MENULIS SEUMUR HIDUP

Dakwah Kita: Memberikan Manfaat Sebanyak-banyaknya Untuk Masyarakat

Posted on: March 11, 2012

kalo kader, kerja total untuk PKS, wajar toh?? tapi kalo simpatisan yang notabene belom ngaji, lantas kerjanya bener-bener total dan loyal banget amat sangat, aneh gak menurut man teman? saya pribadi juga bingung. tapi inilah yang lantas kemudian membuat saya penasaran dan coba cari tau, apa sebenarnya yang menyebabkan mereka-mereka itu mau kerja total di PKS? selidik punya selidik, tanya-tanya mas’ul-mas’ul yang dah lama berkiprah di dpra, dpc dan dpd, ternyata ini yang membuat mereka betah, nyaman, dan total di PKS: “silaturahim kita kenceng ke mereka. jangan antum kira kita cuma sekali dua kali ngunjungin mereka. udah sering akh. kita intens silaturahim ke mereka. dan ini akh, mereka-mereka itu -maksudnya para simpatisan-, sekarang pada jadi tokoh di lingkungan mereka. kenapa? karena kalo ada program-program atau proyek-proyek sosial dari kita, pasti yang kita libatkan mereka. kita pinjem rumah mereka. kita jadikan mereka penanggung jawab wilayah. kita tokohkan mereka. inilah yang membuat mereka dikenal aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat. dan inilah yang membuat mereka, para simpatisan itu, senang”.

lantas kemudian saya berpikir dan coba untuk mengaitkannya dengan ilmu psikologi bahwa yang namanya manusia, seberapapun miskin dan tidak mampunya mereka, pasti ada sebetik keinginan untuk membantu orang lain, jauh di dalam lubuk hatinya yang terdalam. semacam aktualisasi diri yang membuat mereka menjadi orang penting di lingkungan. dan inilah yang membuat mereka senang dengan kehadiran kita. karena kita datang ke sana untuk memberikan manfaat pada mereka dan pada siapapun orang yang ada di wilayah yang ingin kita dakwahi. karena sejatinya, dakwah di masyarakat, setidaknya minimal harus memenuhi dua hal berikut: bermanfaat buat mereka serta menarik untuk mereka. dan inilah yang memang menjadi salah satu tujuan utama dakwah kita: memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat.

jika kita tilik lebih jauh mengenai dakwah kita di masyarakat, bolehlah kita katakan bahwa dakwah kita ini adalah dakwah sosial. kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat adalah salah satu bentuk konkret kita untuk membantu dan memberikan manfaat pada mereka. yang kita lakukan adalah kerja-kerja nyata untuk memenuhi hajat hidup mereka. itulah mengapa dakwah ikhwah-ikhwah kita di mesir sangat diterima di tengah-tengah masyarakatnya. karena yang mereka berikan adalah senyata-nyatanya pemberian yaitu untuk memberikan solusi-solusi bagi permasalahan-permasalahan yang masyarakat hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

jika orang di luar sana bertanya, apa sih yang kalian-kalian kerjakan di masyarakat? jawabannya: oh banyak, banyak sekali. kita memberi mulai dari bidang kesehatan (membuat rumah sakit, puskesmas, sampai pengobatan-pengobatan geratis), pendidikan (mulai dari membuat tk, mi/sd, mts/smp, sma/ma, hingga pesantren dan universitas), pembinaan, membuat masjid, yayasan, lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan, ma’had-ma’had, lebaga tahfidz quran, penyuluhan, koran, surat kabar, selebaran-selebaran, buletin, pengumpul dan penyalur zakat, membuka lapangan pekerjaan, konsultasi, kajian-kajian keislaman, hingga pada pencerdasan-pencerdasan terkait masalah-masalah keagamaan, sosial dan politik. tentu segudang lagi proyek-proyek sosial yang kita garap untuk mereka. dan yang harus dicamkan di sini adalah: bahwa kita mengerjakan ini semua, insyaAllah murni karena kita mengharapkan ridha Allah saja. bukan, bukan sama sekali terkait dengan pencitraan seperti yang dituduh-tuduhkan orang di luar sana. pencitraan untuk memenangkan pemilu daerah ataupun pemilu presiden. buat orang-orang yang menuduh kita dengan hal tersebut, bolehlah kita katakan: jika memamang demikian yang kita kejar, sungguh kecillah diri kita ini. kita ini hadir di muka bumi untuk memberikan kedamaian bagi semesta. itulah agenda besar kita.

trus kenapa seolah-olah yang kita kejar adalah kemenangan-kemengangan dalam pilkada, pemilu, dan lain sebagainya? bukankan kemengan itu adalah salah satu jalan bagi kita untuk dapat memberikan manfaat yang jaaaauuuhhhh lebih besar bagi masyarakat? sombongkah kita mengatakan hal demikian? oh jelas tidak karena inilah memang yang menjadi tugas kita sebagai seorang muslim, bahwa risalah islam turun ke muka bumi ini adalah sebagai rahmatal lil alamin (rahmat bagi semesta alam). insyaAllah.

1 Response to "Dakwah Kita: Memberikan Manfaat Sebanyak-banyaknya Untuk Masyarakat"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: