Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Asyik-asyikan’ Category

Ayo Li semangat
Kelulusan udah di ujung tanduk
Semangat kerjain skripsi
Semangat untuk kolokium dan sidang sarjananya

Hari yang dinanti-nanti bentar lagi datang
Sambut dengan hati riang
Tabuh segera genderang
Siap untuk berperang

Di depan sana banyak sekali kewajiban yang menunggu
Tuntaskan yang ini
Kejar yang di sana
Semoga Allah Ridha dengan semua jeri payah yang sudah dilakukan

Iseng-iseng posting sesuatu yang beda di blog ini. Tujuannya biar “rumah maya” milik saya satu-satunya ini bisa lebih meriah dan penuh warna warni. Mudah-mudahan juga kedepannya saya bisa menyempatkan waktu untuk silaturahim ke “pondok maya” rekan-rekan sekalian.

Agenda saya hari ini

  1. Beli nasi uduk buat temen yang kebetulan nginep di kost-an saya dari semalem. Dia temen lama. Temen waktu SMA yang sejak lulus jarang sekali kita bertemu. Alhamdulillah bisa dapet kunjungan beliau. Kedatangannya menghidupkan kembali tali ukhuwah yang sempat kendor di antara kita. Semoga Allah mengekalkan rekatannya hingga ke surga kelak. Amin.
  2. Nonton sig 2 (sidang tahap ke dua di departemen matematika UI) temen dari pukul 10-12 WIB. Kebetulan ada dua orang yang akan maju hari ini. Alhamdulillah saya telah melalui tahapan yang satu ini dengan lancar. Semoga kedua orang rekan saya ini diberikan kemudahan, kelancaran dan kekuatan oleh Allah untuk menjalankannya. Amin.
  3. Pukul 12-13 WIB saya ada kuliah. Ini sisa satu kuliah (3 SKS) yang saya ambil di semester akhir saya (insyaAllah. Doakan).
  4. Pukul 15 WIB saya diajak adik angkatan di matematika untuk ikut main basket di MIPA CUP. Saya ini tergolong angkatan tuir loh. Bisa jadi nanti saya yang paling tua sendiri secara angkatan. Tapi alhamdulillah mereka ngajak saya. Mungkin karena mereka sayang dengan saya. Atau mungkin juga karena tidak ada orang lagi yang bisa main basket sehingga saya jadi tumbal.
  5. Ada kemungkinan saya diajak juga untuk main futsal sorenya di kompetisi yang sama. Entahlah karena kenapa saya diajak. Mungkin karena mereka tau saya sangat senang sekali bermain bola dan diajaknya saya ini bertujuan untuk menghibur hati saya agar terhindar dari kejemuan skripsi yang cukup menyita waktu. Atau mungkin juga karena saya ganteng (gak nyambung jek. hahaha).
  6. Cukur rambut sebelum mandi sore biar kelihatan lebih ganteng dan keren (meski sebenarnya saya sudah ganteng. Tapi jika dilihat dari monas pake teropong sedotan berdiameter satu inci). Hahaha…
  7. Pengennya nyempetin ke perpus pusat UI. Ada buku yang pengen dicari terkait … tapi perpusnya tutup hingga awal Mei. Katanya mau pindah ke perpustakaan baru yang lebih keren itu.
  8. Malemnya ngaji
  9. Sedih. Hari ini ga dapet duit karena gak ada waktu untuk ngajar. Mudah-mudahan rezeki-nya bisa untuk besok-besok. Amin.

Seperti nomor punggu salah satu pemain bola idola gua, Frank Lampard, udah delapan kali gua pindah kost-kost-an terhitung sejak pertama kali gua kuliah. Termasuk kepindahan yang sekarang ini. Sebenernya, untuk kepindahan yang sekarang ini, bisa dibilang agak sedikit mengejutkan khususnya bagi anak-anak kost-an pondok tody (kost-an gua yang ketujuh). Pasalnya, hampir gak ada petir dan geledek, tiba-tiba gua pindah gitu aja. Tentu ini menimbulkan banyak pro dan kontra di kalangan “warga” tody sekalian. Kalo ditanya, gua sih alasannya pengen cari suasana baru, pengalaman baru, kehidupan baru, teman-teman baru, gaya hidup baru. Pokoknya semua yang serba-serba baru. Suatu hal yang hanya kita dapatkan ketika kita melakukan suatu perubahan. Dalam kasus gua adalah pindah kost-an.

Gua pribadi pengen adanya perubahan dalam hidup gua. Makanya gua pindah. Meski sebenarnya, kost-an gua yang ketujuh bisa dibilang cukup nyaman untuk ditempati. Betapa tidak, di sana ada sekitar 22 kamar dengan tiga lantai. Segalanya ada di sini. Kamar mandi yang bersih, teman-teman yang asik yang ngebuat gua gak pernah merasa kesepian, televisi di ruang tamu, kulkas yang bisa digunain untuk menyimpan buah atau makanan, air panas yang selalu tersedia tiap saat, parkir motor yang bisa dibilang aman, dikelilingi kost-kost-an wanita (upssss….), nyuci dan jemur gampang, bisa baca koran kompas tiap hari, dapur yang selalu bisa digunain, air minum geratis, dan banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya.

Saking nyamannya nih kost-an, gua sampe males untuk pergi ke mana-mana. Tapi ada beberapa hal yang gua rasa agak kurang dari kost-an gua yang ketujuh ini. Diantaranya adalah parkiran motor. Untuk parkir motor, gua harus masukin nih motor ke dalam kost-kost-an. Apa hendak dikata, kost-an gua yang ketujuh ini gak punya tempat parkir. Intinya, ribet sekali untuk masukin motor. Kalo udah masuk, jadinya gua males keluar. Karena ribet untuk keluar. Terlebih, untuk ke kampus, jika hendak menggunakan motor, gua terpaksa harus muter jalan dulu. Malah jadi jauhhh. Hal lainnya yang menurut gua agak kurang adalah hembusan angin. Karena gua dapet kamar di lantai bawah, alhasil gua jarang dapet angin. Karena tak ada hembusan angin yang menerpa sekujur tubuh gua, akibatnya gua malah males untuk nulis. Gak bisa dipungkiri, salah satu hal yang ngebuat gairah nulis gua melecut adalah hempasan angin. Yahhh, hempasan angin. Gua gak bohong. Tanya kenapa? Karena kurang angin pula yang menyebabkan tidur gua jadi banyak. Gua gak tau penjelasan ilmiahnya gimana. Tapi yang jelas, itulah kenyataannya.

Masing-masing kost-kost-an tentu memberikan kenangan tersendiri bagi gua. Ada banyak hal yang gua peroleh baik itu hal-hal positif maupun hal-hal negatif. Yang positif jelas nambah banyak kawan dan pengalaman. Untuk yang negatif, gua malah pernah keilangan laptop di kost-kost-an yang kelima. Alhasil, di kost-kost-an yang kelima ini hanya gua tempati selama satu minggu. Gua ngerih, baru satu minggu aja laptop gua udah ilang. Jangan-jangan nanti motor gua diembat juga. Mudah-mudahan jangan ya.

Yaahhhh, mudah-mudahan di kost-an gua yang kedepalan ini ada banyak hal baru yang bisa gua dapet. Ada perubahan-perubahan baru yang tentunya membawa dampak yang postif buat gua. Mudah-mudahan ada banyak pelajaran yang bisa gua ambil dari setiap mozaik hidup yang terangkai dalam diri gua. Mudah-mudahan berkah. Amin.

ini ada artikel yang menurut ane lumayan bagus. ditulis oleh Anis Matta dalam majalah tarbawi. selamat membaca dan semoga bermanfaat!! 😛

DUNIA KITA HIDUP KITA
Bisakah kita membayangkan bagaimana dulu, Adam dan Hawa, menjalani hidup ketika hanya mereka berdua yang menghuni bumi ini? Mungkin mudah membayangkan bagaimana mereka mencari makan untuk menyambung hidup, atau membuat rumah tempat mereka berteduh, atau membuat pakaian untuk menutup aurat mereka. Tapi coba bayangkan bagaimana pada mulanya mereka menemukan bahasa sebagai alat komunikasi mereka? Atau bagaimana pada mulanya mereka mengenal satu per satu dari jengkal tanah bumi ini?

Bagaimana mereka mengetahui atau menyepakati bahwa tempat mereka berjalan itu bernama tanah, bahwa benda yang tampak jauh di ketinggian sana, yang berwarna biru adalah langit, bahwa ada makhluk lain di dunia selain mereka yang bernama binatang dan tumbuhan, bahwa ada malampu besar yang membuat hari-hari mereka terbelah dalam terang dan gelap, dan bahwa ketika hari siang itu namanya siang dan ketika hari gelap itu namanya malam? Tapi kenapa kemudian kita, anak cucu Adam dan Hawa, bisa punya ribuan kata yang berbeda untuk satu benda? Mengapa kita punya banyak bahasa?

Lalu bagaimana pula cara kakek nenek kita itu mengenal dunia yang mereka huni ini? Berapa luaskah dari bumi ini, yang sekarang dihuni oleh sekitar 6 milyar anak cucunya, yang bisa mereka jangkau? Bukankah bumi ini terlalu luas untuk mereka berdua, dan karenanya bisa sangat menyeramkan? Lalu seperti apakah bumi dalam persepsi mereka berdua; datar atau bulat? Indah atau jelek? Menyenangkan atau menyengsarakan?

Begitu Adam dan Hawa turun ke bumi ini, tiba-tiba saja mereka menemukan dunia yang begitu berbeda dengan surga yang sebelumnya mereka huni. Ini dunia baru. Sepenuhnya dunia baru. Tak ada satu yang ia tahu di sini. Sama sekali tak ada. Jadi apa yang pertama mereka lakukan? Belajar! Itulah yang mereka lakukan. Bukan makan dan minum. Dan siapa yang mengajar mereka? Hanya Allah! “Dan Allah mengajarkan Adam nama-nama itu, seluruhnya.” Seluruhnya; nama benda, perbuatan, pikiran, perasaan, nilai, dan seterusnya.

Jadi begitulah hidup pada mulanya dijalani; dengan pembelajaran. Dan kemudian, seperti apa cara kita memahami dunia kita, seperti itulah kelak menjalani hidup. Coba bayangkan, berapa ribu tahun yang diperlukan manusia untuk sampai pada pengetahuan bahwa bumi ini bulat dan bukan datar? Dan apa yang kemudian berubah dalam hidup manusia begitu mereka sampai pada pengetahuan itu? Berapa ribu tahun yang diperlukan oleh manusia untuk sampai pada pengetahuan bahwa minyak adalah sumber energi? Dan apa kemudian yang berubah dalam hidup manusia setelah pengetahuan itu?

Dan inilah kaidahnya: wajah dunia kita berubah setiap kita menemukan satu pengetahuan baru, hidup kita berubah setiap kali pengetahuan kita bertambah. [Anis Matta, sumber : Serial Pembelajaran, Majalah Tarbawi edisi 213 hal.80]

gan, sekarang ini ane lagi cari-cari ide pembuatan undangan pernikahan yang unik. ini permintaan dari kakak ane yang bentar lagi mo nikah. yang pasti, undangannya harus unik dan gak terlalu mahal coz yang diundang lumayan banyak. nah, untuk saat ini, undangan yang menurut ane paling unik adalah yang ini:

sumber: sini

gimana menurut ente-ente pada? atawa ada ide yang lain dari agan-agan semua?

gan, tanggal 3 dan 4 Maret yang lalu, ane bareng keluarga liburan ke Puncak, Bogor. seneng rasanya bisa liburan sehabis UTS (Ujian Tengah Semester). fresh rasanya. ampe sekarang -sudah satu minggu berjalan- rasanya ane masih merasakan ekstase kesegaran yang ane dapatkan dari Puncak Bogor sana.

liburannya memang cuma dua hari. perjalanan pertama kita mampir ke cimori. selanjutnya nginep di villa yang sudah diboking. esoknya kita jalan-jalan ke atas puncak hingga sampe ke masjid At-Ta’awun. wah gan, disini ini pemandangannya mangstabs banget. secara, ane anak Tanjung Priok yang biasanya ngeliat laut, eh kali ini ane ngeliat puncak. satu hal yang kontradiksi. ane menikmati. hmhmhmmmmh…

usai dari At-Ta’awun, kita mampir ke taman bunga matahari. tempat yang satu ini ramenya bukan main. tapi masalahnya, tempat ini cocok untuk anak kecil. bukan untuk ane yang orang dewasa. wkwkwkwk. pulangnya, kita beli oleh-oleh khas puncak. asyik euyyy.

ada tapinya nieh gan. macetnya itu. taulah gimana puncak kalo hari sabtu dan minggu. ditambah lagi itu adalah long weekend. jum’atnya kan libur juga. ya khan? nah gan, kayaknya enak dech kalo ke puncak itu naek motor. terus terang ane belom pernah ke puncak naek motor. asyik tuh kayaknya. ga kena macet. trus diperjalanan juga kita pastinya jauh lebih bisa nikmatin pemandangan kalo pake motor. kapan-kapan ach. ada yang mau bareng? wkwkwkwk

Tags:

gan, tumben-tumbenan nieh di tempat ane tinggal (Marunda Baru, Cilincing, Jakarta Utara) kedatangan TPI. pantesan tadi sore banyak banget mobil-mobil bergambambarkan TPI lalu lalang lewat jalan raya di depan rumah ane. nah, ane taunya pas tadi sore (ba’da maghrib) nganterin emak ane kondangan. ternyata di lapangan yang terletak tepat di depan muka kelurahan marunda baru, lagi ada acara dangdutan yang diliput oleh TPI. ane gak tau nama acaranya apa coz spanduk-spanduk yang ada cuma bertuliskan, TPI Kinclong Banget. haha.

sumpah dech, tadi itu padet banget. jalan raya penuh dengan desingan motor di sepanjang jalan menuju marunda. satu hal yang agak tidak biasa disini. jarang lho ada acara besar yang diliput oleh TV di marunda. hikz.

ane cuma mikir, kapan yah acara-acara semacam tabligh akbar dengan pembicara Ust. Yusuf Mansur ada disini? or acara zikir akbar bareng Ust. Arifin Ilham or ngundang tokoh besar kayak AA GYM utuk dateng ke daerah ane. secara, kalo dangdutan, ane mah gak seneng.

Tags:

gan, ane ketibanan duit 200 rebu barusan pas lagi shalat ashar. maksudnya, pas baru aja selesai shalat. kejadiannya pas banget lagi berdoa sambil menengadahkan kedua telapak tangan ke atas langit. tiba-tiba, kakak ane yang udah berkeluarga ucluk-ucluk dateng tanpa diundang. untuk kemudian, berbarengan dengan selesainya ane berdoa, belia menyodorkan 2 lembaran kertas berwarna merah bergambarkan dua tokoh nasional (soekarno dan hatta). tau donk ini duit berapa? tentunya, sebagai manusia yang taat beragama, ane langsung ngucapin: alhamdulillah. wkwkwkwkwkwk. 😆

kakak ane yang laen yang kebetulan lagi gosok baju di samping ane langsung bilang: “padahal doanya baru sebentar ya?”

“hehe. iya-ya kak, baru sebentar aja dah dapet duit 200 rebu. gimana kalo doanya banyak (sering dan rutin)?”

dalam hati, kebetulan emang ini yang lagi ditunggu-tunggu. haha. i am heppiii. wkwkwkwkwkwk. 😆

Tags:

duh-duh, bener nih gan, sesuatu yang ane takutin dah terjadi pada diri ane. semenjak nonton 3 idiots untuk yang pertama kali, dalam hati, ane sangat amat was-was akan dampak yang nanti diperbuat oleh film “aneh” ini. salah satu dampaknya adalah: ane jadi seneng dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan INDIA. termasuk di dalamnya adalah musiknya. padahal, dulu-dulu mah musik india adalah musik yang paling ane benci. tapi nyatanya, setelah virus “idiot” itu menjalar menjelajahi diri ane, sekarang ane malah terpelincut dengan lagu-lagu india. dan diantara lagu-lagu india yang ane suka, yang paling ane favoritin adalah lagu-lagunya Shantanu Moitra. ane kenal lagu-lagunya dia itu dari film idiot “3 idiots”. lagu-lagunya dijadikan soundtrack film aneh itu.

ini dia soundtrack-soundtrack yang ada di film 3 idiots:

1. judul: Behti Hawa Sa Tha Woh. yang mo dengerin di youtube, ini linknya: http://www.youtube.com/watch?v=3ZwwtM8a8ww. yang mo nyedot mp3-nya, monggo ke sini: http://arunachalnews.com/behti-hawa-sa-tha-woh-lyrics-and-mp3-download-3-idiots.html

liriknya:
Behti hawa sa tha woh
Udti patang sa tha woh
Kahan gaya usae dhoondo

Behti hawa sa tha woh
Udti patang sa tha woh
Kahan gaya usae dhoondo

Hum ko to raahein thi chalati
Woh khud apni raah banata
Girta, sambhalta, masti mein chalta tha woh

Hum ko kal ki fikr sataati
Woh bus aaj ka jashn manaata
Har lamhe ko khul ke jeeta tha woh

Kahan se aaya tha woh
Chhoo ke humare dil ko
Kahan gaya usae dhoondo

Sulagti dhoop mein chhaaon ke jaisa
Raegistaan mein gaaon ke jaisa
Mann ke ghav pe marham jaisa tha woh

Hum sahme se rehte koovein mein
Woh nadiya mein gotae lagata
Ulti dhara cheer ke tairta tha woh

Baadal awara tha woh
Yaar humara tha woh
Kahan gaya usae dhoondo

Hum ko to raahein thi chalati
Woh khud apni raah banata
Girta, sambhalta,
Masti mein chalta tha woh

Hum ko kal ki fikr sataati
Woh bus aaj ka jashn manaata
Har lamhe ko khul ke jeeta tha woh

Kahan se aaya tha woh
Chhoo ke humare dil ko
Kahan gaya usae dhoondo

2. judul: Zoobi Doobi. yang mo dengerin via youtube, monggo kesini: http://www.youtube.com/watch?v=mlazIF_MUvs. yang mo nyedot mp3-nya, dimari: http://www.radioreloaded.com/download/?35637

lirik:
Gungunati hain yeh hawayein
Gungunata hai gagan
Gaa raha hai yeh saara aalam

Zoobi do… param pum…

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Shaakhon pe pattey gaa rahe hain
Phoolon pe bhanvre gaa rahe
Deewani kirine gaa rahi hain
Yeh panchhi gaa rahe

Ohhh..
Bagiya mein do phoolon ki
Ho rahi hai guft-gu
Jaisa filmon mein hota hai
Ho raha hai hu-bahoo

Iiiii iii..

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Rimjhim rimjhim rimjhim
San san san san hawaa
Tip tip tip tip boondein
Gurrati bijliyaan

Bheegi bheegi saree mein
Yun thumke lagati tu
Jaisa filmon mein hota hai
Ho raha hai hu bahoo

Ii ii iii ii

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Amber ka chand zameen par
Itra ke gaa raha
Ek tim tim toota tara
Ithla ka gaa raha
Hai raat akeli tanha
Mujhe choo le aake tu

Jaisa filmon mein hota hai
Ho raha hai hubahoo

I i i iii..

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

Zoobi doobi zoobi doobi pum paara
Zoobi doobi param pum
Zoobi doobi zoobi doobi naache kyun
Paagal stupid mann

3. judul: Give Me Some Sunshine. youtube, liat sini: http://www.youtube.com/watch?v=ZPtu4HUTWtw. mp3, sedot sini: http://www.radioreloaded.com/download/?35634.

lirik:
Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Kandhon ko kitabon
Ke bojh ne jhukaya
Rishvat dena to khud
Papa ne sikhaya
99% marks laaoge to ghadi, varna chhadi

Likh likh kar pada hatheli par
Alpha, beta, gamma ka chaala
Concentrated H2SO4 ne poora
Poora bachpan jalaa daala

Bachpan to gaya
Jawani bhi gayi
Ek pal to ab humein
Jeene do jeene do

Bachpan to gaya
Jawani bhi gayi
Ek pal to ab humein
Jeene do jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….
Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….

4. judul: Jaane Nahin Denge. youtube: http://www.youtube.com/watch?v=HW22gL-sxjM. mp3, ini: http://www.radioreloaded.com/download/?35635.

lirik:
jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin
jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin

chahe tujhko rab bulaa le
hum na rab se darne waale
raahon mein dat ke khade hain hum
yaaron se nazrein chura le
chahe jitna dum lagaa le
jaane na tujh ko aise denge hum

jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin
do kadam ka yeh safar hai
umr chhoti si dagar hai
ek kadam mein ladkhadaya kyoon
sunn le yaaron ki yeh baatein
beetengi sab ghum ki raatein
yaaron se rootha hai saale kyoon

jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin
jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin

maa ne khat mein kya likhaa tha
jiye tu jug jug yeh kaha tha
chaar pal bhi jee na paaya tu
yaaron se nazrein milaa le
ek baar tu muskura de
uth ja saale yun sataata hai kyoon…

jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin
jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin
jaane nahin denge tujhe
jaane tujhe denge nahin

5. masih banyak yang lainnya. monggo di googling sendiri. wkwkwkwkwk 😆

Tags:

monggo, yang mo jadi orang “idot” (hehe), silakan nonton film 3 idiots. bagus ato enggak filmnya, baru ente bisa nilai kalo ente-ente semua udah pada nonton. ya toh? okelah kalo begitu, karena ane gak mau buat reviewnya, ane kasih link reviewnya aja.

ini:
http://ilmanakbar.dagdigdug.com/2010/02/12/ikuti-kata-hatimu-3-idiots-film-india-dengan-segudang-inspirasi/

nieh:
http://hangganuarta.com/3-idiots.html

ato:
http://deblogger.org/2010/02/27/berkaca-mengenai-pendidikan-dari-3-idiots/

kick andy:
http://kickandy.com/corner/2010/03/08/1842/21/1/5/3-Idiots

juga:
http://www.ginanjar.com/film-3-idiots-find-your-passion-and-live-with-it/

atawa:
http://suzannita.wordpress.com/2010/03/23/hidup-adalah-perlombaan-all-is-well/

or:
http://jemarihaqi.wordpress.com/2010/01/15/3-idiots/

/
http://indah.web.id/2010/03/27/all-is-well/


juga ini:
http://sayabilangfilm.wordpress.com/2010/02/15/3-idiots/#comment-171

nah, kalo review yang satu ini, benar-benar review yang paling “idiot”. wkwkwkwkwkwk:
https://alymerenung.wordpress.com/2010/03/27/3-idiots/

kenapa ane gak mo nulis reviewnya? karena terlalu banyak yang akan bisa dituliskan. ga cukup hanya lewat blog. wkwkwkwkwkwkwkwk

Tags:

Total Kunjungan:

  • 660,750 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: