MENULIS SEUMUR HIDUP

Nulisnya Diganti Skripsi

Posted on: February 18, 2011

Belakangan gua jarang update blog ini. Terhitung di bulan Februari ini gua cuma mosting satu tulisan. Sungguh mengenaskan. Hiks22…Tapi bukan berarti gua gak pernah nulis lagi. Malahan lumayan cukup intens juga untuk nulis, tapi nulis skripsi. Karena gua pikir judulnya tetep sama yaitu menulis, maka ga apa-apa deh gua gak posting banyak-banyak akhir-akhir ini. Dan rencananya, nati gua bakal naro hasil skripsi gua di blog ini, di bagian paling atas. Jelas gua akan bangga dengan hasil skripsi gua nanti coz ini adalah hasil karya ilmiah pertama gua meski mungkin gak sehebat karya-karya orang lain, tapi jelas gua bangga jika bisa nyelesain skripsi gua.

Sebenernya, gua juga masih suka nulis seputar curhatan-curhatan gua. Tapi sengaja gak gua masukin ke blog ini coz terlalu pribadi. Gua malah takut banyak orang yang salah sangka ama gua. Makanya gak gua masukin ke blog ini. Dah lumayan lama gua gak nulis curhatan-curhatan yang sifatnya pribadi. Tapi malah gua ngerasanya enak juga ketika nulis hal-hal yang sifatnya pribadi itu. Ketika nulis, rasanya bisa numpahin segala sesuatunya tanpa ada rasa takut dan tekanan pada materi yang gua tulis. Alhasil, gua malah bisa lebih lancar bercerita. Dan kalo temen-temen baca postingan gua yang satu ini, temen-temen akan liat perubahan kata ganti orang pertama yang biasanya gua gunain kata “saya” di dalam setiap tulisan gua, tapi sekarang gua coba gunain kata “gua”. Entah sampe kapan bertahan. Tapi yang jelas, sekarang ini gua lagi nyaman pake kata “gua”.

Kembali lagi ke skripsi gua. Kan gua bilang tadi bahwa skripsi ini akan menjadi karya ilmiah gua yang pertama. Makanya, gua usahain sebaik mungkin untuk mendapatkan banyak hal dari proses pembuatan skripsi ini. Beruntung gua dapetin pembimbing skripsi yang bisa dibilang “ahli” dalam membuat karya ilmiah. Beliau telah terbukti telaten dalam hal membimbing para mahasiswanya. Gua malah yakin kalo mahasiswa-mahasiswa yang dulu-dulu pernah dia bimbing, akan mendapatkan suatu pelajaran yang luar biasa tentang bagaimana menulis karya ilmiah –dalam hal ini skripsi- yang baik dan benar. Dedikasinya luar biasa perihal membimbing dan penulisan karya ilmiah. Gua bersyukur banget bisa dapetin pembimbing seperti beliau.

Kan tau kalo gua lebih sering nulis bebas lewat blog ini. Tata bahasa yang acak-acakan kan gak jadi masalah kalo nulis di blog. Kita mau pake gaya sebebas apapun kan gak ada yang ngelarang. Kan gitu? Jelas beda dong dengan nulis skripsi? Kan kita gak boleh asal sembarangan aja nulis. Jelas ketika menulis skripsi kita harus menggunakan tata bahasa ilmiah yang baik dan benar. Gak boleh seenaknya aja nulis sesuatu tanpa sumber dan rujukan yang bisa dipertanggung jawabkan. Segala sesuatunya, di dalam skripsi, harus bisa kita pertanggung jawabkan. Makanya kita gak bisa seenaknya nulis sesuatu di skripsi. Disini kita diajarin bagaimana menghargai dan menghormati karya-karya orang lain yang kita jadikan rujukan. Dan dari kesemuanya itu, sekarang gua mulai merasakan kenikmatan dalam penyusunan karya ilmiah ini. Terlepas dari semua anggapan awal gua tentang karya ilmiah yang cenderung kaku, monoton dan tidak menghibur. Tapi sekarang sedikit banyak gua mulai mendapatkan pelajaran dan kesenangan dari makhluk hidup yang bernama skripsi. Semoga bisa banyak pelajaran lain yang gua dapet dari penyusunan skripsi ini. Amin.

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,430 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

