MENULIS SEUMUR HIDUP

Mungkin Dia Bukan Jodoh Saya

Posted on: July 29, 2011

jika ditanya apa ciri-ciri orang kuat? maka salah satu jawabannya adalah dia tidak takluk dengan yang namanya cinta. yang dimaksud di sini adalah cinta yang tak berdasar. cinta yang tak dibenarkan dalam agama. cinta seorang pria pada seorang wanita ataupun sebaliknya tanpa dibalut ikatan kesucian. cinta itu sebenarnya sah-sah saja. hanya, harus ada alasan yang benar dan logis tentang mengapa kita harus mencintai seseorang. karena sejatinya, cinta itu baru akan benar-benar fitrah (suci) saat mitsaqan ghaliza (ikatan kuat) telah diikrarkan. jadi bukan fitrah (suci) namanya jika seorang pria jatuh cinta pada seorang wanita lantas mereka berdua membenarkan segala macam cara untuk bisa saling mendekat. entah itu hanya sekadar sms-an, jalan berduaan, apalagi sampai (maaf) bersentuhan kulit antara keduanya.

seseorang yang kalah dalam pergulatan cintanya, maka bolehlah ia kita sebut sebagai pecundang. jika seorang pria, mari kita sebut ia pahlawan melankolik yang rapuh nan lemah. jika ia seorang wanita, mari kita sebut ia puteri obral. karena sifatnya yang mudah jatuh dan gampang dimiliki oleh seorang pria.

apa alasannya sehingga seseorang itu bisa kalah dalam pergulatan cintanya? mungkin salah satu jawabannya adalah karena masalah mindset. orang-orang yang belakangan kita sebut pahlawan melankolik yang rapuh nan lemah telah memelihara mindset yang salah dalam pikirannya. orang-orang ini dengan mudahnya mengumbar angan di dalam benaknya dengan mengatakan: “ah, mungkin dia jodoh saya”. akibatnya, setan membuka peluang bagi dirinya untuk mendekati lawan jenisnya itu, yang menggoda hatinya itu. semakin lama ia memelihara pikiran semacam itu, maka akan semakin dalam ia tergoda yang ujung-ujungnya membuat dirinya tak kuasa menolak godaan indah cinta najis nan penuh kebobrokan itu. nauzubillah. orang-orang yang telah terpelincut dengan cinta jenis ini, akan merasakan kesulitan yang luar biasa untuk menjauh dari bayang-bayang setan. dijadikan indah segala yang berhubungan dengan sang doi. jam malam dilabrak. sms-an penuh dengan kegombalan dan rayuan setan, diumbar. bahkan tak takut-takut lagi, jalan berduaan meski sambil ngumpet-ngumpet di tempat yang jauh dengan dalih: “insyaAllah tidak akan dilihat ikhwan akhwat yang lain”, dilakoni. bah, dia menutup mata rupanya dengan kehadiran Tuhannya.

lantas apa cara kita agar bisa menjadi pria jantan dengan penuh daya juang atau menjadi wanita perkasa dambaan umat? papras lah lewat mindset tadi. katakan dalam diri masing-masing jika telah muncul di dalam benak kita akan ketertarikan dengan lawan jenis: “mungkin dia bukan jodoh kita”. kata-kata ini akan membuat kita lebih rasional dan dampaknya akan menjauhi kita dari orang yang telah membuat hati kita bak bunga sedang mekar. katakan “mungkin dia bukan jodoh kita” sebanyak-banyak yang bisa kita ucapkan saat benih-benih cinta mulai menampakkan kemekarannya di kuncup jiwa kita. doktrin pikiran kita: “jodoh telah ditetapkan Allah di sana. jadi buat apa bermain-main dengan api. buat apa bercinta dengan seseorang yang bukan pada haknya kita berikan cinta. buat apa mendapatkan cinta dari seseorang yang memang bukan cinta sejati kita”.

siapa yang menjamin bahwa orang yang telah kita tag-in sedari awal, yang telah kita cumbu mesra dengan tools-tools gombal cinta picisan, pada akhirnya akan menikah dengan diri kita? kalaupun ujungnya benar-benar sampe menikah, percayalah bahwa itu akan mengurangi keberkahan hidup dan dakwah kita. nah yang repot adalah kalo ternyata tak jadih menikah. yang ihwan sudah menjadi ikhwan bekas. pun demikian dengan yang ahwat. mau?

mohon maaf jika tulisan ini kurang berkenan di hati pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,803 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: