MENULIS SEUMUR HIDUP

Salut Sama Senior Ane Yang Ga Ada Matinya

Posted on: March 19, 2010

gan, ane salut banget ma senior ane yang belum lama ini lulus dari matematika. ceritanya begini:

sebenernya, udah lumayan lama juga ane ga ketemua manusia yang satu ini. memang sejak dia lulus, ane udah jarang banget ketemuan. namanya juga udah lulus ya. tapi ane bener-bener kaget banget kemaren itu. ane kaget pas buka facebook dan kebetulan banget ane liat dia baru update status. di statusnya itu dia bilang kalo dia merasa senang banget bisa s2 di salah satu perguruan tinggi swasta yang lumayan bagus di jakarta. dia juga berterima kasih pada ayahnya yang udah ngijinin dia kuliah lagi ambil s2 di jurusan yang dia pengin.

nah yang membuat ane salut adalah bahwa ane tau kalo dia itu baru bisa lulus dari matematika di tahun dan semester yang paling akhir. dia harus empot-empotan nyelesain kuliah selama enam tahun. mantabss khan?
kalo menurut agan-agan sekalian, orang yang baru bisa lulus enam tahun (maksimal di kampus ane. kalo lebih, ya Drop Out) itu, karena kenapa? mungkin memang banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. tapi ada satu hal yang biasanya paling melatari hal ini, yaitu: otak yang pas-pas-an. hehe. setuju gak?

nah, senior yang lagi ane ceritain ini adalah orang yang memang menurut ane, otaknya itu pas-pas-an. kaya ane ini. ane liat sendiri kok beliau pontang-panting belajar. ngejar-ngejar orang untuk ditanyain. jungkir balik nyelesain kuliah. pokoknya di bawah rata-rata lah dari kebanyakan temen-temennya di kampus.

tapi liatlah beliau ini teman, ga ada matinya kan. ane kira, orang seperti dia, yang lulusnya enam tahun, akan kapok untuk kuliah lagi. apalagi untuk s2. tapi nyatanya, belia itu ga kapok. bener-bener salut ane.

nah yang ane benci sekarang adalah kalo ada orang yang lulusnya cepet (misalkan 3,5 tahu dengan IPK gila gedenya), tapi dia malah ga lanjutin pendidikan hingga s2 dan s3. memang itu kembali ke orangnya masing-masing. mungkin juga karena orang tuanya pengin dia cepet-cepet kerja atau yang lainnya. tapi terus terang, ane agak benci dengan orang-orang yang seperti ini. kenapa? alasannya adalah karena bangsa kita tercinta ini butuh otak-otak jenius mereka. coba bayangkan kalo mereka bisa sampe s3, trus banyak karya yang mereka hasilkan dengan ilmunya itu. bukankah bangsa kita ini akan sangat terbantu dengan keberadaan mereka?

nah hal sebaliknya mungkin terjadi kalo mereka itu kerja setelah lulus s1 dan ujung-ujungnya males untuk lanjutin s2 dan s3 karena udah keasikan nyari duit. kerjaannya cuma cari duit yang banyak buat nyenengin diri sendiri dan keluarganya. bagus memang, tapi apa yang bisa dia berikan untuk bangsa kita yang sebenarnya butuh otak jenius mereka itu.

ah, wallahu’alam dech. ini memang cuma unek-unek ane aja. buat agan-agan yang gak setuju dengan tulisan ane ini, monggo disampaikan commentnya di bawah.

Tags:

6 Responses to "Salut Sama Senior Ane Yang Ga Ada Matinya"

ikut salut dgn seniormu,,semangat berjuangnya ga ada matinye…
hmm,,tapi sedikit berkomentar,kalo menurut sy tidak selalu mesti dengan kuliah sampai s2, atau pun s3 untuk memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa,,buktinya banyak kok orang2 yang tetap berhasil berperan dalam kemajuan bangsa tanpa mesti berpendidikan tinggi.
intinya mah sieh yang penting seberapa besar semangat seseorang untuk melakukan perubahan ke arah yg lebih baik, n fokusss di jalan yang ia pilih..
(ini mah sok taunya sy,,he😆 )

yuph, sepakat. disini yang saya tekankan adalah untuk kasus orang-orang yang otaknya jenius. kalo bisa, mereka harus kuliah ampe setinggi-tingginya. coz sayang aja dengan otak mereka kalo ga digunain secara maksimal (sampe s3).
tapi betewe, mangstablah masukannya.😛

setuju nya fifty-fifty,,hehe
kalau menurut sy,,ilmu ga selalu mesti dicari dengan kuliah mpe s3,,yang penting ilmu apapun yang didapat bisa diaplikasikan, bisa dikembangkan.. yaa,,buat apa kuliah mpe s3 kalo pada akhirnya ilmunya ga ke pake ato ga dimanfaatkan untuk kepentingan umat (nah lho?kok bwa2 umat ya?he)
tapi kalo memang ada orang yang bisa kuliah mpe s3 dan setelah selesai kuliah bisa benar2 berperan serta di masyarakat, dan memberikan kemajuan..why not??
itu lebih baik..😀

bisa s3 en bisa bermanfaat banyak untuk orang laen, giman?

1. Otak penting, tapi semangat juga penting😀 .Kalo ngga ada semangat, ngga akan dia capek-capek untuk menutupi kelemahan otaknya dengan lari kesana-kemari atau belajar sana sini dan tanya sana sini.

2. Sebelum lanjut ke S2, ya kerja dulu lah, cari uang dulu, supaya bayar kuliah sendiri. Sebelum menjadi manfaat bagi orang banyak, setidaknya menjadi manfaat bagi orang tua dulu alias tidak membebankan mereka dengan biaya kuliah

3. S2 & S3 kan tidak harus dikejar sesaat setelah S1 selesai. Bisa saja beberapa tahun kemudian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,163 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: