MENULIS SEUMUR HIDUP

Suporter Indonesia Lebih Garang

Posted on: December 22, 2010

Ada hal yang menurut saya sedikit lucu dari perkataan kapten timnas Indonesia, Firman Utina. Ia mengatakan bahwa “bermain di Malaysia akan terasa lebih berat karena mereka bermain di hadapan para pendukungnya. Mereka akan menjadi pemain ke-12 yang selalu meneror kami. Tapi kami tidak takut dengan ancaman para suporter mereka. Suporter kita lebih galak dari suporter mereka”. Itulah unek-unek yang dikatakan oleh gelandang timnas yang kini berusia 29 tahun.

Agaknya, apa yang diutarakan pemain andalan Indonesia ini ada benarnya. Kita bisa melihat bagaiamana angkernya Stadion Gelora Bung Karno saat Indonesia bentrok dengan Philipina. Setidaknya, hal ini diungkapkan oleh salah seorang jurnalis Philipina yang kebetulan datang untuk meliput. Ia mengatakan bahwa bermain di Indonesia ibarat bermain di kandang macan yang seolah-olah siap menerkam para punggawa The Azkals. Suporter Indonesia begitu garang. Kehadiran mereka turut membawa andil bagi kekalahan pasukan Simon McMenemy. Kehadiran pemain ke-12 ini benar-benar membuat para pemain Philipin tertekan.

Sebenarnya kita patut berbangga memiliki suporter yang teramat antusiasnya mendukung timnas. Kita memiliki suporter yang amat fantastis. Banyak sekali yang datang berbondong-bondong datang ke stadion GBK untuk menyaksikan dan mendukung secara langsung. Puluhan atau bahkan hingga ratusan ribu pasang mata tumpah ruah di sana. Tidak semua negara memiliki rakyat yang teramat besarnya memberikan dukungan seperti Indonesia. Ini adalah salah satu hal positif yang dimiliki oleh Indonesia.

Namun demikian, tak jarang kita melihat hal-hal buruk yang dilakukan oleh para suporter kita. Bisa kita lihat betapa banyaknya tawuran antar suporter di kompetisi negara kita. Alangkah baiknya jika para suporter kita belajar dari negara-negara lain di eropa sana. Jarang sekali kita lihat mereka pada tawuran. Hal yang berbeda dengan negara kita.

Semoga dengan euforia yang besar seperti sekarang ini para suporter kita bisa lebih dewasa lagi. Kita merindukan suasana yang aman saat menyaksikan langsung pertandingan di stadion. Bukankah kalah dan menang adalah hal yang biasa dalam pertandingan. Kalaupun semisal Indonesia kalah lawan Malaysia besok di final, semoga kita bisa menerimanya dengan lapang dada. Tapi semoga Indonesia bisang menang. Amin.

suporter indonesia

 

Suporter Indonesia Lebih Garang

2 Responses to "Suporter Indonesia Lebih Garang"

Luar biasa… alangkah indahnya dunia persepakbolaan kita jika dibarengi dengan “fair play” di luar dan dalam lapangan.🙂

semoga bisa untuk ke depannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: