MENULIS SEUMUR HIDUP

Mendengarkan

Posted on: July 7, 2011

mendengarkan benar-benar mengagumkan. marilah kita standing applause buat orang-orang yang sadar dan mau untuk menjadi pendengar aktif. pendengar yang tidak hanya melibatkan anggota badan, tapi juga melibatkan hatinya saat mendengarkan. kenyataan bahwa di dunia ini orang lebih banyak ingin menjadi pembicara adalah lumrah adanya. itu sudah menjadi naluri kehidupan. dalam keseharian, mereka lebih mendominasi diskusi. mereka mengumbar segala macam hal lewat mulutnya. bahkan tak jarang -malah sering- mereka membicarakan hal-hal menyangkut aib dan urusan pribadinya. kalo sudah seperti ini gimana?

itulah makanya mengapa orang-orang yang banyak bicaranya lebih senang kepada orang-orang yang lebih banyak mendengarnya. karena ada kecocokan alami di sana: yang satu mendengarkan, yang satu berbicara. mereka seperti dua kutub yang saling melengkapi. tapi tetap, manusia-manusia pendengarlah yang akan menjadi pemenang. inilah kaidah yang menjelaskan mengapa banyak para wanita cantik takluk pada seorang pria yang dari segi face biasa-biasa saja. karena itu: sang pria adalah seorang pendengar setia. para pendengar sejati memang benar-banar orang-orang misterius. salut untuk mereka.

ada banyak keuntungan yang didapat oleh para pendengar. diantaranya: para pembicara yang dominan itu akan sangat respek dan sangat bergantung pada kita. mereka akan luruh dan takluk di tangan kita tanpa harus benar-benar berperang untuk mengkanvaskan mereka. mereka akan tunduk hanya karena kita selalu mendengarkan apa saja yang mereka bicarakan dan keluhkan. keuntungan lainnya adalah kita dapet banyak ilmu dari orang tersebut. kita akan mengetahui seberapa dalam pengetahuan, kepribadian dan karakter orang yang bersangkutan. kita juga akan mengetahui lebih banyak hal-hal yang menyangkut pedalaman diri orang tersebut. dan ini nantinya bisa kita jadikan bekal bagi kita untuk menghadapi orang bersangkutan dengan cara yang terbaik.

maka marilah kita belajar untuk menjadi pendengar aktif dan penuh empati. insyaAllah banyak hal yang akan kita dapatkan dari sana. jayalah engkau wahai para pendengar sejati. jayalah. jayalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,816 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: