MENULIS SEUMUR HIDUP

Dia ini Sekelumit Ide Untuk Pembuatan Buku Baru

Posted on: June 22, 2011

Oii, ikwah fillah sekalian yang berbahagia dan dirahmati Allah (amin). Kita buat buku baru nyok?? Kali ini bukunya kita persembahkan untuk “bocah-bocah” ADK MIPA UI. Perihal konten tulisan, gak usah ngebayangin yang muluk-muluk dulu. Yang sederhanan aja dulu. Gak usah ngebayangi sebuah buku seumpama “Renovasi Dakwah Kampus” karya Arya Sandi Yudha itu. Gak usah yang kayak gitu dulu. Kita orang-orang yang simpel dalam berpikir. Gak usah yang ngejelimet-ngejelimet dulu. Kita buat buku yang sederhana. Tapi kalo bisa meninggalkan banyak kesan di hati pembaca.

Buat buku gak susah kan yah ternyata? Buktinya, buku yang kita persembahkan pada saudariku, saudari kamu, saudari kita semua, Purwanita Jayanti, bisa kita rampungkan hanya dalam waktu kurang dari dua minggu. Nah tak menutup kemungkinan buku-buku setelah itu, mudah pula untuk kita ciptakan. Gak usah nunggu sampe ada yang walimahan lagi baru kita buat. Kalo sekarang emang bisa kita buat bareng-bareng, kenapa pilih waktu lebih lama? Tunggu apa lagi. Yuk kita buat. Hehehe…

Begini, ane pikir, adalah hal yang sederhana ketika ada sebuah buku dibuat oleh hanya satu orang. Kenapa? Karena di sana hanya ada satu kepala. Di sana hanya ada satu personal. Di sana hanya ada satu latar belakang dan pengalaman (meski mungkin seseorang itu bermacam-macam pengalamannya, tapi tetep aja dia hanya satu individu). Tapi hal yang jauh lebih menakjubkan, hal yang jauh lebih menggairahkan, hal yang jauh lebih mengesankan, adalah ketika kita menulis buku bareng-bareng. Tidak hanya ada satu kepala yang bercokol di sana, tapi belasan, puluhan atau bahkan ratusan kepala dengan berbagai macam latar belakangan dan pengalamannya masing-masing. Ada nilai-nilai ukhuwah yang ingin kita tanamkan di sana. Plus juga ada suatu hal yang ingin kita kabarkan pada dunia bahwa PELANGI muncul dalam kesejarahan umat manusia adalah untuk menghiasi keindahan langit dengan varian-variannya yang beragam namun tetap satu jua. Tetap satu visi: membawa masyarakat bumi pada kebahagiaan sejati di jalan-Nya. InsyaAllah.

Adapun perihal konten, ini yang ada di bayangan kepala ane sekarang:

  1. “Curhatan-curhatan” pengalaman kita yang sangat-sangat dan paling-paling berkesan selama menjadi Aktivis Dakwah Kampus khususnya di MIPA UI. Bisa berupa kepanitiaan yang pernah kita ikuti, bisa juga acara-acara yang pernah kita hadiri, atau rihlah-rihlah yang pernah kita lewati. Ceritain aja tuh asik-asiknya kayak gimana. Kalo perlu, ceritain juga sedih-sedihnya gimana. Pokoknya segala unek-unek yang ada di kepala dan batin teman-teman semua, tumpain aja di situ. Pasti akan jauh lebih meninggalkan goresan kesan baik untuk kita pun untuk pembaca.
  2. Sharing-sharing pengenalan medan dakwah kampus khususnya di MIPA (di jurusan kita masing-masing).
  3. Kasih tips-tips sukses dakwah agar aktivitas dakwah kita di kampus lebih “nampol” dan “menggigit”.
  4. Gimana caranya agar tetep bisa istiqomah jadi ADK di tengah guncangan badai yang terus menerus menderu menggempur sisi-sisi pedalaman kita baik sebagai aktivis ataupun sebagai mahasiswa?
  5. Kiat-kiat menyeimbangkan kuliah dengan dakwah. Artinya, kuliah jalan, dakwah juga jalan. Dan dua-dunya ok dari segi pencapaian (achievment).
  6. Manisnya ukhuwah. Ceritain aja gimana cara ngebentuk tim yang solid dan kompak, ukhuwah yang benar-benar terasa, dan lain sebagainya.
  7. AWAS!! ADA BAHAYA VIRUS MERAH JAMBU YANG SEDANG MENGINTAI. WASPADALAH!! WASPADALAH!!. (hahahaha).
  8. Optimalisasi syura. Gimana caranya?
  9. Saran-saran program yang harus difokuskan oleh ADK-ADK MIPA ke depannya.
  10. Kiat-kiat membangun komunikasi dengan ADKP (Aktivis Dakwah Kampus Permanen).
  11. Lain-lainnya lah pokoknya. Monggo yang mau nambain sendiri. Tambain aja sesuka hati. Hahahaha…

By The Way, kenapa kita harus menulisnya sekarang? Begini, tentu mewariskan pengalaman-pengalaman kita dalam bentuk tulisan pada adik-adik kita jauh lebih baik ketimbang tidak menuliskannya sama sekali. Kan gitu? Nah ane pikir, saat yang paling tepat untuk kita menuliskannya adalah saat ini juga. Sekarang ini juga coz memori-memori kita tentang segala kegiatan dan aktivitas kita sebagai ADK masih sedang “hot-hot” nya (hahahaha. af1). Ane takut kalo kita tidak menuliskannya sekarang, artinya menunggu hingga nanti-nanti (apa lagi kalo sudah nikah..upsss…), kenangan-kenangan yang penah teman-teman alami selama masa menjadi ADK sudah banyak yang terlupakan. Atau kalaupun tidak, ia sudah tidak hangat lagi. Sudah menjadi dingin. Jadi gak enak ketika kita menuliskannya. Sensasinya, baik untuk kita ataupun yang membaca, sudah tidak kena lagi. Bukankah nasi kurang terlalu enak dimakannya kalo sudah menjadi dingin?

Ane ngebayangin betapa hebatnya jika semua dari kita menyumbangkan tulisan-tulisan terbaiknya untuk proyek buku ini. Kan hampir semua dari kita (kecuali ane. ahahahahah) pernah menjadi petinggi-petinggi lembaga, mas’ul-mas’ul lajnah, pemimpin-pemimpin puncak suatu kepanitiaan, koordinator-koordinator acara baik untuk tingkat nasional ataupun internasional. Kan gitu kan? Nah ane ngebayangin betapa hebatnya tuh pengalaman jika berhasil kita abadikan dalam sebuah goresan pena yang untuk kemudian kita persembahkan untuk adik-adik kita tercinta di kampus. Ane aja yang bukan siapa-siapa di kampus berani tuh menuliskan/mewariskan sesuatu berupa tulisan untuk mereka (minimal tulisan untuk buku ini). Apalagi rekan-rekan sekalian yang sudah malang melintang makan asam garam dunia dakwah kampus selama lima tahun. Kan gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,430 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: