Nur Ali Muchtar

Dua Kali Peringkat Lima

Posted on: November 30, 2010

Biasanya, dalam sebuah kejuaraan, hal-hal yang menurut saya paling menyesakan dada adalah saat selisih poin atau catatan waktu antara peringkat satu dengan dua tidak berbeda jauh alias bbt (beda-beda tipis). Atau ada lagi, berada di peringkat empat atau lima. Padahal, juaranya hanya peringkat satu, dua dan tiga. Dan dalam kejuaraan itu, yang ikut bukan cuma satu dua orang, tapi banyak, puluhan atau bahkan ratusan. Nah, kondisi yang ke-dua inilah yang saya alami. Dua kali peringkat lima di olimpiade UI untuk cabang atletik (lari).

Saya berlaga di dua nomor. Pertama adalah lari 1.5 km. Kedua lari 10 km. Saya hanya berada di peringkat lima untuk kedua nomor tersebut. Untuk yang pertama, saya sih gak terlalu nyesek coz 1.5 km itu gak terlalu jauh dan capek. Lagian, pesertanya juga gak terlalu banyak. Jadi gak terlalu gimana gitu. Tuk yang 10 km baru saya agak sedikit merasakan kenyesekan yang lumayan luar biasa. Lagi-lagi saya harus puas ada di peringkat lima. Udah lari 10 km, pesertanya banyak pula, eh nanggung banget ada di peringkat lima. Juaranya hanya diambil yang peringkat satu (emas), dua (perak), tiga (perunggu).

Jika saya mengevaluasi kenapa hal ini bisa terjadi, maka saya beroleh beberapa kesimpulan berikut:

1.      Peringkat satu, dua, tiga dan empat, ada yang curang. Makasudnya begini: semisal ada di antara mereka yang motong jalan di trek lari UI. Karena lari-nya keliling UI, bisa aja kan hal ini terjadi? Atau mungkin ada di antara mereka yang minta bantuan dengan menaiki kendaraan semisal sepeda, motor atau mobil. Tapi, ahhhhh…rasa-rasanya, semua kemungkinan pertama ini sulit untuk terjadi.

2.      Kemungkinan ke-dua adalah kurangnya persiapan dalam diri saya. Tapi bukankan saya sudah sering lari bahkan sejak sebelum bulan puasa beberapa bulan yang lalu? Ohhh,, mungkin juga karena menjelang lomba, saya malah jarang lari. Mungkin ini penyebab mengapa saat olim itu, napas saya agak sedikit ngedrop.

3.      Kurang beruntung. Rasa-rasanya yang ke-tiga ini gak deh.

Ah sudahlah, dari pada pusing-pusing mikirin itu, lebih baik saya bersyukur aja karena Allah masih memberikan saya kesehatan dan nafas yang cukup bagus. Anggap saja lari-lari yang sering saya lakukan itu sebagai ungkapan rasa syukur saya akan nikmat sehat yang telah Allah berikan pada saya. Lebih baik seperti itu kan?

Tapi sobat, ada juga kejadian beberapa hari lalu yang menurut saya lebih nyesek. Kejadian di ajang Asian Games ke enam belas Guangzhou kemarin. Kenal dengan atlet lari maraton Indonesia yang namanya Triyaningsih? Setau saya, kemarin itu beliau ikut di nomor lari 10 km dan maraton 42-an km gitu. Untuk yang 10 km, beliau memang hanya berhasil finis di urutan ke-sembilan. Tapi yang bikin nyesek hati, di lari maraton 42 km itu. Beliau ada di peringkat ke-empat. Karena juaranya hanya peringkat satu (emas), dua (perak), tiga (perunggu), alhasil beliau tidak beroleh medali apapun. Nyeseknya lagi, ini lari maraton, 42 km. Ckckckckck. Cape dehhh..Tapi gak papa, yang terpenting adalah usaha untuk mempersembahkan yang terbaik itu yang perlu diacungkan jempol. Lagian, mbak Triyaningsih ini kan udah berhasil mecain rekor nasional atas usahanya itu. Jadi gak apa-apa dehhh..

Oh ya, pesan untuk agan-agan yang kebetulan baca tulisan ini, penulis ingin berpesan agar tetap menjaga kesehatan dengan minimal lari seminggu tiga kali. Demi hari tua yang lebih sehat tentunya. Okeh??

2 Responses to "Dua Kali Peringkat Lima"

yg penting ada kata juaranya 😀

wah,,jago lari ternyata…
kalo saya malah jarang lari2 nih..

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 558,670 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: