MENULIS SEUMUR HIDUP

Mau Sukses di Sekolah? Kuncinya Adalah Pandai Membagi Waktu

Posted on: November 8, 2012

Udah gak zaman kali anak sekolah cuma punya prestasi di bidang akademik aja. Tapi lebih gak zaman lagi kalo gak punya prestasi apa-apa. Zamannya itu sekarang yang namanya siswa/i harus punya prestasi di bidang akademik dan non-akademik. Bangsa kita ini bisa dibilang sedang “tertidur”. Sebenernya bangsa kita ini punya potensi yang besar, hanya saja belum bisa dimaksimalkan seoptimal mungkin. Maka untuk bisa mengoptimalkannya, kita butuh anak-anak bangsa (generasi muda usia sekolah) yang tidak hanya pandai di satu bidang –katakanlah akademi- saja. Kita butuh banyak pemuda/i yang bisa mengukir prestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik. Bidang non-akademik ini banyak macamnya termasuk di dalamnya adalah kegiatan ekskul di sekolah, kerohanian, sampai pada kegiatan bisnis.

Memang tugas siswa/i adalah belajar. Namun, jangan mempersempit makna belajar ini. Belajar memiliki cakupan makna yang luas. Belajar pelajaran-pelajaran di sekolah adalah belajar, berorganisasi juga belajar, bersosialisasi juga belajar, berbisnis pun juga belajar. Intinya, semua hal yang membuat kita jadi lebih baik adalah belajar. Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan esok harus lebih baik lagi dari hari ini. Inilah esensi dari belajar. Dengan belajar kita terus bertumbuh. Dan dari pertumbuhan itulah kita punya kapasitas lebih untuk mengukir prestasi bagi bumi pertiwi.

Apa kunci agar siswa/i bisa berprestasi baik di akademik ataupun non-akademik? Kuncinya adalah pandai membagi waktu dan percaya bahwa kita sanggup untuk punya prestasi di kedua bidang tersebut. Berpikir bisa maka kita pasti bisa. Berpikir tidak bisa sudah pasti kita tidak bisa. Kapasitas itu tergantung dari kondisi pikiran. Sudah pasti kesibukan siswa/i yang ingin punya prestasi di kedua bidang tersebut sangat banyak. Nah, disitulah letak pentingnya untuk kita punya keyakinan bahwa kita pasti bisa mengatasi semua tantangan kesibukan yang menghadang. Berpikir bisa berprestasi di bidang akademik dan non-akademik membuat kita mampu untuk mengerjakan banyak hal di dalamnya. Selanjutnya adalah tinggal bagaimana siswa/i tersebut pandai dalam manajemen waktunya.

Satu hal yang bisa dipelajari dari kiat-kiat manajemen waktu yang efektif bagi siswa/i adalah mengerjakan sesuatu sesuai dengan jamnya. Contoh: saat proses belajar mengajar di kelas, fokuskanlah untuk belajar. Jangan memikirkan hal-hal lain selain fokus pada pelajaran yang sedang dipelajari. Saat rapat organisasi, ya fokus saja pada rapat tersebut. Gak usah ngerjain PR atau yang lainnya. Saat waktunya istirahat di rumah, ya istirahat saja. Saat waktunya harus membantu orang tua di rumah, ya bantu saja. Saat waktunya belajar di rumah, ya fokus saja belajar. Intinya, kerjanlah sesuai dengan apa yang sedang dilakukan saat itu. Fokus sangat penting bagi siswa/i yang ingin punya prestasi baik di bidang akademik ataupun non-akademik. Jangan sampai pikiran terpecah belah oleh hal-hal yang sekiranya bisa mengganggu konsentrasi kita dalam belajar. Contoh: pacaran yg berujung pada kekecewaan karena diputusin oleh sang pacar. Siswa/i tingkat SMP/SMA biasanya punya emosi yang masih labil. Nah hal-hal seperti ini sangat rentan mengganggu proses belajar yang sedang dilakukan.

Doa saya, semoga kalian hai generasi penerus bangsa bisa mengukir prestasi setinggi-tingginya agar bisa membanggakan diri kalian, orang tua kalian, almamater kalian, lingkungan kalian, bangsa dan umat kalian. Keep fighting.. Semangaaattt :)

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/mau-sukses-di-sekolah-kuncinya-adalah-pandai-membagi-waktu/

2 Responses to "Mau Sukses di Sekolah? Kuncinya Adalah Pandai Membagi Waktu"

kita harus fokus pha yang kta krjakan Okey🙂

contohnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,163 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: