MENULIS SEUMUR HIDUP

Gelora Pemuda

Posted on: June 10, 2011

Ada satu pertanyaan yang mungkin sering bermain-main dalam tempurung otak kita yaitu tentang: “Siapakah orang-orang yang disebut para pemuda?”. Benar bahwa para pemuda itu adalah anak-anak muda yang berusia katakanlah 15-35 tahun. Tidak ada yang salah ketika kita mengatakan bahwa mereka itu adalah para pemuda. Akan tetapi, ada pandangan yang harus kita luruskan di sini mengenai pertanyaan tesebut. Bahwa yang disebut para pemuda itu tidak melulu terkait masalah umur/usia. Tapi ia lebih kepada perasaan, emosi, gagasan, pikiran, tindakan, visi, jiwa, semangat, gelora, ruh, dan sifat-sifat mereka yang memang layak untuk disebut pemuda: pemberontak, pekerja keras, pantang menyerah, selalu optimis, selalu melakukan perbaikan secara berkesinambungan, revolusioner, dinamis, kreatif, selalu ingin maju, mau berjibaku berjuang bersama rakyat, anti kemapanan, pro perubahan dan anti status quo. Maka jika ada orang-orang yang memiliki sifat-sifat seperti ini, meski umurnya telah memasuki usia senja, bolehlah ia kita sebut: PEMUDA.

Lantas apa yang spesial dari para pemuda ini? Sedikit menapak tilas akan sejarah panjang bangsa Indonesia. Bahwa di sepanjang lika liku kehidupannya, adalah para pemuda yang selalu menempati ruang kosong revolusi. Adalah para pemuda yang mau dan mampu meneriakkan dan menggulingkan rezim otoriter yang pernah menghiasi panggung sejarah bangsa ini. Maka kita mengenal Boedi Oetomo yang menolak penjajahan pada masanya yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya sumpah pemuda. Maka kita mengetahui bahwa Indonesia lepas dari belenggu panjang rezim Orde Baru pada tahun 1998 berkat gerakan para pemuda yang dalam hal ini diwakili oleh mahasiswa.

Dan ternyata, jika kita menarik garis horizontal untuk melihat revolusi-revolusi yang terjadi di belahan bumi manapun di dunia ini, hanya ada satu jawaban yang bisa mewakilinya: BAHWA REVOLUSI ITU DIGULIRKAN OLEH PARA PEMUDA. Lihatlah perjuangan di Tunisia untuk menjatuhkan Ben Ali dari tahtanya. Penggeraknya adalah para pemuda. Hanya butuh 18 hari bagi mereka untuk menggulingkan rezim otoriter yang ada pada saat itu. Lihatlah perjuangan di Mesir untuk menjatuhkan Mubarok dari singgasananya. Penggeraknya adalah para pemuda. Hanya butuh 26 hari bagi mereka untuk menggulingkan penguasa tiran yang ada pada saat itu. Dan sepertinya, kita pun akan melihat hal yang sama terjadi untuk negara-negara timur tengah yang lain semial: Libia, Yaman, Syiria, dll.

Maka doa kita, seberapapun usia kita terbilang. Kelak, semoga yang ada di dalam dada ini adalah selalu jiwa-jiwa para pemuda. Semoga kita akan terus mewakili kata-kata bang Rhoma Irama berikut: “Masa muda, masa yang berapi-api”. Semoga kita juga selalu bisa menjadi pionir perubahan dan rovolusi jika suatu ketika nanti, akan muncul lagi para pemimpin otoriter yang zalim di negeri ini. Karena kata Bung Karno: “Revolusi tidak akan pernah selesai”. Mari kita selalu menghidukan jiwa muda kita setiap saat setiap waktu di sepanjang sejarah kehidupan kita. Semoga.

5 Responses to "Gelora Pemuda"

Jadi teringat dalam satu komunitas dulu,
ketika yang usianya masuk dalam range itu, tetapi sudah menikah
tapi oleh para sesepuh, walau sudah menikah tapi range usia segitu tetep dibilang pemuda😀
sementara yang range usianya udah di atas itu tapi masih single, tetep weh dibilang pemuda

jadi sepertinya bisa distel sesuai kebutuhan deh😛

btw, saya sudah tidak pemudi lagi, saya lebih suka digolongkan generasi emak2 aja deh, biar ga usah dikasih beban mikirin negara hahaha

hahahaha… semoga anaknya nanti yang akan selalu jadi pemuda mba. mantapks

Saya masih pemuda.🙂

mantab li..ane rasa menjadi sosok perubah tidak hanya untuk pemuda tapi yang sudah tua mungkin bisa tetap menjadi sosok perubah.
Jad semua orang sebaiknya memiliki sifat atau karakteristik yang dimiliki pemuda.

golongan tua juga bisa disebut pemuda kan kalo punya sifat-sifat dan karakterstik pemuda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,163 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: