MENULIS SEUMUR HIDUP

Dunia VS Akhirat (Surga Neraka)

Posted on: April 1, 2012

hidup di dunia ini cuma sebentar. umur manusia saat ini, paling banter 60an tahun. yang panjang umur, gak lebih lah dari 100 tahun. abis itu mati. singkat kan? lantas kalo kita tau hidup ini cuman bentar di dunia, ngapain pula kita kejar-kejar setengah mati dunia ini? mending ngejar surga yang udah ketauan abadi. konon satu hari di surga, setara dengan seribu tahun di bumi. itu kalo kita percaya bahwa surga dan neraka itu ada. nah lo?

di surat Adz-dzariyat ayat 56 Allah bilang: tugas manusia ama jin itu adalah ibadah. nah, kita kudu mandang makna ibadah ini dengan perspektif yang luas nih. ibadah gak harus cuma tok di masjid. ibadah gak harus cuma shalat, zakat, puasa, atau ibadah-ibadah mahdhah lainnya. pokoknya, intinya, segala sesuatu itu ibadah asalkan niat kita melakukan itu semata-mata karena Allah dan dengan cara-cara yang sesuai dengan syariat islam (al-quran & hadits). contoh: nyari rizki. ini niatnya harus karena Allah. insya Allah jadi ibadah. contoh lain: dakwah di politik. kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. nikah, kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. intinya sih jadiin aja segala aktifitas kita mulai dari bangun tidur sampe tidur kembali, sampe seterusnya, sampe kita mati, sampe hari kiamat, semata-mata karena Allah dan untuk cari rindha Allah.

jadi perspektif kita mandang dunia itu harus gini: dunia ini kita jadikan ladang amal buat kita biar dapet rindha Allah dan masuk surga-Nya kelak. ibarat kita musafir, kita ini lagi perjalanan untuk sampe ke satu tujuan. dan musafir ini kudu punya persiapan yang banyak biar selamet sampe tujuan (baca: amalnya kudu banyak).

ada satu perumpamaan dahsyat, ini: kenikmatan dunia dibanding akhirat ibarat jari kita celup di laut. jari yang kecelup itu nikmat dunia. seluruh aer yang ada di laut itu nikmat surga, bahkan lebih besar lagi.

rasul bilang, orang cerdas itu orang yang orientasi hidupnya adalah akhirat, selalu memikirkan akhirat, dan selalu nyiapin dirinya untuk hari akhirat.

dari sini kita tarik kesimpulan: ambisi dunia itu sebenernya ambisi-ambisi kecil. tapi prinsipnya: dunia ini gak boleh kita tinggalin. justru harus semangat ngumpulin pahala biar bisa masuk surga. inilah motivasi hidup yang sebenarnya.

ini aja yang pengen ane share..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,163 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: