MENULIS SEUMUR HIDUP

Segelas Kopsus dan Roti Panggang Keju-Telur

Posted on: June 9, 2011

Inilah dua menu spesial saya kala pagi selama sebulan belakangan: Segelas kopi susu dengan satu lapis roti panggang campur keju dan telor. Mantapks… Siapa lagi yang ngebuatin kalo bukan ibu kost-an yang baenya minta apun. Maklum lah, beliau sudah berpengalaman menyediakan makanan sejak tahun 90-an untuk anak-anak yang ngekos di lapaknya. Mulai dari prasmanan, disendokin satu-satu kayak di warung-warung makan, hingga satu nampan yang dimakan bareng-bareng untuk sekitar 6-8 orang. Inilah satu-satunya ibu kost-an yang pernah saya temui dalam sepanjang sejarah kehidupan saya ngekost yang kebetulan “gila” masak dan mau repot-repot menyediakan makanan untuk saya dan kita semua orang yang ngekost.

Nah satu bulan belakangan ini, beliau selalu nyediain saya, terutama orang-orang yang anti tidur ba’da shalat subuh, kedua macam menu spesial tersebut, kala pagi. Biasanya, beliau antarkan sendiri hingga ke depan pintuk kamar kost-an saya. Saat beliau menyodorkan kedua menu breakfast untuk saya itu, hanya kalimat-kalimat ini yang bisa terucap: “Allahuakbar bu, Alhamdulillah. Terima kasih ya bu”. Tentu saya ucapkan sambil mengeluarkan raut wajah seperti orang yang baru diselamatkan spiderman dari atas gedung. Berkali-kali saya ucapkan terima kasih. Berkali-kali saya anggukkan badan naik turun meniru gaya orang-orang Jepang menyambut tamu.

Saat ibu kost mengantarkan kopsus dan roti panggang itu, biasanya saya sedang duduk di atas bangku sambil melamun memandangi layar monitor komputer. Setelah menyambut rezeki itu dengan kedua tangan, biasanya saya akan kembali duduk di atas bangku. Tapi kali ini, semua aktifitas saya mulai dari menulis, browsing, dan lain sebagainya, akan saya hentikan. Pandangan saya akan berali pada dua onggok barang tak bernyawa yang sedang saya pegang itu. Selanjutnya, dengan gerakan slowmotion seperti di film-film, saya mulai menyantap tiap potong roti dan teguk kopsus sambil memejamkan mata. Saat gurihnya roti menyentuh air liur lidah saya, betapa saya merasakan seperti sedang terbang melayang di atas surga. Terlebih setelah saya menyeruput temannya yang satu lagi. Tiba-tiba pikiran saya berubah menjadi jernih. Mirip seperti ketika kita berendam di atas air terjun di curug cilember sana. Begitulah seterusnya bahwa semakin lama saya menikmati kedua hidangan tersebut, seolah saya terbius dan terbawa ke dunia lain di negeri antah berantah sambil dikeliling bidadari-bidadari dan permaisuri-permaisuri mirip aladin yang baru berhasil mengajukan permintaan agar diberikan istana beserta segala tetek bengek isinya pada om jin.

Maka setelah usai melahap habis tanpa sisa sepotong roti atau setetes kopi susu pun, saya kembali memelototi layar monitor yang tadi sempat saya acuhkan. Dan setelah itu, timbul kegairahan yang luar biasa dalam diri saya untuk menulis kembali, merangkai kata dengan kalimat-kalimat indah nan sayahdu. Biasanya, setelah itu, dampak menelan dan menyeruput kedua makan tersebut, akan merembet hingga menyebabkan saya enggan untuk beranjak kemana-mana dan hanya ingin melakukan satu hal saja: menulis. Meski makanan telah habis, dampaknya merembas hingga ke tulang sumsu otak saya dan mempengaruhi otak bawah sadar saya untuk terus menerus menulis dan menulis hingga jauh terbit matahari.

Tak terbayang jika sutu saat, saya beroleh anugerah berupa seorang bidadari yang jago masak dan rajin buatin kue terutama roti-roti spesial (makanan favorit saya), dan mau dengan senyum indahnya mendekat sambil membawa hidangan spesial tersebut untuk saya. Hilanglah ego kemanusiaan yang telah menjadi fitrah dalam diri saya dan umat manusia seluruhnya. Betapa berbunganya hati ini. Betapa indahnya hidup ini. Maka tentulah saya akan menjadi orang yang paling beruntung seberuntung-beruntungnya di dunia ini. Ahhhh,,mimpi lagi mimpi lagi.

2 Responses to "Segelas Kopsus dan Roti Panggang Keju-Telur"

koyo londo ae sarapan roti 😀

di sini mah sarapan cuma berkisar dari nasgor, mie rebus dan mie goreng

mau dong dikirimi roti keju 😀

mantapks mba sarapan roti keju telor di pagi hari. hehehe

Leave a Reply

Total Kunjungan:

  • 543,813 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: