MENULIS SEUMUR HIDUP

Mata Perih Karena Monitor

Posted on: March 1, 2010

ada yang aneh dengan diri saia belakangan ini. kok tumben yach mata saia gampang perihnya. jadi gampang lelah. ga kuat lama-lama di depan monitor. bawaannya ga betah berlama-lama di depan komputer. jadi sering rehat (jeda) untuk istirahat.

saia bingung gak tau kenapa ini. tapi pas lagi diskusi dengan teman, sang teman ini bilang kalo monitor itu lebih berbahaya radiasinya ketimbang laptop. kalo laptop rata-rata udah ada semacam penangkal biar mata kita ga gampang perih dan lelah. trus, teman saia ini merekomendasikan saia untuk pake semacem alat berbentuk kaca penutup yang fungsinya adalah untuk mengurangi dampak radiasi yang dipancarkan oleh monitor.

malah teman saia itu menwarkan untuk menggunakan alatnya (karena dia punya dan jarang digunakan) agar saia pake. wah, saia berterima kasih banget kalo gitu.

karena alatnya ada di rumah dia dan dia baru bisa balik minggu depan, akhirnya, terpaksa saia menunggu hingga ia membawa ke hadapan saia.

malemnya saia coba pake komputer saia lagi. kali ini mata saia benar-benar lelah. sangat lelah. pengen rasanya ninggalin komputer ini. tapi godaan untuk online mengalahkan rasa lelah saia. akhirnya saia gunakan juga komputer itu meski keadaan kurang nyaman.

nah lagi make komputer itu tiba-tiba saia tersadarkan akan sesuatu. mirip orang yang baru saja disamber gledek. saia tersentak amat sangat. saia baru ingat kalo brightness en contrast monitor itu bisa kita atur. ga pake tunggu lama. secepat kilat dan tentunya dengan amat semangatnya saia langsung atur kedua hal itu. dan ternyata, masalahnya ada di sini. di brightness dan contrast ini. ternyata kedua item ini telah diatur oleh keponakan saia dengan tenaga full. 100 % ia berikan kekuatan kepada monitornya ini. bodohnya, saia tidak menyadari hal ini kemarin-kemarin. sampe-sampe, mata saia suka mengeluarkan air mata sendiri tanpa disengaja. duh, bodohnya diriku.

😦

Tags:

5 Responses to "Mata Perih Karena Monitor"

kalo laptop rata-rata udah ada semacam penangkal biar mata kita ga gampang perih dan lelah.

Penjelasannya kurang tepat. Yang lebih tepat,

Komputer: pada umumnya memakai monitor CRT (Cathode Ray Tube), atau lebih dikenal dengan monitor layar cembung, karena bentuknya gendut ke belakang seperti TV.

Laptop: memakai monitor LCD (Liquid Cristal Display).

Perbedaan CRT-LCD itu begini:

CRT: Layar cembung, akibatnya berat. Kemudian memakai penembak sinar, akibatnya radiasi sangat besar, konsumsi listrik besar, namun gambar lebih tajam.

LCD: memakai lempeng cahaya yang berpendar pada kristal warna, sehingga monitor lebih ringan, radiasi jauh lebih kecil daripada LCD, dan konsumsi listrik jauh lebih kecil (sekitar 30% nya CRT). Namun akibatnya, gambar jadi tidak setajam CRT.

Monitor LCD ada kok dijual untuk komputer desktop biasa (in fact, di tempat saya, CRT sudah jarang dijual). Walau memang harganya cukup mahal ya, kalau di sini LCD 17 inch yang untuk desktop itu paling murah sekitar 950 ribu rupiah.

hueyyy, ini yang saia tunggu😆

Aduh mas tolngin sy mataku perih merah gatal dan ada bisul gara2 monitor jadul sy yg sy beli dr teman sy,sdh sy atur minimal dimonitornya,tp tetep.blm coba kaca pelindung.

monggo dicoba. sapa tau bisa lebih enak

Sy sudah pake kaca filter br beli,cara pasang yg bener gmn ya,soalnya di dusnya harus pake ground tp di kaca filternya ngk ada buat bautnya,apa perlu pake ground?trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,123 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: