MENULIS SEUMUR HIDUP

Menulis Skripsi

Posted on: October 12, 2010

SKRIPSI. Seremmmm, ya gak teman? Bagi sebagian besar mahasiswa, satu kata ini adalah kata ajaib, angker, misterius, penuh keganjilan, harga diri, pengorbanan, cinta, harapan, masa depan, pertaruhan harga diri, kehidupan, prestise, dan segala-galanya. Saya tidak mengada-ada. Tapi seperti itulah ia adanya. Satu kata ini yang membuat sebagian besar mahasiswa merinding saat mengucap pun mendengarnya. Apalagi, bagi orang matematika yang memiliki kemampuan dan otak terbatas seperti saya ini. *ketauan dech…hehehe.

Jujur, matematika itu agak berbeda dengan jurusan-jurusan lain saat kita menyusun dan menulis skripsi. Di jurusan lain, sejauh yang saya amati, cukup mudah untuk menuliskannya. Cari bahan referensi di perpus atau data-data dari luar, sedikit olah analisa, kemudian tuliskan. Sedang di matematika, tidak semudah itu. Ada cabang-cabang tertentu yang mengharuskan kita membuat program (jika skripsinya tentang Matematika Komputasi). Ada cabang-cabang tertentu yang mengharuskan kita menemukan pola-pola dan rumus-rumus baru seperti yang saya lakukan (skripsi saya tentang graf (cabang Matematika Murni)). Ada cabang-cabang tertentu yang mengharuskan kita membuat model-model matematika dari masalah yang ada untuk kemudian menemukan solusi optimalnya (ini untuk Matematika Operasional Research). Ada skripsi yang maunya membuktikan rumus-rumus “jelimet” beserta aplikasinya dalam ilmu-ilmu lain (matematika Murni banget). Ada juga yang skripsinya tentang pengolahan data statistik dengan alat bantunya berupa SPSS (ini untuk matematika Statistik). Atau, ada juga yang menganalisa pergerakan saham di bursa efek (kerjaannya anak Matematika Aktuaria). Dan banyak yang lainnya (mohon maaf karena keterbatasan ilmu sang penulis).

Untungnya saya pilih tema skripsi yang gak terlalu jelimet. Saya pilih tentang graf. Penelitian tentang graf mulai berkembang baru-baru ini. Banyak teman-teman saya yang pilih topik tentang graf ini. Alasannya: inilah topik yang lumayan gampang. Kita hanya perlu menentukan graf macam apa yang ingin kita “oprek-oprek”, ditinjau dari apanya yang ingin kita teliti (bisa pelabelan busur atau simpulnya), cari pola umumnya, kemudian tentukan rumus umumnya, lalu tuliskan hingga ia berbentuk skripsi. Jadi. Segampang itu kah?

Gak gampang juga sebenernya. Apalagi buat saya. Saya memang biasa menulis. Tapi itu masalahnya. Saya menulis di blog yang notabene tulisan “acakadut” saja. Bukan tulisan-tulisan yang berbau ilmiah. Hanya sekedar unek-unek saya terutama terkait dengan olahraga. Menulis sesuatu tentang matematik, jarang. Kalaupun saya menulis matematika, itu juga palingan tulisan di orat-oretan saja saat belajar.

Skripsi di matematika, tidak hanya tulisan-tulisan berbentuk huruf yang akan kita rangkai. Banyak angka-angka dan persamaan-persamaan yang harus dituliskan. Belum lagi diagrm-diagram dan gambar-gambar yang harus kita taburkan di sekujur tubuh skripsi tersebut. Butuh kesabaran, keuletan dan ketangguhan (lebay). Tapi buat saya, kebiasaan nulis di blog ini cukup membantu juga dalam memacu gairah saya untuk menulis skripsi. Adalah pasti manfaatnya.

Memang baru semester depan saya akan benar-benar bergelut dengan skripsi. Tapi saya sudah mulai menyusunnya dari sekarang. Alhamdulillah bahannya sudah jadi. Hanya tinggal dituliskan. Semoga Allah memudahkan segalanya serta memberikan kekuatan pada saya selalu. Amin.

Tags:

15 Responses to "Menulis Skripsi"

Amin2…
Sama saya juga semester depan skripsi,..
Smangat terus broo😉

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Haaa…sudah lama saya

semangat ya…
Pasti bisa deh…

Belum skripsi aja dah begini rajin, semoga kuliahnya lancar ya mas

semangat ya………!!!!!!
alhamdulilah sudah kulalui masa2 penuh perjuangan itu…

Nah kan, ini yang lagi saya hadapi juga.😀

Goodluck,,
saya juga sedang berjuang demi makhluk bernama “S” itu…
buat mengejar Februari 2011🙂

ayo tetep semangat bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: