MENULIS SEUMUR HIDUP

Tak Ada Pemain LPI di Skuat Timnas U-23

Posted on: January 18, 2011

Usai sudah teka teki para pemain yang akan membela skuat merah putih U-23. Dari sekitar 26 nama yang telah dirilis oleh BTN (Badan Tim Nasional), tak kita temukan satu pun pemain yang merumput di LPI (Liga Primer Indonesia). Kalaupun ada, hanya satu orang yang “dicurigai” berlaga di LPI yaitu Muhammad Ridwan yang diklaim bermain di Tanggerang Wolves. Tanya kenapa? Mungkin BTN dan coach Alfred sedang khilaf so gak liat kalo ternyata masih ada satu pemain LPI yang nyempil di sana.

Sungguh disayangkan memang para pemain LPI tak mendapatkan hak untuk membela timnas. Padahal sebagai negara hukum, kita, setiap warga negara Indonesia, berhak untuk membela negara di bidang apapun. Tapi inilah kenyataan yang terjadi di negara kita. Entah siapa yang harus disalahkan?!

Saya rasa bukan karena kualitas seorang Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Fandy Edy, Dajusman Trisadi, Joko Ribowo, Reza Mustofa dan sederet pemain LPI lainnya yang menyebabkan mereka tak terpilih dalam skuat timnas U-23. Tapi lebih dikarenakan masalah nonteknis yang sebenarnya, kalau kita mau melihat secara lebih luas dan berpandangan dewasa, yang menyebabkan mereka tidak terpilih. Bukan LPI masih dianggap ilegal oleh PSSI? Bukan itu terlihat sikap arogan dan otoriternya PSSI? Bukan LPI itu hadir bermula dari keprihatinan insan sepak bola tanah air? Kenapa mesti dihalang-halangi?

Jawabannya: tanyakan saja pada PSSI mengapa bisa seperti itu.

Saya juga memaklumi posisi coach Alfred yang telah mengambil keputusan untuk tidak menyertakan para pemain LPI di dalam skudanya. Mungkin ia tak menginginkan ada masalah ke depannya terkait ganjalan hukum yang mungkin akan diterima timnya saat akan bertanding pada kejuaraan internasional. Kan sayang juga kalau misal tim yang sudah disiapkan jauh-jauh bulan tapi dilarang bertanding karena status pemainnya yang dianggap “tidak jelas” alias ilegal.

Biar bagaimanapun, inilah realitas yang kita hadapi di negara ini. Sekalian saya ucapkan pada semua pemain U-23 yang telah terpilih mewakili bangsa Indonesia di ajang sepak bola. Selamat berjuang. Berlatihlah dengan keras. Persembahkan yang terbaik. Semoga bisa menjadi anak yang berbakti pada orang tua, agama, nusa dan bangsa. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: