MENULIS SEUMUR HIDUP

Tak Selamanya Terkenal Itu Menyenangkan

Posted on: March 9, 2013

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa makin ke sini, makin banyak orang-orang yang berambisi untuk menjadi orang terkenal (famous). Apalagi jika dari keterkenalannya itu, orang bisa mendapatkan duit yang banyak seperti seorang artis, misalnya. Maka berlomba-lombalah orang untuk menjadi terkenal. Gimana pun caranya, berapapun besar pengorbanan yang harus dikeluarkan. “Pokoknya, saya harus terkenal. Titik!!”, ujar batinnya.

Menurut hemat saya, wajar-wajar saja jika banyak orang yang ingin menjadi terkenal. Ini dunia bung, alam materi, segala sesuatunya diukur denga materi. Seberapa kaya Anda? Seberapa bagus rumah Anda? Seberapa banyak mobil Anda? Seberapa cantik istri dan seberapa ganteng suami Anda? Seberapa hebat jabatan Anda? Seberapa sering jalan-jalan keluar negeri? Dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Tapi ada hal yang perlu diingat bahwa tak selamanya keterkenalan itu baik untuk kita. Terkadang, keterkenalan itu malah membelenggu. Satu contoh: lihatlah para artis/pejabat yang terlibat satu kasus negatif yang menghebohkan. Bahagiakah mereka saat banyak sekali media yang berlomba-lomba untuk meliput kasus negatifnya itu? Saban hari saban waktu diluput, diwawancarai, difoto, dikejar-kejar. Bukan hanya dia, keluarganyapun tak luput dari liputan. Sekali lagi, bahagiakah mereka?

Terkenal boleh, asalkan keterkenalannya itu digunakan untuk hal-hal yang positif. Harus diniatkan dari awal bahwa tujuan kita untuk menjadi terkenal semata untuk tujuan kebaikan. Satu contoh: seorang dai harus terkenal agar dari keterkenalannya itu banyak orang yang bisa diajak untuk mengikutinya meniti jalan kebaikan.

Hal lain yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali mengambil jalan pintas untuk menjadi terkenal. Mindset yang harus dibangun adalah bahwa keterkenalan itu hanyalah konsekuensi logis dari manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain. Semakin banyak yang bisa kita berikan, semakin baik. Inilah kaidah yang menjelaskan bahwa ada orang yang cepat sekali terkenal lantas secepat kilat pula hilang dari permukaan. Berilah manfaat sebanyak-banyaknya secara terus menerus pada keluarga, masyarakat dan negara, semoga nama kita kan terukir abadi di dunia ini. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,123 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: