MENULIS SEUMUR HIDUP

Hikmah Pindah Kost-an

Posted on: April 30, 2011

Sedari awal saya meyakini akan satu hal: jika ingin berubah atau ingin mengalami sesuatu yang baru, caranya adalah pindah kost-kostan. Atas dasar alasan inilah saya sering pindah dari satu kost-an ke kost-an yang lain. Begini, saat kita pindah kost-kostan, maka kita telah berpindah pada lingkungan yang baru dan suasana yang baru. Kita tidak tahu sebelumnya lingkungan seperti apa yang akan kita tempati. Tema-teman seperti apa yang akan kita temui. Ibu atau penjaga kost-an seperti apa yang akan kita “hadapi”. Segalanya serba takterduga. Disitulah gairahnya. Disitulah sensasinya. Tapi, kalo kita telah mengetahui seperti apa lingkungan baru yang kita pilih, justru itu baik. Tentunya dengan alasan bahwa kita memilih lingkungan tersebut karena ia menawarkan suatu pertualangan dan suasana yang baru.

Seperti contoh kost-kostan saya yang sekarang. Di lingkungan yang sebelumnya sebenarnya saya nyaman-nyaman saja. Teman-temannya banyak dan baik-baik. Tapi di kost-an ini saya justru lebih banyak ngumpul dengan teman-teman. Taulah kalo udah ngumpul sama teman, pasti lebih banyak bercanda-candanya ketimbang berpikirnya. Lebih banyak ngobrol dan maen-maennya ketimbang merenungnya. Alhasil di kost-an yang ini saya jadi males untuk mikir. Yang anehnya berdampak juga pada gairah saya untuk membaca dan menulis (tanya kenapa?). Dan juga di kost-an yang lama ini masjid demikian jauhnya sehingga intensitas saya untuk sahalat berjamaah sangat-sangat kurang. Dan ini berpengaruh pada sisi-sisi spiritualitas saya.

Oleh karena itu saya memutuskan untuk pindah kostan dengan harapan untuk bisa memperbaiki dan memperoleh hal-hal yang tidak saya dapatkan dari kost-an sebelumnya. Dan alhamdulillah, hikmah itu bisa saya tangkap sekarang. Saat ini saya tinggal di kost-an yang ada mushollah di dalamnya sehingga saya tetap bisa menjaga shalat berjamaah. Dan nyatanya ini membuat sisi-sisi spiritualitas saya justru meningkat pesat. Trus karena orangnya tidak terlalu banyak seperti kost-an sebelumnya, alhasil saya bisa lebih punya banyak waktu untuk sendiri dan berpikir (merenung). Disini gairah saya untuk membaca dan menulis kembali meletup-letup (tanya kenapa?). Belum lagi harga kost-an saat ini yang jauh lebih murah ketimbang kost-an yang sebelumnya. Dan ini sangat membantu sekali disaat saya sedang sibuk menyusun skripsi yang menjadikan saya terpaksa tidak bisa mencari uang tambahan lewat mengajar. Jadi meskipun uang tambahan yang saya hasilkan sangat-sangat berkurang tapi saya tetap tidak membebani orang tua secara berlebihan karena biaya uang kost yang tidak terlalu mahal.

Belum lagi sekarang saya menemukan ibu kost-an yang sangat baik sekali. Ibunya pinter masak. Jago sekali masak. Maklumlah keturunan orang padang. Saban hari ia menyediakan makan untuk kita-kita yang ngekost di sini hanya dengan membayar murah, sangat amat murah jika dibandingkan dengan apa yang ia sediakan buat saya dan teman-teman yang lain. Ia memang tidak untuk mencari keuntungan dari sana. Ia hanya ingin membantu kita-kita. InsyaAllah niatnya tulus. Dari sini, saya dapat tiga hal sekaligus: Pertama, bisa lebih menghemat uang pengeluaran. Kedua, tak usah repot-repot cari makan ke luar sehingga waktu untuk mengerjakan skripsi jadi tidak terganggu untuk urusan mencari makan. Ketiga, masakannya lebih sehat ketimbang makan di luar.

Banyak hal-hal lain tentunya yang saya dapatkan disamping hal-hal yang telah saya sebutkan di atas. Saya merasa kerasan tinggal di sekitar lingkungan tempat saat ini saya tinggal. Karena tempatnya nyaman dan segar, saya malah jadi lebih sering berolahraga di sini. Tentu ini berdampak pada kesehatan saya. Belum lagi secara kebetulan saya ketemu dengan teman seangkatan yang sudah lulus terlebih dahulu. Dia sangat-sangat membantu saya dalam menyelesaikan skripsi. Maklumlah orangnya pintar sekali.

Kesimpulannya adalah bahwa hidup saya berubah setelah mengambil keputusan untuk pindah kost-kostan. Seterusnya begitu bahwa setiap saya memutuskan untuk pindah kost-kostan, maka hidup saya berubah. InsyaAllah berubah menjadi lebih baik. Maka ini memberikan saya inspirasi bahwa jika kita berkerja pada suatu tempat yang hingga suatu saat kita berpikir bahwa tempat ini sudah tidak memberikan kita perkembangan dan pertumbuhan, maka segerakanlah untuk mencari tantangan baru. Gak perlu ragau gak perlu takut. Disetiap keputusan memang pasti ada resikonya. Tapi dibalik resiko itu, pasti banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. InsyaAllah.

1 Response to "Hikmah Pindah Kost-an"

NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 520,123 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

