MENULIS SEUMUR HIDUP

Tercerahkan

Posted on: May 31, 2011

Mudah-mudahan hasil diskusi saya semalem dengan seorang guru memang benar-benar menyadarkan dan mencerahkan hati, batin dan pikiran saya yang beberapa bulan belakangan ini agak sedikit bermasalah. Mudah-mudahan apa yang disampaikan beliau benar-benar bisa saya resapi sehingga saya benar-benar bisa berpikir secara objektif sebagaimana mestinya. Saya akui bahwa beberapa bulan belakangan ini saya sulit untuk berpikir secara normal. Saya lebih banyak dikuasai oleh suatu perasaan aneh yang kadang membuat saya berada di atas langit, tapi terkadang juga sampai membenamkan saya hingga ke dasar gua. Sungguh perasaan yang aneh.

Saya akui sekarang bahwa apa yang telah terjadi pada diri saya belakangan ini benar-benar tak bisa saya kuasai dengan akal. Ia benar-benar telah bisa mengkanvaskan senjata andalan saya sebagai seorang manusia yaitu berpikir dengan menggunakan akal pikiran. Tapi saya sadar sekarang. Dan ketika saya tersadarkan, saya berharap bahwa saya tidak akan terjatuh ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Saya ingin bahwa ketika saya telah final memutuskan untuk suatu moment besar dalam hidup saya, adalah benar-benar atas dasar pertimbangan yang matang. Bukan pertimbangan sesaat dan hanya berdasarkan emosi belaka. Saya ingin agar niat dan jalan yang saya ambil itu benar-benar pada trek yang lurus. Bukan malah melenceng dari tujuan yang semestinya. Saya tersadar bahwa ada begitu banyak masalah yang mungkin timbul ketika saya hanya memikirkan kepentingan sesaat ketimbang kepentingan jangka panjang. Saya ingin bahagia karena Allah Ridha dengan keputusan yang saya buat. Makanya jalannya harus baik dan benar.

Sekarang tak masalah bagi saya ketika apa yang saya inginkan sejak lama tak saya dapatkan. Saya telah meyakini dengan mantap sekarang bahwa Allah telah menetapkan suatu jalan hidup yang terbaik bagi seseorang. Allah tidak akan salah dalam menempatkan rizki bagi tiap-tiap manusia. Entah itu materi, kematian, jodoh, dan lain sebagainya. Butuh waktu memang bagi saya untuk bisa meyakini hal ini dengan sebuah keyakinan yang tak tergoyahkan. Terlebih untuk urusan jodoh. Terkadang saya takut jika tak bisa hidup bersamanya kelak. Terkadang saya takut jika bunga itu jatuh ke pangkuan orang lain. Terkadang saya mencemaskan hal-hal yang tak semestinya saya cemaskan. Dan berbagai macam kecemasan lainnya yang sungguh tak masuk akal saat saya mampu berpikir secara objektif dan proporsional dengan menggunakan akal yang sehat.

Sekarang saya ingin mencoba menata hati kembali. Meluruskan niat. Berpikir dengan akal yang sehat. Semoga saya bisa menempatkan kepentingan akhirat di atas kepentingan-kepentinga dunia. Semoga saya tetap memprioritaskan urusan-urusan berjangka panjang ketimbang urusan-urusan berjangka pendek. Semoga pelajaran ini semakin membuat saya dewasa dan matang secara pemikiran dan kepribadian. Semoga urusan rasa yang satu ini benar-benar tuntas mulai detik ini sehingga saya bisa mulai fokus untuk agenda-agenda besar yang jauh lebih penting dalam hidup saya. Saya ingin terus memperbaiki diri. Meningkatkan kapasitas dan potensi diri. Terus mencari hal-hal terbaik yang bisa saya dapatkan. Inilah yang terpenting untuk saya saat ini ketimbang bergumul dengan rasa yang tak menentu.

Oh diri
Betapa lama kau tak kuhampiri
Sekarang aku kembali
Sambutlah aku bak kau menyambut mentari
Dan lihatlah aku layaknya kau melihat pelangi

Mari kita siram kembali bunga jiwa yang telah lama mati
Menyulam pintalan hidup yang sempat terhenti
Tersebab tak kuasa menata hati

Usai sudah urusan yang satu ini
Alihkan pikiran pada hal besar yang mungkin kita temui
Di jalan cinta pejuang sejati

Jangan lupa untuk belajar memaknai
Dari setiap liku yang teralami
Sepanjang hidup sampai kita kan tiba nanti
Di taman indah penuh bidadari

1 Response to "Tercerahkan"

mungkin kita harus seimbangkan pekentingan dunia akhirat,.
Sesuatu yang seimbang akan berakhir manis..

Salam

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 519,803 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

