Nur Ali Muchtar

Melawan Penyakit

Posted on: October 2, 2011

Suatu ketika, Khalid bin Walid pernah menantang musuh-musuhnya dengan cara menenggak racun. Namun aneh. Setelah racun masuk dan menyebar ke tubuhnya, ia tetap sehat. Tak mati. Masih sehat wal afiat seperti semula. Sontak hal ini membuat musuhnya kocar kacir. “Racun aja gak mempan cuyyy. Ckckckck…!!”, begitu gumam mereka.

Entah benar atau tidak cerita di atas, tapi ada satu pelajaran yang bisa kita petik dari sana: Lawan. Khalid bin Walid sengaja menelan racun untuk membuktikan pada musuh-musuhnya bahwa dirinya tak akan is dead kalau hanya dengan racun. Ia yakin seyakin-yakinnya dan melawan benaknya dari rasa takluk oleh racun. Maka ia menang. Jaya!!

Camkan ini teman. Jika suatu ketika tanda-tanda bahwa kita akan segera terserang penyakit datang, maka benteng yang paling utama untuk kita perkuat adalah benteng perlawanan. Lawan penyakit itu. Apalagi kalo baru sakit pilek, puyeng, radang ringan, panas, sakit perut, diare, batuk, dan penyakit-penyakit ringan lainnya. Ketika penyakit-penyakit itu datang, jangan biarkan diri kita terlena dengan terus menerus mengatakan dalam benak, “Wah, gua bener-bener sakit”. Karena kadang, penyakit itu gak melulu masalah / datang dari penyakitnya. Terkadang ia malah dominan dari perasaan kita yang mengatakan bahwa kita sedang sakit. Karena benak kita meyakini bahwa kita sakit, akhirnya bener-bener sakit deh.

Jadi kalo ada tanda-tanda bahwa kita akan segera sakit, please deh jangan aleman. Please deh jangan mengabarkan / mengatakan pada seluruh alam semesta raya bahwa kita sedang sakit. Alih-alih bahwa kita sedang sakit, mending lawan penyakit itu dengan tekad bahwa kita tidak akan pernah sakit dan tidak mau sakit sampe kapanpun. Bayangkan betapa tak enaknya orang sakit. Mau ngerjain ini gak enak. Mau ngerjain itu gak enak. Mau makan ini gak enak. Mau makan itu gak enak. Belum lagi kalo sakit yang sudah pasti akan merepotkan seantero keluarga. Ngeluarin duit pula. Dan masih banyak kerugian-kerugian dan kerepotan-kerepotan yang lain.

Terlepas dari apakah nantinya kita akan benar-benar sakit atau tidak, kan gak ada salahnya kalo kita buat benteng pertahanan awal agar kita gak benar-benar sakit. Yuk lawan penyakit-penyakit kita dengan keyakinan bahwa kita tak akan mudah terserang penyakit. Ini bukan masalah mengingkari apa yang hendak ditetapkan Allah, ini masalah tekad / keinginan kita agar tidak mudah terserang penyakit. Wallahu’alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 558,670 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: