MENULIS SEUMUR HIDUP

Cedera Jelang Tanding

Posted on: December 25, 2010

Akhirnya, saya bisa merasakan seperti apa rasanya tidak bisa ikut bertanding dalam suatu kompetisi karena mengalami suatu hal. Minggu lalu, saat saya telah bersiap diri untuk ikut lomba lari di kampus, cedera membekap kaki saya. Akhirnya, saya harus rela tidak mengikuti turnamen tersebut. Padahal saya telah mempersiapkan diri beberapa minggu sebelum ajang dimulai. Dan rasa optimis untuk memenangkan pertarungan itu membumbung tinggi pada saat itu. Pasalnya, lomba lari hanya diadakan khusus untuk masyarakat MIPA UI secara keseluruhan termasuk dosen, karyawan, dan alumni MIPA UI. Sedang sekitar sebulan sebelumnya, saya telah menjajal kemampuan lari saya untuk tingkat UI. Dan pada saat itu saya ada di peringkat lima. Larinya pun untuk 10 km. Sedang yang diadakan di MIPA ini hanya untuk sekitar 3-4 km.

Seminggu sebelum pertandingan, secara intensif saya genjot fisik saya. Catatan perbaikan waktu terus saya ukir. Hingga datanglah musibah itu. Jelang empat hari pertandingan, saya dibekap cedera. Kaki saya keseleo pada saat latihan. Tadinya saya beranggapan bahwa cedera ini tidak terlalu serius. Saya yakin bahwa pada saat hari H, kaki saya telah pulih dan bisa berlari secara normal. Tapi nyatanya tidak. Hingga pluit telah berbunyi, kaki saya tak kunjung membaik meski hampir setiap hari saya urut dengan balsem. Ahhh, sial… Saya terus menggerutu dan menyayangkan akan kesempatan emas yang telah hadir di depan mata. Maka jadilah hari itu hari yang membuat saya kelabu sepanjang hari.

Jelang beberapa hari setelah itu, rasa bete saya kian memuncak. Saya tanyakan pada rekan-rekan saya di FMIPA UI, siapa yang memenangkan perlombaan kemarin. Tersebutlah sebuah nama dan saya kian terbenam akan sebuan penyesalan. Yang menang (juara satu) adalah anak yang pernah saya kalahkan pada saat lomba lari tingkat UI kemarin. Duhhhh,,sial… Saya menyesal sejadi-jadinya. Tapi, pada saat yang bersamaan, seorang teman berkata dengan amat simpelnya, “bukan rejeki lo kali li”. Sejenak saya berpikir, iya juga yachhh!! Hingga setelah itu, saya tak ingin merasakan penyesalan yang lebih. Saya telah melupakannya.

Terkait dengan hal di atas, kini saya bisa merasakan seperti apa para pemain yang sebenarnya telah siap untuk bertanding, namun harus gagal berlaga karena didera cedera atau penyebab-penyebab yang lain. Kini saya bisa merasakan seperti apa rasanya kegundahan hati abang saya Frank Lampard yang bermain untuk Chelsea FC saat dibekap cedera selama empat bulan. Sedang pada saat yang bersamaa, ia harus menyaksikan, hanya menyaksikan dan tak bisa berbuat apa-apa saat timnya mengalami kemunduran yang drastis dan menerima pil pahit kekalahan secara beruntun di ajang Premier League.

Hal senada mungkin juga terjadi pada pemain sepak bola yang harus sering dibangku cadangkan karena kalah saing dengan rekan se-timnya. Seperti yang terjadi pada Lassana Diarra yang bermain untuk Real Madrid. Awal-awal kedatangan Mourinho, ia sering dibangku cadangkan. Hingga ia sering menggerutu saat tidak diturunkan pada sebuah pertandingan. Tapi, saat diberi kesempatan oleh sang entrenador, ia tak menyia-nyiakan kesempatan itu. “Saatnyalah menunjukan kehebatan dan membuat pelatih jatuh cinta”, ujarnya dalam hati.

Itu pula yang menjawab mengapa Yongki Ariwibowo bisa bermain ciamik saat debutnya bersama timnas kala melawan pasukan Philipina. Kita bisa melihat permain impresif dari Striker muda berbakat asal malang ini saat ia diberikan kesempatan oleh Alfred Riedl untuk menjadi starter Pasukan Garuda. Padahal sebelumnya ia tak pernah diturunkan sebagai starter karena kalah saing dengan Irfan Bachdim ataupun Bambang Pamungkas. Tapi akhirnya, ia bisa membuktikan pada Masyarakat Indonesia bahwa ia pun pantas menjadi starter.

1 Response to "Cedera Jelang Tanding"

semoga timnas menang yah🙂

blogwalking

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,989 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

