MENULIS SEUMUR HIDUP

Jepang Juara Piala Asia 2011

Posted on: January 30, 2011

Salut untuk Jepang. Empat kali masuk final, empat kali juara. Ini sebuah bukti bahwa Jepang telah berhasil mengembangkan sepak bolanya. Meski dengan postur yang jauh lebih kecil, tapi Jepang mampu mengalahkan tim raksasa (dalam hal postur) seperti Australia di babak final dengan skor tipis 1-0. Adalah … Lee yang mencetak gol di menit 109 dengan gol cantik yang menurut saya adalah gol kelas dunia. Dan pantaslah Kawashima yang mampu menjaga gawang Nipon dari serbuan Socceroos agar tetap perawan menyabet gelar Man of The Match dalam laga ini.

Jepang yang bermaterikan pasukan dengan average 24 tahun, adalah Jepang yang baru mengembangkan sepak bolanya di tahun 80-an. Bandingkan dengan Indonesia yang entah sudah sejak berapa lama. Mungkin jika dibandingkan, sepak bola Indonesia ibarat kakek tua yang umurnya sudah mendekati senja dan Jepang adalah remaja yang baru mulai tumbuh menjadi dewasa. Ini adalah sebuah bukti bahwa pembinaan sepak bola di Jepang, telah berhasil.

Saya maklum dengan hal ini. Pasalnya, budaya dan kesadaran masyarakat serta para pemimpin Jepang sangat-sangat tinggi. Coba bayangkan seandainya pelatih Jepang Takeshi Okada di Piala Dunia 2010 lalu tak mengundurkan diri atas kesadarannya, belum tentu Jepang akan menjuarai Piala Asia 2011 ini. Itulah karakter orang-orang Jepang. Jika merasa gagal, mereka, tanpa disuruh untuk lengser, turun sendiri. Apa Jepang di Piala Dunia 2010 kemarin itu gagal? Sekali lagi, itulah orang-orang Jepang. Harusnya kita dan para pemimpin kita banyak belajar dari negara Blue Samurai ini.

Melihat tinggi para pemain Jepang ini, pikiran saya kembali pada para pemain sepak bola Indonesia. Benar bahwa pemain-pemain kita tidak tinggi, yang dampaknya tentu berimbas pada sulitnya bersaing dengan pemain-pemain Eropa yang notabene bertubuh besar. Tapi lihatlah Jepang. Mereka tak gentar melawan Australia yang adalah keturunan Eropa juga. Atau, lebih jauh, lihatlah Barcelona. Tim asal Katalan ini adalah tim di Eropa yang memiliki rata-rata tinggi tubuh terpendek se-Eropa yaitu hanya 177 cm. Tapi nyatanya, mereka mampu menjadi salah satu yang terbaik di Eropa sana.

Jadi penekanannya di sini adalah, buka melulu masalah tinggi badan yang membuat kita tidak berprestasi di kancah Internasional. Ada masalah yang lain.

Jika kita beralasan lagi misalkan bahwa orang-orang Indonesia tidak berbakat menjadi pemain sepak bola, pastinya ini salah besar. Jika itu benar, mengapa banyak pemain keturunan Indonesia yang lahir dan besar di luar malah bisa menjadi bintang di klub-klub dan negara elit Eropa? Sebut misalkan Van Bronkhoost, Nigel De Jong, Raja Nainggola, Van Persie, dll. Maka jawabannya adalah ada yang salah dengan pembinaan dan sistem kompetisi di negara kita. Saya meyakini bahwa Indonesia penuh dengan talenta-talenta muda kelas dunia. Hanya saja, mereka-mereka yang tak menjadi bintang di masa keemasannya itu, tak didukung oleh lingkungan sepak bola yang kondusif dan kompetitif. Inilah permasalahan utamanya. Maka jika kita ingin maju dalam sepak bola, perhatikanlah pembinaan usia muda dan perbaikilah sistem kompetisi yang ada. Contohlah negara-negara Asia yang lain seperti Jepang, Australia, atau Korea Selatan. Ga usah jauh-jauh melihat ke Eropa sana. Yang deket-deket aja dulu.

Semoga Indonesia maju ke depannya. Bravo sepak bola Indonesia dan selamat untuk Jepang.

 

2 Responses to "Jepang Juara Piala Asia 2011"

Jepang,,
banyak yang canggih
banyak juga yang merusak moral😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: