MENULIS SEUMUR HIDUP

Formalisme Dalam Dunia Pendidikan

Posted on: November 27, 2011

“formalisme dalam dunia pendidikan, gak bisa membuat kita maju”. ini bukan saya yang ngomong tapi Prof. Azyumardi Azra (mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah). kalo saya ditanya, apakah saya sepakat? saya akan menjawab: 100% saya sepakat. bukan tanpa alasan saya menyetujuinya. yang jelas, saya sudah pernah merasakan jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga S1. dan yang saya rasakan, formalisme di dalam dunia pendidikan, setidaknya untuk saya, benar-benar MEMBELENGGU. itu mengapa saya selalu tidak betah berada di dalam ruang kelas. pengennya keluar dan melihat dunia lain.

sekarang saya sudah lulus dan saya belum berniat untuk S2 dalam waktu dekat ini. saya ingin merasakan nikmatnya menjadi orang “bebas”. saya ingin mempelajari segala sesuatu yang membuat saya tertarik tanpa “paksaan” dari seorang guru atau dosen. saya ingin mendengarkan kuliah/ceramah dari siapapun orangnya yang ingin saya dengar tanpa ada “paksaan” harus mendengarkan di dalam kelas. kan bisa toh mendengarkannya via youtube (jika sudah ada yang upload)? kan bisa toh baca kultwit-kultwitnya lewat akun twitter pribadinya? saya juga ingin belajar di dalam kamar sementara guru yang mengajar kita ada di belahan bumi lain. saya juga ingin “bolos” mendengarkan ceramah siapapun orang yang tidak ingin saya dengar. saya ingin segalanya lebih cepat dengan bantuan teknologi. tidak seperti yang ada di sekolah-sekolah atau di kampus-kampus: jika ingin sesuatu, birokrasinya lammmmaaaaa banget. gak efisien dan gak efektif menurut saya. saya juga ingin belajar dari lingkungan. tidak melulu terkungkung di dalam kelas dalam posisi duduk dan tangan bersila. saya ingin belajar menjadi seorang pemberani karena saya tidak mendapatkan keberanian dari satu institusi bernama: sekolah/kampus.

tapi, di atas semuanya itu, saya ingin mengucapkan: terima kasih sekloah. terima kasih kampus. engkaulah yang telah membekali diri ini dengan pendidikan. dan berkat pemberianmu itu, kini, saya bisa melihat dunia dengan sudut pandang yang jauh lebih luas dan lebih positif ketimbang orang lain yang tidak mengenyam pendidikan. thx….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: