari teman atau orang yang mengerti tentang linux ini untuk proses-proses awal seperti penginstall-an tersebut.

Alasan saya hijrah dari windows menuju linux adalah karena saya ingin mengerti tentang komputer lebih dalam. Seperti yang saya ketahui bahwa hampir semua punggawa (baca: jempolan. contoh: seorang hacker) komputer pasti menggunakan linux. (kalo salah mohon dimaafkan). Ada banyak sekali kelebihan linux ini jika dibandingkan dengan windows seperti yang dikatakan oleh kang Onno W Purbo sewaktu saya menanyakan apa kelebihan linux ketimbang windows di facebook miliknya. Ini koment singkat aslinya: wah duh banyak banget ..
yang pasti gak ada virus, bisa bikin server dg mudah, bisa bikin linux itu sendiri dll …

Atau seperti yang dikatakan Eric Steven Raymond (baca lebih lengkap, klik ini) tadi bahwa belajar hacking di DOS atau windows atau MacOS adalah bagaikan belajar menari dengan seluruh tubuh digips. Kenapa? Karena sistem-sistem operasi tersebut didistribusikan dalam program jadi (binary) – kodenya tidak bisa kita baca, sehingga sistem operasi tersebut tidak bisa kita modifikasi.

Terakhir, kalo teman-teman mau tahu apa aja kelebihan-kelebihan linux dibandingkan dengan windows, sok atuh ke alamat ini: http://terusbelajar.wordpress.com/2008/05/07/beberapa-kelebihan-linux/

Tags:

3 Responses to "Siap Hijrah Dari Windows Ke Linux"

Banyak benefit yang didapatkan dari belajar Linux mas..
Disegani kawand, bisa ngoprek sepuasnya, bisa buat OS dengan nama kita sendiri juga lo…

Selamat berjuang aja mas! Kalau perlu mampir ke blog sayah, banyak ada post untuk nubi di Linux (khususnya distro Ubuntu Linux)

OK mas, saia sudah melihat-lihat blognya. senang bisa berkenalan. salam kenal

🙂
betul banget..
saya sih install sendiri linuxnya, sehingga banyak yang kacau, data ilang, bla bla…tapi saya jatuh hati sama linux, scropt2nya sih belum paham..
moga jadi punggawa juga kita..
yang penting, halal…
masa ia make windows bajakan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: