MENULIS SEUMUR HIDUP

Belajar Linux

Posted on: March 16, 2010

gan, buat gaya-gayaan aja nih, ane lagi belajar linux. baru aja ane install linux mint. tapi diajarin ma temen kos-an step-step ngistalnya. terus terang, ane masih bingung. tapi ga papalah, namanya juga masih nyubi. baru belajar.

sebenernya, ini bukan kali pertama ane pake linux. sebelumnya, di lepi ane yang pernah ilang dulu, ane dah pernah nyoba pake linux. kalo ga salah pake Ubuntu Karmic Koala 9.10 dech. tapi belom sempet banyak otak-atik, eh keburu ilang duluan lepinya.

nah alhamdulillah, sekarang ane dah bisa install linux lagi di kompi ane yang ini. sekedar info, ini juga baru bisa ane install dengan linux setelah RAM nya ane tambain 1GB. hingga totalnya sekarang jadi 1,5GB. jadi ane bisa dual boot pake Windows XP en pake Linux Mint.

tadi sempet ada sedikit masalah pas baru awal-awal di install. display-nya kok jadi kecil amat ya. maksudnya, tampilannya kok jadi aneh gitu. tulisannya kecil-kecil. foldernya juga kecil-kecil banget. ampe harus nyipitin mata dulu baru ane bisa baca tulisannya. udah gitu, yang lebih parah lagi adalah tulisannya itu goyang-goyang sendiri. mungkin maksudnya pengin ngajak ane stripping kali ya😆. hehe

tadinya ane dah mulai ga nyaman aja pake linux yang satu ini. nah beruntung, ane dibantuin ma temen kos-an yang jago komputer. maklumlah, anak FASILKOM (FAkultaS ILmu KOMputer) UI. sapa yah namanya??????!!!!!!!

setelah dioprek-oprek, ternyata masalahnya cuma ada di pengaturan display nya aja. saat baru di install, resolutionnya terseting secara otomatis: 1600 x 1200. trus, akhirnya diganti ma sohib ane itu menjadi 1024 x 768. permasalah, beres. hihi. asyik-asyik-asyik.

saatnya belajar linux. mudah-mudahan ane bisa jatuh cinta dengan linux. amin

4 Responses to "Belajar Linux"

kalo mau belajar linux, mending pake slackware hehehehe
lebih maknyus, dijamin dalam beberapa bulan (kalo kuat) udah hapal command2 penting linux😛

yuph, makasih kang. mudah-mudahan ane bisa nyicipin slackware nanti

installkan linux dong ke komputer saya😀

hehe, emang belom pernah nyoba linux yach bro:?:
wah wah, kalo emang belom pernah, kaget bener nih ane gan

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

