Nur Ali Muchtar

Ulama Yang Ketawa Dengan Buku Pertamanya

Posted on: March 22, 2010

gan, ane jadi inget dengan cerita seorang ulama yang mentertawakan buku pertamanya. bukan, bukan karena menghina atawa mencemooh hasil karyanya itu. tapi lebih karena bangga dengan jerih payahnya itu

cerita singkatnya begini: ulama ini udah nulis buku banyak sekali. hingga suatu saat, ia ingin melihat dan membaca buku-buku awal yang pernah ia tulis. dan, betapa sumringahnya ia tatkala membaca karya-karya awalnya itu. ulama itu tak tahan untuk tertawa dan tersenyum membacanya. ia tertawa karena menyadari bahwa betapa buruknya hasil karya pertamanya itu. ia baru menyadari bahwa betapa jelek hasil karya awalnya itu. tapi sejenak ia merenungi akan satu hal: “saya tidak akan menghasilkan karya-karya yang bagus seperti sekarang ini seandainya saya tidak berani untuk membuat karya-karya awal saya (buku pertama)”.

nah kawan, yuk ambil hikmah dari cerita ulama di atas. jangan takut untuk memulai membuat karya pertama kita. khususnya tulisan-tulisan di blog kita ini. biarlah orang lain mentertawakan tulisan-tulisan kita. tapi kalo kita tetap konsisten untuk menulis, percayalah bahwa lambat-laun, orang yang menertawakan tulisan kita itu tidak akan kembali menertawakan kita. karena ane meyakini akan satu hal: semakin lama dan semakin sering kita menulis, semakin baik kualitas tulisan kita. pasti akan ada suatu perubahan ke arah yang lebih baik kalo kita terus menulis dan menulis. so, jangan pernah takut dengan ejekan dan cemoohan orang lain. toh kebanyakan yang ngeblog juga sedang belajar menjadi penulis yang baik.

pesen terakhir yang ingin ane sampaikan adalah pesen dari pak Budi Rahardjo: jika blog kita ingin rame dengan pengunjung (ini mengindikasikan bahwa blog kita bermanfaat untuk mereka), menulislah dengan HATI.
camkan dalem-dalem ya teman

Advertisements

17 Responses to "Ulama Yang Ketawa Dengan Buku Pertamanya"

pertamaX heheheheh :mrgreen:
mantep bang
saya jadi inget saya sendiri
hehehhe πŸ˜€

wah mantap gan
ane juga kalo baca tulisan2 awal di blog suka ketawan sendiri, saking jeleknya (dan sampae sekarang jelek hehe)

btw ane nulis dengan tangan gan, susah kalo pake hati πŸ˜›

Klo ade mah,,, sering nulis di diary, jadi klo baca tulisan awal2 di diary, kadang suka tertawa sendiri. Salam hangat mas, dari malang.

yuph, betul. kalo dulu, waktu awal-awal nulis, ane juga sering nulis di diary. tapi sekarang udah jarang banget nulis di diary cz udah ada blog. hehe

salam kenal juga. moga bisa jadi temen yang mengasikkan di dunia maya. hehe lagi

@hahn: hahaha, ya iyalah. nulis pake tangan, mosok dengan hati. maksudnya, ente nulis ya harus pake tangan, bukan pake hati. gubrakkkkk :mrgreen:

Sundul terus gan!!mantep mas

cendolnya belom gan. hehe

wah.. betul2.. terus semangat menulis walau banyak halangan dan rintangan.. bila perlu tabrak.. hehe. tp kok menulis harus dgn hati.. gimana carannya?? bukankah orng menulis pake tangan?? hehe :mrgreen:
klo gw sih nulis berdasarkan uneg2 aja.. yg penting nulis.. heheh..

mantap gan.. lanjutkan.. πŸ˜€

betul betul betul. mirip tema blog ane tuh. nulis UNEK-UNEK. hahaha

waaa….jadi dingetin. biasanya nulis di blog, apalagi punya kantor cuman buat dealine doang…ga pake hati..qiqiqi…thanks Ali

yuph, sami mawon mbak πŸ˜€

muantaps…! inspiring buangets

mulai menulis dengan hati … mikir gimana caranya ya ?

itu kata pak budi lho. jangan salain diriku πŸ˜•

jika blog kita ingin rame, maka ikutlah kontes dan lomba SEO πŸ˜† (nyindir mode: ON. Tapi bukan nyindir anda maupun pak budi lho πŸ˜› )

Dan saya merasa blog pak budi ramai karena ebih banyak pikiran, pendapat, orientasi objek. Dan justru itulah yang membuat blog dia ramai pengunjung karena memiliki warna yang berbeda dibandingkan blog lain yang isinya tidak lebih dari curhat-curhat-an saja πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 561,893 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: