Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Ayat dan Hadits’ Category

Pagi. Iri hati pd nikmat yg diberikan org lain adl satu bentuk kekerdilan pikiran.

Org kerdil gampang iri hati pd nikmat yg diberikan org lain. Org besar sebaliknya, gampang bersyukur saat melihat org lain senang.

Percayalah bahwa Allah telah mengatur pemberian rizki pd manusia dgn sebaik-baik dan seteliti-telitinya pengaturan.

Berhati-hatilah karena dgn iri hati, berarti qt tdk ridho dgn ketetapan yg Allah gariskan pd kita dan org lain.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain.” (An-Nisa 32)

Sudah jelas Allah melarang qt utk iri hati pd org lain. Iri hati hanya merusak diri qt dan tak ada untungnya sama sekali utk qt.

Mari belajar berjiwa besar & berlapang dada pd nikmat yg Allah berikan utk org lain. Ucapkan, “Alhamdulillah” saat org lain beroleh nikmat.

Tanyakan, “Apakah iri hati sy ini penting utk saya?”, saat chanel iri hati mulai merasuk ke dlm pikiran.

Jangan habiskan wkt utk iri hati pd org lain. Habiskan wkt utk bersyukur atas segala nikmat yg Allah berikan pd kita.

Pikirkan betapa Allah masih sayang pd kita. Allah telah berikan qt kehidupan, kesehatan, fisik yg sempurna, akal sehat, dll.

Fokus pd nikmat dan kelebihan2 yg Allah beri pd kita. Insya Allah nanti Allah tambah nikmatnya jk qt pandai2 bersyukur.

Dgn gampang bersyukur dan tak mudah iri hati pd org lain, berarti qt telah membangun satu kehidupan surga dlm pikiran qt.

Iri hati-lah terus menerus pd org lain, maka qt telah menciptakan lautan neraka di dlm pikiran. Dan hidup pun terasa sulit.

“Sungguh iri hati akan menghabiskan seluruh perbuatan kebaikanmu bagaikan api yang membakar kayu bakar” (Hadits)

Ya Ikhwah, mau kah seluruh kebaikan qt habis hanya karena iri hati qt pd nikmat yg Allah beri utk org lain?

Rasul jg mewanti-wanti qt bhw tiga manusia yg hidupnya akan celaka dunia akhirat yakni: yang takabur, IRI HATI, serakah.

Cukuplah kisah Qabil & Habil berikan qt pelajaran akan bahaya IRI HATI pd diri kita dan org lain. Sekian 🙂

Tags:

Bismillah, pagi ini mw bahas sedikit hadits ttg wanita yg diciptakan dr tulang rusuk yg cenderung bengkok.

Wanita diciptakan dr tulang rusuk. Jk ingin meluruskannya mk engkau akan mematahkannya, jk membiarkannya mk akan tetap bengkok (HR Bukhari)

Seperti itulah tabiat (watak) seorang wanita: seperti tulang rusuk. Yg kl qt luruskan, dia akan patah. Kl qt biarkan akan terus bengkok.

Maka cara bergaul yg baik menurut hadits tsb adl mempergauli wanita (istri) dgn selembut-lembutnya.

Jangan terlalu kasar yg menyebabkan ia patah (rusak), juga jangan membiarkannya yg menyebabkan ia bengkok (melenceng).

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kaum hawa (wanita) cenderung berpikir menggunakan perasaan.

Sedang kaum adam lebih dominan berpikir menggunakan logika akal.

Maka kaum wanita akan sangat mudah terpengaruh dgn hal2 yg berbau emosi (perasaan).

Dan karenanya terkadang, keputusan2 tsbt cenderung tdk objektif. Karena unsur emosi (perasaan) cenderung lbh dominan ketimbang logika.

Itu jg mengapa yg namanya pemimpin dlm rumah tangga jatuhnya di tangan suami, bukan di tangan istri.

Sebab disamping faktor pria lbh kuat secara fisik, jg karena pria bs berpikir lbh objektif menggunakan akalnya.

Tentu akan sangat repot jk setiap permasalahan harus dihadapi dgn perasaan.

Itu jg mengapa kriteria imam (pemimpin) dlm islam salah satunya adalah laki-laki. Bukan masalah diskriminasi, tp masalah kodrat.

Pahamlah qt sekarang mengapa kuasa perceraian itu adanya di tangan suami, bukan istri. Nyambung jg kan?

Kultwit singkat ini bukan utk mendiskreditkan kaum hawa. Biar bagaimana pun, kaum adam ttp butuh kaum hawa.

Dibalik pria-pria besar, akan selalu ada wanita2 besar yg mendampingi. Sekian 🙂

Pagi, mereka yg tak berniat baik pd negara, adl mereka yg ambisi pribadinya jauh di atas segala2nya.

Mereka ingin jd pemimpin, tp motivasi mereka adl karir, uang, terkenal dan disegani.

Perhatikan track reccord mereka, apa yg mereka katakan, bagaimana kiprahnya di tengah masy, jg tataplah wajah mereka dlm2.

Adakah aura kebohongan pd mata dan wajah mereka? Terkadang mulut bs dimanis dgn kata2, tp wajah adl ekspresi kenyataan.

Mereka yg ambisinya utk jd pemimpin karena ambisi pribadi, tak mengerti akan hakikat kepemimpinan.

Bahwa kepemimpinan qt ini seluruhnya harus qt pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT kelak.

“Kami menuliskan apa-apa yang mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan.” (Yaasiin 12)

Pemimpin yg ambisius (pribadi), adl pemimpin yg bervisi pendek, cetek dan dangkal. Not recomended utk dipilih.

Dan pemimpin yg baik adl pemimpin yg niat awalnya baik dan benar karena niatnya ingin ibadah pd Allah SWT.

Rasulullah SAW telah mengatakan agar qt tidak memilih seseorang menjadi pemimpin karena ybs menginginkannya.

“Sesungguhnya kalian nanti akan sangat berambisi terhadap kepemimpinan, padahal kelak di hr kiamat ia akan jadi penyesalan” (HR Bukhari)

“Kami tdk menyerahkan kepemimpinan ini pd orang yg memintanya & tdk pula pd org yg berambisi utk mendapatkanny” (HR. Bukhari)

Org yg memimpin karena ambisi pribadi jelas lebih mudah utk stres ketimbang yg niatnya ikhlas karena Allah.

Ratusan bahkan milyaran rp mereka habiskan agar bs jadi anggota DPR. Segala cara dihalalkan. Begitu kalah, potensi stresnya besar.

Bandingkan dgn org yg niatnya maju karena ingin dakwah. Mereka dimajukan atas desakan jamaah, bukan keinginan sendiri.

Kalaupun terburuknya sampai kalah, insya Allah potensi stresnya gak separah yg pertama tadi.

Ringan saja dia jalanin semua. Toh yg dia lakukan adl ibadah pd Allah. Dan ibadah tak dilihat dr hasil, tp PROSES.

“Wallahu’alam bissawab” (Dan Allah lebih mengetahui yg sebenar2nya). Sekian

Tags:

Iseng-iseng saya buatkan catatan materi “Memahami Dakwah dan Keutamaannya” yang akan saya sampaikan ke binaan-binaan saya di SMAN 13 Jakarta Utara. Mereka kelas tiga SMA sekarang. Mohon doa dari para pembaca sekalian agar Allah senantiasa memberikan hidayah utamanya pada saya dan binaan-binaan saya. Jzklh khairan katsir 🙂

Kenapa kita harus berdakwah?

“Nahnu Du’at Qabla Kulli Syai’in” (Kita adalah penyeru/dai sebelum menjadi apapun) –Syaikh Umar Tilmisani. Mursyid ‘Aam ke-3 IM-

Maksud dari kalimat di atas adalah bahwa kita ini punya “profesi” sebagai seorang dai terlepas apapun pekerjaan atau aktivitas kita. Dan ini berlaku sampai kapanpun setelah kita Memahami Dakwah dan Keutamaannya.

Ikhwah fillah, mari kita lihat realitas masyarakat kita hari ini. Utamanya umat Islam. Pengangguran, kelaparan, pemerkosaan, pembunuhan, peperangan, pemurtadan,
tawuran, narkoba, tayangan-tayangan merusak, hutang negara yang setumpuk, korupsi, banjir, macet, dll.

Butuh orang-orang yang bisa memberikan telaga untuk kedamaian umat manusia. Dan orang itu adalah kita. Orang-orang yang telah terbina.

Dakwah harus dimulai dari diri kita sendiri. Dakwahi diri kita, keluarga kita, teman-teman kita, masyarakat kita. Biarlah Allah yang balas pahalanya.

Lantas, apa itu dakwah?
Menurut bahasa berasal dari kata “doa” yang berarti seru atau ajak
Menurut istilah berarti menyeru ataupun mengajak manusia untuk beriman dan beribadah kepada Allah SWT dengan melakukan perkara yang disuruh dan
meninggalkan laranganNya.

Dalam implementasi di kehidupan sehari-hari, kita kudu fleksibel dalam berdakwah. Dakwah harus sampai ke semua lapisan masyarakat, baik tua ataupun muda, kaya
ataupun miskin, pria ataupun wanita. Masing-masingnya memiliki pendekatan yang berbeda-beda.

Pak Tiffatul Sembirin pernah bilang, “Yang harus kita sampaikan adalah: (1) Islam, (2) dakwah, dan baru (3) partai. Yang no. 3 hanya kendaraan untuk menyampaikan
yang no. 1 dan 2. Kalau yang no. 3 tidak dibicarakan, asal yang no. 1 dan 2 tersampaikan tak mengapa. Tapi kalau sebaliknya, tidak benar.”

Beberapa keutamaan dakwah?
1. Dakwah adalah Muhimmatur Rusul (Tugas Utama Para Rasul alaihimussalam)
Katakanlah (Hai Muhammad): “Inilah jalanku: aku dan orang-orang yang mengikutiku berdakwah (mengajak kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (Yusuf (12): 108).

Nuh berkata: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah mendakwahi (menyeru) kaumku malam dan siang. (Nuh (71): 5).

Cerita tentang dakwah Nabi Ibrahim kepada ayah dan kaumnya yang menyembah berhala terdapat dalam surat (Asy-Syuara (26): 69-82).

Cerita tentang dakwah Nabi Musa pada Fir’aun terdapat dalam surat (Az-Zukhruf (43): 46-47).

Cerita tentang dakwah Nabi Isa pada umatnya terdapat dalam surat (Az-Zukhruf (43): 63-64).

2. Dakwah adalah Ahsanul A’mal (Amal yang Terbaik)
Kenapa? Karena esensi dari dakwah adalah menyeru manusia untuk taat pada Allah. Dan taat pada Allah adalah jalan menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (Fushilat (41): 33).

Sayyid Quthb rahimahullah berkata dalam Fi Zhilal Al-Quran: “Sesungguhnya kalimat dakwah adalah kalimat terbaik yang diucapkan di bumi ini, ia naik ke langit di depan kalimat-kalimat baik lainnya. Akan tetapi ia harus disertai dengan amal shalih yang membenarkannya, dan disertai penyerahan diri kepada Allah sehingga tidak
ada penonjolan diri di dalamnya. Dengan demikian jadilah dakwah ini murni untuk Allah, tidak ada kepentingan bagi seorang da’i kecuali menyampaikan. Setelah itu tidak pantas kalimat seorang da’i kita sikapi dengan berpaling, adab yang buruk, atau pengingkaran. Karena seorang da’i datang dan maju membawa kebaikan, sehingga ia berada dalam kedudukan yang amat tinggi…” (Fi Zhilal Al-Quran 6/295).

3. Dakwah memiliki keutamaan yang besar karena para da’i akan memperoleh balasan yang besar dan berlipat ganda (al-hushulu ‘ala al-ajri al-‘azhim).
Sabda Rasulullah saw kepada Ali bin Abi Thalib: “Demi Allah, sesungguhnya Allah swt menunjuki seseorang dengan (dakwah)mu maka itu lebih bagimu dari unta merah.” (Bukhari, Muslim & Ahmad).
Ibnu Hajar Al-‘Asqalani ketika menjelaskan hadits ini mengatakan bahwa: “Unta merah adalah kendaraan yang sangat dibanggakan oleh orang Arab saat itu.”

“Wahai Ali, sesungguhnya Allah swt menunjuki seseorang dengan usaha kedua tanganmu, maka itu lebih bagimu dari tempat manapun yang matahari terbit di atasnya  (lebih baik dari dunia dan isinya). (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak).

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

Berapakah jumlah malaikat, semut dan ikan yang ada di dunia ini? Bayangkan betapa besar kebaikan yang diperoleh oleh seorang da’i dengan doa mereka semua!

Imam Tirmidzi setelah menyebutkan hadits tersebut juga mengutip ucapan Fudhail bin ‘Iyadh yang mengatakan:
“Seorang yang berilmu, beramal dan mengajarkan (ilmunya) akan dipanggil sebagai orang besar (mulia) di kerajaan langit.”

4. Dakwah dapat menyelamatkan kita dari azab Allah swt (An-Najatu minal ‘Azab)
Tugas orang-orang beriman adalah berdakwah. Dan apabila dakwah telah disampaikan, maka terlepaslah tanggung jawabnya di hadapan Allah swt sehingga ia terhindar dari adzab Allah.

Dari Hudzaifah bin Yaman ra dari Nabi Muhammad Saw beliau bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian harus melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, atau Allah akan menurunkan hukuman dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya dan Dia tidak mengabulkan doa kalian.” (HR Tirmidzi, beliau berkata: hadits ini hasan).

5. Dakwah adalah Jalan Menuju Khairu Ummah (umat terbaik dan umat pilihan)
Rasulullah saw berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menjadi umat terbaik sepanjang zaman dengan dakwah beliau. Dakwah secara umum dan pembinaan kader secara khusus adalah jalan satu-satunya menuju terbentuknya khairu ummah yang kita idam-idamkan. Rasulullah saw melakukan tarbiyah mencetak kader-kader dakwah di kalangan para sahabat beliau di rumah Arqam bin Abil Arqam ra, beliau juga mengutus Mush’ab bin Umair ra ke Madinah untuk membentuk basis dan cikal bakal masyarakat terbaik di Madinah (Anshar).

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (Ali Imran (3): 110).

Ayat lain tentang dakwah:

1. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Merekalah orang-orang yang beruntung” (Ali-Imran: 104)

Nah, ikhwah fillah sekalian, untuk bisa berdakwah, maka kita perlu bekal. Semakin banyak bekal yang kita miliki, semakin banyak yg bisa kita beri, semakin besar pula
kemungkinan dakwah kita berhasil.

Akan tetapi, dalam berdakwah, pegangan kita satu yaitu proses. Urusan hasil itu udah domainnya Allah. Yang harus kita lakukan hanyalah terus bekerja secara
maksimal disertai dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWT berkenan menerima amal dakwah kita dan memberikan keberkahan pada
hidup kita. Aamiin 🙂

Setelah kita paham tentang dakwah dan keutamaannya, lantas apa yang harus kita lakukan?
1. Perbanyak bekal
2. Komitment dengan tarbiyah (liqo dll)
3. Mulailah membina
4. Jadilah pelopor kebaikan dimanapun kita berada: di rumah, sekolah, organisasi, masyarakat, dll
5. Ikhlaskan hasilnya pada Allah SWT

Sekian 🙂

“Umur Satu Cita, Jauh Lebih Panjang Daripada Umur Orang” (HAMKA)

Penggalan kalimat di atas ditulis oleh Prof Buya Hamka dan dimuat di majalah Hikmah 11 Desember 1954 pada rubrik luar negeri – dunia Islam dalam tulisannya berjudul “Tjita-tjita Al-Ichwanul Muslimin Tetap Hidup”

Kini, selang 60 tahun kemudian, qt mendapati kenyataan bahwa apa yg beliau (Hamka) katakan adalah benar adanya. Cita-cita untuk menjadikan Mesir hidup mulia di bawah panji Islam yang digelorakan Ikhwanul Muslimin lewat pendirinya Imam Syahid Hasan Al-Banna masih tetap hidup dan akan terus hidup meski sang imam telah syahid pada tanggal 12 Februari 1949. Dan akan menemukan momentum sejarahnya cepat atau lambat, insya Allah.

Seperti yang kita ketahui, sejak didirikan di tahun 1928, Ikhwanul Muslimin sudah 3 kali dibubarkan oleh otoritas pemerintahan Mesir hingga saat ini. Pertama di tahun 1948, kedua di tahun 1954, dan teranyar di tanggal 29 September 2013 yang lalu. Tentu tuduhannya bermacam-macam. Tapi semua tuduhan itu hanyalah akal bulus pihak militer dan kaum sekuler-liberal-koptik untuk tetap melanggengkan kekuasaan serta tidak ingin membiarkan kaum Muslimin berkuasa di Bumi Mesir.

Sejarah Ikhwanul Muslimin adalah sejarah tentang keteguhan, kesabaran dan pengorbanan para qiyadah (pemimpin) dan kader-kadernya. Hukuman gantung, penjara seumur hidup, penyiksaan dan pembunuhan, adalah episode yang mewarnai latar perjuangan hidup menegakkan kebenaran di negeri mereka.

Merefleksikan sejarah Ikhwanul Muslimin ini, kita akan dapati satu aksioma hidup yang harus dipegang oleh aktivis Islam di seluruh dunia bahwa cita-cita yang besar nan luhur, tak kan pernah mati meski menghadapi makar sehebat apapun dan selama apapun. Dan Ikhwanul Muslimin akan membuktikan itu di Mesir cepat atau lambat.

Bukankah Rasullah SAW pernah bersabda: “Akan senantiasa ada dalam umatku, golongan yang senantiasa menegakkan kebenaran, musuh-musuh mereka tidak mampu membahayakan mereka saat Allah menentukan urusannya” (HR Bukhari Muslim)

Maka teruslah berjuang wahai tentara Allah. Mari senandungkan lirik nasyid berikut dalam hati sanubari kita yang terdalam:
“Kami adalah tentara Allah, siap melangkah menuju ke medan juang / walau tertatih kaki ini berjalan / jiwa perindu syahid tak akan tergoyahkan / wahai tentara Allah bertahanlah / jangan menangis walau jasadmu terluka / sebelum engkau bergelar syuhada / tetaplah bertahan dan bersiap siagalah”

Allahu Akbar …

  • hati-hati lho saat ungkapkan rasa #CINTApada seseorang!!
  • kenapa harus hati2 saat ungkapkan rasa#CINTA pada seseorang (lawan jenis)?
  • karena kata #CINTA itu mengandung makna yg sangat berat dan dalam.
  • hakikat #CINTA itu memberi.
  • mk saat Anda mengatakan: “Aku #CINTApadamu”. berarti kita mengatakan: “Aku siap memberi kamu apapun yg aku punya. aku siap menumbuhkanmu”
  • “aku siap membuatmu lbh baik. aku siap menafkahimu. aku siap menanggung semua bebanmu. aku akan melindungimu dr segala mara bahaya”. #CINTA
  • pertanyaannya adl: “siapkah/mampukah Anda melakukan semua itu tatkala Anda mengatakan bhw Aku #CINTA Padamu?”
  • kl gak siap/gak mampu, ya jangan coba2.#CINTA
  • kalo gitu, gak boleh pacaran dong??#CINTA
  • ehmm,,sebelum dilanjutkan, sy mau tanya: “siapa di sini yg punya pacar ayoo??” #CINTA
  • ini mau jawabannya gimana ini, menurut agama atau menurut apah? #CINTA
  • kl menurut agama ya jelas gak boleh..#CINTA
  • Isya dolo tuips. nanti kita lanjutkan pembahasan tentang #CINTA#eaaa
  • kenapa dlm agama pacaran dilarang?#CINTA
  • jawabannya krn pacaran itu cenderung mendekati zina. #CINTA
  • ada yg protes kl saya katakan pacaran itu cenderung mendekati zina? #CINTA
  • skrg sy tanya, kl pacaran Anda biasanya ngapain? #CINTA
  • sepengamatan sy yg orang “cupu” ini: minimal sms-an pake kata sayang2an. bener gak? “aku cinta padamu. aku kangen kamu. rindu kamu”. #CINTA
  • naik ke atas biasanya jalan berdua, entah itu shopping, jalan2, ke kantin, belajar, dsbg. #CINTA
  • kl dah jalan berduaan, pegangan tangan gak biasanya? #CINTA
  • pastilah pegangan tangan. masak pacaran jauh2an. ngambekk?? #CINTA
  • kl pegangan tangan, sentuhan kulit gak? *pertanyaanbodohnih #CINTA
  • padahal di dlm hadits Nabi Muhammad tdk pernah bersentuhan kulit dgn yg bukan muhrimnya. #CINTA
  • isyarat dong dr Nabi kl kita itu sebenernya gak boleh sentuhan dgn lawan jenis yg bukan muhrim. #CINTA
  • hadits yg lain bilang: “lebih baik deh pegang bara api yg panas daripada sentuhan kulit dgn yg bukan muhrim”. dosanya besar tuips..#CINTA
  • satu lg hadits: “ditusuk kepala qt pake besi yg panas msh lbh baik ketimbang sentuhan kulit dgn yg bukan muhrim”. huhhh,, #CINTA
  • eksrim kah?? tapi bukan ajaran teroris lhooo.. cc @Metro_TV #CINTA
  • naik ke tingkatan selanjutnya, abis jalan2 berduaan biasanya ngapain lagi? #CINTA
  • yg lebih tinggi deh: ciuman? #CINTA
  • yg lebih tinggi dari ciuman apa coba?#CINTA
  • yg lebih tinggi dari ciuman adl zina sesungguhnya. astaghfirullahalazhim. qt berlindung pd Allah agar dijauhkan.#CINTA
  • hukumannya adl dicambuk dan dirajam (dilempari batu) sebanyak 100 kali. allahu akbar.. #CINTA
  • serem yah tuips..kok tuit saya kayaknya serem banget yah.. sy juga ngerih dan takut. padahal kultwit ttg #CINTA. kok ujung2nya pake dirajam
  • iya tuips, pada dasarnya agama kita tdk melarang seseorang untuk jatuh cinta. itu fitrah. kl dilarang malah yg gak bagus jadinya. #CINTA
  • hanya saja, yg namanya #CINTA ini harus kita kemas dlm koridor yg syar’i. sesuai dgn tuntunan agama lah. insyaAllah selamat. #CINTA
  • segitu dulu ya tuips cerita ttg #CINTA nya. laaapeerrrrr!!
  • Td sore sharing2 ke anak2 SMA ttg “Cinta Dalam Koridor Islam”. Selanjutnya akan sy singkat #CDKI. Sy kultwit kan yah sedikit. Sila simak
  • Bahasan sy mulai dgn definisi dr cinta. Sy tanya tuh satu2 ttg arti cinta. Btw, dr total 5 orang, satu di antaranya pacaran. #CDKI
  • Ada yg mengatakan, “cinta sulit diungkapkan dgn kata2”, “cinta adl ungkapan hati yg terdalam”, “cinta adl ungkapan sayang”, dll. #CDKI
  • Saya tdk mengatakan bhw jwbn mereka benar atw salah. #CDKI
  • Saya hnya mengutipkan kata2 seorang sastrawan Eric Fromm dlm bukunya The Art of Loving bhw cinta terlalu rumit untuk didefinisikan. #CDKI
  • Sehingga tokoh sekaliber Eric Fromm pun enggan atau bahkan tak sanggup untuk mendefinisikan arti dari kata CINTA ini. #CDKI
  • Cinta adl satu kata lima huruf yg punya ribuan makna dan rasa di dalamnya. #CDKI
  • Kita mungkin tdk bs mendefinisikan arti kata cinta, tp kita bs mengetahui cara kerjanya. #CDKI
  • ibarat angin yg bertiup di muka bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat manusia merasakan semilir surgawi. #CDKI
  • atau, ibarat mentari yg menyinari bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat bumi ini terang benderang. #CDKI
  • cinta ini adl kekuatan maha dahsyat yg mampu memindahkan gunung dari satu pulau ke pulau lain. #CDKI
  • atau mengubah lahar panas jadi es yang membeku. seperti itulah dahsyatnya kekuatan cinta. #CDKI
  • tapi pertanyaannya, cinta yg seperti apa yg dibenarkan dalam agama (Islam)? #CDKI
  • untuk menjawabnya, mari kita mulai dari hirarki (tingkatan) cinta. jadi bukan cuma sekolah aja yg punya hirarki. cinta jg punya. #CDKI
  • suatu ketika Umar bin Khattab menemui Rasulullah Muhammad SAW. lantas berkata: #CDKI
  • “Ya Rasulullah, aku cinta padamu melebihi cintaku pd semua orang selain diriku”. Rasulullah lantas menjawab: #CDKI
  • “Tidak, engkau harus mencintaiku melebihi cintamu pd dirimu sendiri”. #CDKI
  • karena kita ini adl makhluk ciptaan Allah SWT dan nabi Muhammad pun bagian dari ciptaan-Nya, maka hirarkinya adl sbg berikut: #CDKI
  • bahwa cinta pd Allah SWT harus menempati urutan teratas dr sekian banyak anak2 tangga cinta. #CDKI
  • menyusul kemudian adl cinta kita pd Nabi Muhammad SAW selaku org yg paling berjasa mengenalkan Islam bagi penduduk bumi. #CDKI
  • baru deh yg lainnya ngikutin. bisa cinta pada: ortu, suami/istri, anak2, murid2 (@skharisma2 @Aretasabil @NadiaIndrS30), dll. #CDKI
  • dengan hirarki cinta seperti ini, maka perasaan kita akan tertata sedemikian sehingga menimbulkan keharmonisan dlm relung jiwa kita. #CDKI
  • cinta pd ortu, istri, anak, saudara, dll akan menjadi lurus saat qt membingkainya dlm satu wadah besar bernama cinta pd Allah SWT. #CDKI
  • kayaknya kurang asik ya kl gak nyantumin ayat dr Al-Qur’an. fokelah kl gitu saya kasih..hehe #CDKI
  • sila tengok surah Ali Imran ayat 14. ini ayat tentang koridor cinta dlm Islam. #CDKI
  • “dijadikan indah pd (pandangan) manusia kecintaan pada apa2 diingini, yaitu: wanita2, anak2, harta yg banyak dr jenis emas & wanita, #CDKI
  • kuda pilihan, binatang2 ternak & sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allah-lah tmpat kembali yg baik (surga)” #CDKI
  • ayat yg lain, sila simak surah At Taubah ayat 24. #CDKI
  • “katakanlah jk bapak2mu, anak2mu, saudara2mu, istri2mu, keluargamu, harta kekayaanmu, perdagangan, dan rmh2mu, …#CDKI
  • … lebih kamu cintai dr pada Allah dan Rasul-Nya serta jihad fisabilillah, mk tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya”. #CDKI
  • jelas yah dr kedua ayat di atas bhw cinta pd Allah SWT harus di atas segalanya. ini syarat agar cinta kita tdk sia2. #CDKI
  • segitu dulu yah tuips. ini blm sy jabarin lho ttg #pacaran dlm Islam. InsyaAllah di lain kesempatan. sekian. #CDKI

Total Kunjungan:

  • 639,820 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: