MENULIS SEUMUR HIDUP

Katanya Yang Junior-Junior Indonesia Keren?

Posted on: October 29, 2010

Dah lumayan lama nih gak nulis. Alasan klasik: sibuk ujian. Hahahaha. Alhamdulillah ada kesempatan (*sok sibuk banget) tuk buat tulisan. Gak jauh-jauh lah pokoknya. Masih seputar dunia olahraga. Yang sedikit mau saya sorot di sini tentang tim sepak bola junior kita.

Tadinya saya sempet salut juga dengan prestasi yang berhasil ditorehkan oleh tim junior Indonesia di Milan beberapa waktu lalu. Mereka (rata-rata usia mulai 9-16 tahun) bisa juara satu. Konon, kesaktian mereka hingga ngebuat wakil dari Eropa dan Amerika bertekuk lutut. Di babak penyisihan berhasil membungkam 3 tim perwakilan Amerika (ada yang dari Brazil) dan Eropa (non Italia). Dan di partai puncak, mereka berhasil mengebiri wakil tuan rumah dari Italia dengan sekor 1-0. Ckckckck. Yang bikin salut, bendera Indonesia dikibarin saat jeda minum pertandingan AC Milan di Serie A. Mangssstabbbssss…

Bahkan nominasi terbaik jatuh ke tangan anak muda Indonesia yang kebetulan kapten tim. Asalnya dari Sukabumi dan malahan dia itu hampir putus sekolah gara-gara gak punya biaya. Ada juga anaknya Tantowi Yahya maen di sana. Hebat yah??

Itu baru beberapa minggu yang lalu kita dibuat gembira akan prestasi anak bangsa. Tapi, agaknya prestasi itu sulit diikuti oleh timnas senior besutan PSSI. Kita kan peringkat 141 yah?? Gak salah kan saya?? Nampaknya kawan, prestasi buruk tidak hanya ditorehkan oleh timnas senior PSSI, timnas junior PSSI juga gak kalah “hebatnya” mencatatkan prestasi buruk. Sekarang mereka udah pulang kampung duluan dari Piala AFC 2010 di Uzbekistan sana. Kalah 4-0 dari tuan rumah Uzbekistan. Lawan Yordania 1-0 kalah. Meski menang 4-0 lawan Tzikistan, garuda junir tetap harus angkat koper lebih dulu.

Saya mau sedikit beropini di sini. Mungkin agak sinis-sinis dikit. Gak papa kan?

Memang benar tim sepak bola junior kita (biasanya usia 9-16 tahun) bisa mencengangkan dunia berkat prestasi-prestasi yang mereka cetak. Banyak tim-tim junior yang telah berhasil menorehkan tinta emas di gelanggang sepak bola Internasional. Ada tim junior yang ikut di kejuaraan Danone Cup yang iconnya adalah bang Zinedine Zidan. Mereka bisa bercokol di papan atas mengungguli negara-negara hebat sepak bola dunia. Terakhir yang bisa menjuarai AC Milan Junior Camp itu. Belom lagi yang saya gak tau. Intinya, banyak deh.

Tapi yang mau saya kritisi di sini adalah bahwa peran PSSI di sana sangat kecil. Mereka semua bukan tim-tim yang dibina oleh PSSI. Mereka hanya tim-tim hasil seleksi kejuaraan regional di Indonesia. Yang benar-benar gemblengan PSSI adalah ya itu, timnas senior yang peringkat 141 itu dan timnas U-16 yang baru pulang kampung itu.

Dah ya….

Tags:

10 Responses to "Katanya Yang Junior-Junior Indonesia Keren?"

Semoga kelak Team Junior ini memberikan warna bagi Team Seniornya untuk berbuat lebih baik

itu kan ‘katanya’ mas😉

Itu tim anak2 muda yang dikirim ke AC Milan rata-rata dari Jakarta banyaknya, Sukabumi satu orang dan satu orang lagi dari Bali (sumber ada di Kompas, lupa tapi😛 ) Lalu anak-anak muda dari timur kemana ya??padahal potensial sekali tuh dari daerah sana kan. Mungkin belum menyentuh daerah sana ya?sayang banget. Salut buat kapten tim yang asli Sukabumi, terpilih kapten terbaik juga ya, mantabsss..:D

mudah-mudahan kedepannya bisa banyak lagi yang dari luar pulau jawa om. hehehe

Berarti kalau dipikir-pikir, tim gemblengan PSSI masih kalah keren ketimbang tim klub-klub swasta dong?
Enaknya tim senior diswastakan semua saja, jangan pakai campur tangan manajemen PSSI, begitu?

iya deh, itu hebat banget bisa menang usia junior nya🙂 missing link nya dimana tuh Ly kenapa tim senior Indo kok jelek banget

karena yang gembleng tim senior itu PSSI, sedang yang junior-junior jawara itu bukan.

hidup indonesia! tp tidak untuk malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,123 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: