MENULIS SEUMUR HIDUP

Atasi Banjir Jakarta, Relawan Hidayat-Didik Launching ‘Gerakan 4juta Biopori’

Posted on: June 14, 2012

Gerakan 4 Juta Biopori Hidayat+Didik 4 Jakarta

Gerakan 4 Juta Biopori Hidayat+Didik 4 Jakarta

JAKARTA (10/6) – Banjir dan sampah menjadi bagian dari permasalahan Jakarta yang memerlukan penanganan serius. Salah satu upaya yang bisa ditempuh untuk mencegah banjir adalah dengan membuat biopori.

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta no urut 4, Didik J Rachbini, mengatakan yang dibutuhkan dalam penanganan banjir di Jakarta adalah aksi nyata yang tidak sekadar retorika.

“Saat ini kita masih menjadi calon wakil gubernur, tapi kita sudah memiliki gagasan dan tindakan nyata untuk Jakarta. Semoga bila nanti terpillih, kita bisa benar-benar merealisasikan agenda ini dengan lebih baik lagi,” ujar Didik ketika meresmikan program ‘Gerakan 4 Juta Biopori’ di RT 01 RW 02 Kelurahan Kedoya Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (10/6/2012).

Menurutnya, salah satu penyebab masalah banjir di Jakarta adalah persoalan sampah yang tidak pernah terselesaikan. Padahal, lanjut Didik, Pemprov DKI Jakarta sebenarnya memiliki anggaran untuk menangani sampah mencapai Rp 500 miliar.

“Tapi kenyataannya permasalahan sampah tak kunjung beres,” tuturnya.

Relawan Hidayat+Didik, Syuhada, mengatakan  untuk membuat biopori sangat sederhana. Caranya adalah dengan membuat lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1 meter menggunakan alat bor biopori.

Selanjutnya, setelah tergali lubang, bagian atas diberi paralon agar tidak tertutup kembali. Lubang yang ada dapat dijadikan tenpat pembuangan sampah organik. Dengan adanya hewan tanah, maka dengan sendirinya akan membentuk biopori yang juga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

“Ada 4 juta biopori yang dicanangkan merupakan terobosan awal yang kemudian diharapkan dapat direalisasikan membuat 76 juta biopori guna membantu pengatasan masalah banjir dan sampah di Jakarta,” jelasnya.

Program ini digagas oleh relawan Hidayat-Didik yang terdiri dari civitas akademika dan lapisan masyarakat biasa.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,656 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: