MENULIS SEUMUR HIDUP

Masih Rancu Membedakan: Ahli Satu Bidang Dengan Banyak Bidang

Posted on: March 6, 2010

sejak awal kuliah, saia telah memikirkan masa depan akademis saia ke depannya. tapi sejak itu juga hingga sekarang, saia masih bingung untuk bisa melihat dan membedakan dua hal ini: Apakah nantinya saia harus menjadi seorang ahli yang benar-benar ahli di satu bidang ilmu yang benar-benar spesifik ataukah saia akan menjadi seorang yang luas sekali ilmunya tanpa menguasai secara mendalam dan benar-benar mendalam terhadap spesifikasi satu bidang ilmu.

yang ada dipemahaman dan pengamatan saia terhadap paka-pakar yang ada, saia melihat memang ada dua aliran pakar di atas. nah saia masih bingung hingga sekarang: mau menuju ke satu bidang ilmu saja yang benar-benar spesifik sehingga ilmu saia akan sangat dalam sekali terhadap bidang itu (tapi apa yach?). ataukah belajar banyak hal ilmu (konsekuensinya adalah saia hanya mengerti setengah-setengah saja terhadap ilmu-ilmu yang saia pelajari).

memang sampai dengan saat ini ada beberapa masukan: jadilah orang yang benar-benar ahli secara mendalam terhadap satu bidang yang spesifik, namun tetap harus membuka diri terhadap bidang-bidang ilmu yang lain karena, biar bagaimanapu, ilmu yang ada itu akan saling terkait. dan tentunya biar mikirnya ga parsial karena nantinya hanya melihat permasalahan dari sudut pandang ilmu yang dia geluti saja.

tampaknya memang saia harus lebih mengenali diri agar bisa memilih satu diantara keduanya. atau biarlah saja, mengikuti waktu yang terus berjalan, nanti juga akan ketemu jalannya.

Tags:

6 Responses to "Masih Rancu Membedakan: Ahli Satu Bidang Dengan Banyak Bidang"

pilihan mana itu tergantung dari kita yang mo jadi apa… kayak dulu, awalnya tidak bisa menulis berita hanya menulis acakadut hihihihi😀 sekarang selain nulis berita, aku juga bisa ngambil gambar dan jadi video journalis malah 4 tahun sebelumnya dah jadi presenter juga hihihi😀

huehehey, mangstabs euyyy sohib yang satu ini. GANBATE!!

MenurutQ…
Sebagai Manusia yang Haus akan ilmu pengetahuan&Manusia yang cerdas serta Paling dimuliakan diantara mahluk yang lain kita diharuskan bahkan diwajibkan untuk menuntut ilmu yang setinggi-tingginya….””Lupa Hadisna… Pasti Dikau tau”.
Dari judul diatas, Bagus memang untuk menguasai berbagai bidang. Sempurna memang kalo dikau bisa sukses meraihnya…. Canggih jika bisa berhasil
Namun untuk meraih itu semua harus dari yang kecil dulu. Kalo pengin bisa membaca harus dari SD dulu gak langsung SMA. Al qur’an pun turunnya berangsur-angsur. Jadi Kalo pengin ahli coba kuasai satu dulu coz untuk menjadi ahli butuh ahli-ahli yang laen juga. contoh untuk contoh sempitnya pengin ahli matematika, terlebih dahulu harus ahli aljabar, ahli analisis, ahli geometri dll. Itu baru contoh jadi ahli matematika. untuk menjadi ahli matematika pun gak sekedar berkutik dimatematika..namun harus updating.. nama lainnya apa yach…Pokoknya gaul dech… seperti kaya dikau lakukan…Bisa membaca beberapa jam, ngeblog abis dan tak lupa ikut trend technologi.. Aku bangga…

Aku yakin ko ali akan menjadi orang yang sangat luar biasa nantinya…. JAdi kusaranin belajar dari yang kecil dulu contoh gimana sich caranya agar bisa memahami aljabar…gimana sich caranya agar bisa belajar mengasikkan dimatematika…??

Ali pasti bisa…Ali pasti mampu dan ali pasti bisa menjadi oreang yang sangat luar biasa.

Waduch…. Kok comennya banyak banget yach… Maaf li…. Ga liat…wkkkkwk]

Pokoknya semangat & terus berjuang… ^_^

hueyyyy, mangstabsss tiefff. kueren wejangannya. sangat sangat dan sangat memotivasi. insyaAllah kita semua akan jadi orang sukses yang banyak manfaatnya untuk orang lain. amin😀

Dua-duanya itu bagus lho mas.

Yang penting menurut saya adalah TERGANTUNG diri anda sendiri (kepribadian, temperamen, karakter. Juga minat bakat kemampuan).

– Kalau mas orangnya idealis, perfeksionis, dan melankolis, saya sarankan dalami satu bidang saja sedalam-dalamnya

– Tapi kalo mas orangnya senang yang makro dan bisa beradaptasi dengan berbagai hal, dan suka mengasimilasi dan menghubung-hubungkan sesuatu, saya sarankan ambil beberapa bidang secara garis besar😛

Karena kalo diri anda sifatnya A tapi melakukan B, ya akibatnya tidak optimal😛 .Lebih mantap apabila sifat A, dan melakukan A juga.

Jadi saya ikut kesimpulan mas terakhir deh, yaitu harus mengenal diri lebih dalam lagi😛

hueyyy, makasih nich atas sarannya am. jadi bahan pertimbangan :oops

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: