Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Ayat dan Hadits’ Category

  • Twips, gimana nih puasanya? Lancar yah? InsyaAllah mw coba live tweet ceramah #TarawihMUI2
  • Malem ini yg ceramah #TarawihMUI2 yaitu DR. Yunus Daud, ketua bidang pendidikan Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok.
  • Imam tarawih, Ust. Muhammad Yasin Al-Hafidz. #TarawihMUI2
  • DR. Yunus naik mimbar, siap ceramah..hehe #TarawihMUI2
  • Beliau ini adl dosen Fisika UI. Bidangnya, geofisika. #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak hadirin untuk mensyukuri puasa pertama ini. Alhamdulillah,, #TarawihMUI2
  • Banyak org2 yg tak bs lg dipertemukan dgn Ramadhan thn ini. Qt masih bs, alhamdulillah #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak para hadirin tk mengevaluasi puasa qt sepanjang hari ini. Apakah sudah berkualitas? Tingkatkan #TarawihMUI2
  • Bagaimana dgn amalan2 lain: baca qurannya, shadaqohnya, tolabul ilminya, dll nya. #TarawihMUI2
  • Allah mengabulkan doa apa sj yg qt pinta di bln Ramadhan ini. InsyaAllah #TarawihMUI2
  • Perhatikan apa sj yg qt makan: kalori, protein, vitamin, gizi, dll nya. Perhatikan. #TarawihMUI2
  • Rasul tdk pernah menzhalimi perutnya, pola makan dan istirahatnya sehat. “Shaumlah, insyaAllah kalian sehat”. #TarawihMUI2
  • Taubat, istighfar, I’tikaf, perbanyaklah. Kencangkan ikat pinggang tk 10 mlm terakhir. #TarawihMUI2
  • Berlomba-lombalah dr mendapatkan ampunan Allah SWT di bln Ramadhan ini. #TarawihMUI2
  • Perintah puasa, targetnya adl menjadi org yg bertakwa terus menerus. #TarawihMUI2
  • Org yg bertakwa berarti org yg aktif: infak terbaik, memaafkan manusia, dll. #TarawihMUI2
  • Selesai. #TarawihMUI2 wasss..
  • Twips, malem pertama, pd tarawih di mana nih?? #TarawihJIC
  • Atau sudah ada yg tarawih dr semalam? #TarawihJIC
  • Saya pilih tarawih di malem yg pertama ini di Jakarta Islamic Center (JIC) Koja. #TarawihJIC
  • Di malam pertama ini, di JIC, yg pertama sampaikan ceramah langsung ketua JIC yaitu bpk Muhammad Sukanta M.Si #TarawihJIC
  • Imam tarawih, ust Muhtadi Al-Hafidz #TarawihJIC
  • pak Muhammad Sukanta mengajak hadirin sekalian untuk menyambut Ramadhan dgn hati yg riang gembira #TarawihJIC
  • Sesuai dgn hadits nabi bhw org yg gembira sambut Ramadhan, mk dirinya diharamkan masuk neraka. #TarawihJIC
  • beliau melanjutkan bahwa puasa ini dibagi jd tiga bagian: 1. Turunnya Rahmat Allah, 2. Ampunan Allah, 3. Dijauhkan dr neraka. #TarawihJIC
  • Beragam kegiatan dipersiapkan panitia puasa JIC selama satu bln full demi mendukung kesuksesan puasa para hadirin. #TarawihJIC
  • tarawih jamaah, ceramah tarawih, kuliah subuh, kuliah zuhur, kuliah maghrib, mabit, pengumpulan zakat, ta’jil n bnyk yg lain #TarawihJIC
  • Bahkan tgl 27 Juli akan ada tausiah dr ust Arifin Ilham #TarawihJIC
  • Beliau sampaikan bahwa ada dua tujuan JIC didirikan yaitu mengembangkan SDM umat islam dan pusat kajian ilmu keislaman #TarawihJIC
  • Demikian kultwit yg bs saya sampaikan. Skrg qt tarawih #TarawihJIC
  • Twips, lg ikut kajian bedah buku nih di Masjid UI Depok. mau coba live twit ah..simak yaw..hehe
  • Judul buku yg akan dibedah: #KhowatirQur‘aniyah oleh DR. Taufik Khulaini
  • #KhowatirQuraniyah dikarang oleh DR. Amru Khalid seorang bergelar insinyur. Org Mesir yg hafal Quran.
  • Tujuan dr pembuatan #KhowatirQuraniyah adl untuk memudahkan org2 memahami Quran.
  • Amru Khalid pernah diusir dr Mesir krn dianggap berbahaya, dakwahnya diterima luas, tp pemimpin2 zalim di sn tak senang. #KhowatirQuraniyah
  • Gerakan Quran di Indonesia msh terbatas pd membaca, blm sampai pd tahap memahami makna. #KhowatirQuraniyah
  • Buku ini ditulis untuk memberikan spirit pd siapapun jg bahwa Quran itu mudah tk dipahami. Baca deh buku ini, hehe #KhowatirQuraniyah
  • Buku #KhowatirQuraniyah ini membantu qt memahami surat2 yg ada di dlm Quran.
  • Coba bc quran, jg baca buku #KhowatirQuraniyah, insyaAllah qt bs lbh memahami apa yg qt bc di Quran.
  • Tiga point dlm Quran berisi: Aqidah, Ibadah, Permohonan. #KhowatirQuraniyah
  • Banyak org bc Quran tp banyak jg yg gak percaya sepenuhnya pd Quran. Bahkan ada yg cenderung mengingkari. #KhowatirQuraniyah
  • Imani Quran secara keseluruhan, itulah yg terbaik. #KhowatirQuraniyah
  • Dlm surat Al-Baqarah, seluruh bidang2 kehidupan di bahas di sini. Pesan: jadikan Quran sbg pedoman hidup kl mao selamat #KhowatirQuraniyah
  • Permasalahan org Indonesia: mengharapkan kebaikan dr Quran tp tdk paham makna dr ayat2 di Quran. #KhowatirQuraniyah
  • Manusia bnyk yg tdk percaya kl Quran ini bs mengantarkan kesuksesan. #KhowatirQuraniyah
  • Al-Quran mudah dipahami dgn cara memahami garis2 besar yg ada di dalamnya. #KhowatirQuraniyah
  • Dlm surah Ali Imran, jangan percaya kl ada org yg mengatakan kl semua agama benar. Yg benar dan diridhai Allah hny Quran #KhowatirQuraniyah
  • Pahami Quran jangan hny mengandalkan loqika tp jg keyakinan #KhowatirQuraniyah
  • Garis besar surah An-Nisa: berbuatlah lemah lembut pd org2 lemah dan miskin. #KhowatirQuraniyah
  • Al-Maidah: Penuhi janji. Tepati janji, rizki qt akan dibukakan Allah. #KhowatirQuraniyah
  • Buku ini “wajib” dibeli. Anjuran sang ustadz. #KhowatirQuraniyah
  • Surah Al-An’am dr awal sampe akhir berisi ttg Tauhid. #KhowatirQuraniyah
  • Pentingkah Tauhid? Ini perkara yg paling penting dlm hidup. #KhowatirQuraniyah
  • Al-A’raf: pertentangan abadi antara yg haq (benar) dgn yg bathil. #KhowatirQuraniyah
  • Mulainya dr Adam VS Syaithon. Yg menang? Adam, krn dia cepet taubat. Perbanyaklah taubat. #KhowatirQuraniyah
  • Perseteruan ini akan tetap abadi hingga akhir zaman, pemenangnya? Al-Haq #KhowatirQuraniyah
  • Ada org yg berdakwah, ada jg yg bermaksiat. Selalu ada pertentangan. #KhowatirQuraniyah
  • Al-Anfal: Undang2 kemenangan. 1. Usaha maks, 2. Doa pd Allah. #KhowatirQuraniyah
  • Semua peperangan zaman Nabi bs menang krn Allah. #KhowatirQuraniyah
  • Bisa dibilang jg satukan hati dgn fisik. #KhowatirQuraniyah
  • Al-Anfal 1-40 ttg perang badar. #KhowatirQuraniyah
  • Kl mau sukses, bc surat Al-Anfal. #KhowatirQuraniyah
  • Jangan jadikan Quran sbg jimat. #KhowatirQuraniyah
  • Rasul kl perang, baju perangnya dobel. #KhowatirQuraniyah
  • At-Taubah: ya ttg taubat. Siapapun yg bertaubat pd Allah, Allah senang. #KhowatirQuraniyah
  • Yunus: Tidak ada yg dizhalimi oleh Allah. Semua sesuai dgn apa yg diperbuat. #KhowatirQuraniyah
  • Hud: Istiqomah dlm dakwah. Lanjutkan dakwah ini, lanjutkan. Rasul: “surat Hud membuat sy beruban”. #KhowatirQuraniyah
  • Ambillah pelajaran dr keistiqomahan Nabi Nuh AS. Yg dinilai bkn brp bnyk yg ikut, tp seberapa istiqomah. #KhowatirQuraniyah
  • Yusuf: Jangan pernah menganggap keburukan yg qt terima berarti selamanya buruk. Pun sebaliknya. #KhowatirQuraniyah
  • Selesai twips pembahasan materi, gak bs dibahas semua. Mending beli bukunya aja deh biar lebih lengkap..hehe #KhowatirQuraniyah
  • Closing statement dr ustadz: kita memiliki sesuatu yg sangat agung yaitu Quran. #KhowatirQuraniyah
  • Imam Safi’I ketika bln Ramadhan, yg lain ditinggalkan, hanya bc Quran. Sehari bs dua kali hatam. #KhowatirQuraniyah
  • Menghormati Al-Quran bukan dgn memajangnya dlm lemari, tp pahamilah Al-Quran tk dipraktekan. #KhowatirQuraniyah
  • Sekian live twit yg bs sy sampaikan, kurang lebihnya mhon maaf, was #KhowatirQuraniyah
  • Eng ing eng, “maksain” nulis via twitter meski sebenernya bs langsung buat tulisan lewat pc. Mau kultwit ttg‪ #MomentumRamadhan.
  • Gak terasa twips, insyaAllah lusa qt dh puasa kembali. Cepat yah wkt berlalu. Perasaan br kmrn puasa, skrg dh puasa lg‪ #MomentumRamadhan
  • Dah seberapa besar nih persiapannya? 10%, 20%, 50%, 80%, 90% atau bahkan dh 100%? #MomentumRamadhan
  • Baiklah, kl ngerasa blm nyiapin apa2 tk #MomentumRamadhan kali ini, ada baiknya qt mantapin hati qt tk total ibadah sebulan nanti.
  • “Barang siapa yg menyambut Ramadhan dgn gembira, Allah haramkan jasadnya dr neraka” (hadits). #MomentumRamadhan
  • Itu baru seneng dg kedatangannya aja dh diharamin msk neraka, apalagi sebln itu qt isi dgn full ibadah. Dapet apa kira2? #MomentumRamadhan
  • Salah satu tujuan dr puasa adl tk menjadikan qt pribadi TAKWA. See Al-Baqarah 183. #MomentumRamadhan
  • Apa itu pribadi TAKWA? Simpelnya adl takut pd Allah SWT.‪ #MomentumRamadhan
  • Takut untuk mengerjakan hal2 yg dilarang dan senantias bersemangat mengerjakan apa yg Ia perintahkan.‪ #MomentumRamadhan
  • Ini salah satu hal yg paling esensi dr hidup qt. Takwa ini bukan perkara main2. Sampe2 khatib jumat selalu ingatkan qt.‪ #MomentumRamadhan
  • Dlm wasiatnya, “Ya ayyuhan nas ittaqullah: Hai sekalian manusia, bertaqwalah kpd Allah”. #MomentumRamadhan
  • “Sesungguhnya yg paling mulia di antara kamu adl yg paling taqwa” (Al-Hujurat 13). #MomentumRamadhan
  • Jd derajat kemuliaan seseorang itu tdk diukur dr ketampanan (kayak sy..hehe..) / kecantikan wajah, #MomentumRamadhan
  • Tdk pula dr tingginya jabatan atau banyak harta kekayaannya. Tp diukur dr seberapa besar ketaqwaannya di sisi Allah SWT‪ #MomentumRamadhan
  • Ada kalanya orang biasa2 sj (rupa, harta n tahtanya) lbh mulia d mata Allah ketimbang org lain yg serba wah sepintas lalu #MomentumRamadhan
  • Tentu lbh baik lg jika rupa, harta, tahta serta ketaqwaan dibalut dlm 1 kesatuan yg mengagumkan. Cakep dah ni manusia.‪ #MomentumRamadhan
  • Nah #MomentumRamadhan ini menjadi sarana yg paling pas mengingat banyaknya keutamaan2 yg ia miliki dr bln2 yg lain.
  • Maka betapa ruginya qt jk tdk berusaha semaks mungkin tk menggoalkan cita2 qt (baca: TAKWA) lewat #MomentumRamadhan ini.
  • Yuk bulatkan tekad, satukan hati & iringi dgn amal nyata saat puasa esok bhw qt akn total ibadah semata-mata krn Allah.‪ #MomentumRamadhan
  • Semoga Allah menerima amal ibadah qt dan menjadikan qt pribadi TAKWA dambaan umat. Amin #MomentumRamadhan
  • Oh ya, sebelum puasa, sy minta maaf ya tk segala khilaf dan salah yg pernah terbuat. Biar pusanya tambah berkah. Hehe‪ #MomentumRamadhan

Sabtu tanggal 28 April 2012 bada Isya yang bertepat di Masjid Babussalam komplek Walikota Jakarta Utara saya menghadiri acara bertema: “Konsolidasi Pengurus dan Kader PKS Jakarta Utara Untuk Memenangkan Hidayat Didik Satu Putaran”. Acara ini dihadiri oleh DR. Hidayat Nur Wahid serta Adang Daradjatun. Pekik takbir dari ribuan kader-kader PKS se-Jakarta Utara turut menyambut kehadiran mereka berdua. Gemuruh takbir inilah yang membuat bulu kuduk saya merinding dan tiba-tiba saja, ada kedamaian dalam hati ini. Dari situ, sekonyong-konyong rasa optimisme melingkupi diri ini dengan satu tekad: Memenangkan pasangan Hidayat Didik satu putaran saja. Insya Allah.

Acara ini pun dihadiri oleh Ust. Abu Ridha yang bertindak sebagai penceramah. Di dalam salah satu pesannya, beliau mengatakan: “Untuk memenangkan pasangan Hidayat Didik ini, kita memerlukan setidaknya dua dukungan. Pertama adalah dukungan dari Allah SWT. Ini mutlak sifatnya. Dan oleh karena itu, menjadi keharusan bagi seluruh kader-kader PKS untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT. Kedua adalah dukungan publik. Ini bisa kita peroleh apabila kita bekerja secara profesional di tengah-tengah masyarakat. Dua hal inilah yang membuat kita menang dalam satu putaran”. Sontak, gemuruh takbir lagi-lagi berkumandang di aula Masjid Babussalam.

Sebelum bang Dayat (sapaan akrab DR. Hidayat Nur Wahid) naik ke atas panggung untuk memberikan orasinya, tak lupa salah satu kader terbaik yang pernah diusung PKS di pilkada DKI periode sebelumnya yaitu Adang Daradjatun turut memberikan sambutan. Ia berterima kasih pada kader-kader PKS Jakarta Utara yang telah bekerja keras sehingga ia sekarang diamanahi sebagai anggota DPR RI untuk daerah pilihan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Dalam sambutannya itu beliau memamparkan tanggung jawabnya sebagai anggota DPR RI dari fraksi PKS serta sebagai kader dari PKS itu sendiri. Beliaupun turut mendukung pemenangan bang Dayat untuk gubenur DKI Jakarta periode 2012-2017. Beliau mengatakan, “Ada tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pertama, bermoral mulia. Kedua, intelektualitas yang tinggi. Ketiga, fisik yang prima. Dan ketiganya ini telah dimiliki oleh bang Dayat”. Sontak, pekik takbir membahanan menembus atap-atap langit aula Masjid Babussaslam.

Saat bang Dayat maju dan naik ke atas podium, hati saya bergetar. Salah seorang kader terbaik PKS kini ada di hadapan saya. Jalannya begitu berwibawa. Jelas ia memiliki kharisma yang tidak dimiliki pemimpin-pemimpin lain di republik ini. Jangan tanyakan perihal pemahaman agamanya karena beliau bukan lagi ulama berkaliber regional. Beliau adalah ulama yang disegani di seantero dunia. Pemimpin-pemimin Islam dari negara manapun, pasti mengenal beliau. Basic agamanya, yang ia mulai dari pondok pesantren gontor hingga bisa menggondol gelar S1, S2 dan S3 di Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia jelas mengisyaratkan pada kita bahwa ia bukan sembarang pemimpin Islam. Ia adalah pewaris para nabi untuk umat manusia seluruhnya. “Ulama adalah pewaris para nabi”. (HR. At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda radhiallahu’anhu).

Tugasnya di DPR yang merupakan Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI periode 2009-2014 membuatnya sangat-sangat terbiasa berjumpa dengan presiden-presiden, perdana menteri, raja-raja, dubes-dubes serta petinggi-petinggi dari negara lain. Beliau telah berkeliling ke seantero jagat untuk menjalin kerjasama dengan negara lain demi kemajuan bangsa Indonesia. Beliau bukan lagi tokoh kaliber Jakarta, tapi tokoh kaliber dunia. Banyak orang berkata untuk menurunkan derajat beliau dengan mengatakan, “Hidayat Nur Wahid turun gunung. Ia rakus jabatan. Dari ketua MPR sekarang berambisi jadi gubernur Jakarta”. Dengan enteng beliau menjawab: “Kami di tunjuk oleh parta (majelis syuro PKS), bukan atas ambisi pribadi. Penunjukan kami sendiri last minute yaitu beberapa jam sebelum penutupan cagub cawagub Jakarta. Di PKS kami sudah terbiasa untuk ditempatkan di posisi manapun karena bagi kami, kerja di PKS adalah pengabdian untuk bangsa dan negara. Lantas dimana unsur ambisinya?”.

Pada tahun 2004, PKS menang untuk wilayah Jakarta. Siapa presiden PKS pada saat itu? Jawabannya adalah Bang Dayat. Siapa ketua MPR periode 2004-2009? Lagi-lagi, jawabannya adalah Bang Dayat. Dengan seabrek pengalaman ini, insya Allah Bang Dayat pasti mampu memimpin dan membawa Jakarta menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Kalo kata orang: “Udah soleh, berkarakter, ulama, sederhana, merakyat, jujur, bersih, dan terbukti kepemimpinannya. Masa gak kita pilih pemimpin yang kayak gini? hehehe”.

Dalam orasinya itu, bang Dayat menyampaikan bahwa Jakarta ini bukan hanya ibu kota Indonesia. Tapi ia juga merupakan ibu kota ASEAN karena kantor sekjen ASEAN ada di Jakarta. Mimpinya adalah menjadikan Jakarta yang Jayakarta serta bisa mengalahkan Bangkok yang merupakan ibu kota Thailand serta mengalahan Singapura dan Kuala Lumpur. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa mimpi-mimpi ini sangat mungkin dan sangat-sangat realistis untuk diwujudkan. Kita memiliki semua sarana untuk menjadikan Jakarta jaya di masa-masa yang akan datang. Amin.

Tak lupa beliau menanggapi isu-isu miring yang ditujukan untuknya dan PKS. Bahwa PKS itu merupakan kelompok GAM (Gerakan Anti Maulid) dan GAT (Gerakan Anti Tahlilan). Beliau mengatakan bahwa sewaktu istrinya meninggal, dirumanya diadakan tahlilan yang dipimpin oleh ulama-ulama besar Indonesia selama seminggu full. Terkait dengan maulid, sudah tak terhitung banyaknya bahwa beliau menjadi pembicara/penceramah dalam acara-acara maulid di seluruh Indonesia.

Beliau juga mengkritisi kampanye yang dilancarkan oleh salah seorang cagub yang menjanjikan bahwa jika dirinya terpilih, maka gaji ketua RT dan ketua RW akan dinaikan sebesar Rp.50.000,00 sehingga gaji ketua RT menjadi Rp.700.000,00 dan gaji ketua RW menjadi Rp.900.000,00. Bang Dayat menimpali bahwa jika dirinya yang terpilih sebagai gubernur Jakarta, bukan hanya Rp.50.000,00 kenaikan yang akan diberikan pada ketua RT dan ketua RW. Tapi akan menggenapi gaji ketua RT menjadi Rp.1.000.000,00 dan Rp.1.250.000,00 untuk gaji ketua RW. Terkait dengan anggaran kesehatan, beliau akan menaikan dari yang semula dianggarkan hanya sebesar 600 milyar menjadi 1 triliyun. Terkait dengan pendidikan, beliau akan mengratiskan sekolah tidak hanya untuk tingkat SD-SMA Negeri, tapi juga swasta. Lagi-lagi, gemuruh takbir dan tepruk tangan kembali berdengung di santero aula Masjid Babussalam.

Terakhir, sebelum penutupan, acara diakhiri dengan doa bersama dan komitmen kader untuk memenangkan pasangan Hidayat Didik dengan segenap daya dan upaya serta mengorbakan tenaga dan harta. Rintik air mata menetes dari pelupuk mata kader-kader PKS Jakarta Utara saat doa dan komitmen diucapkan. Kami semua berdoa pada Allah agar Ia memberikan kesempatan pada kami untuk memimpin Jakarta ini sehingga menjadi Jakarta yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur. Amin.

Berikut foto-foto yang berhasil saya jepret:

Persiapan

Persiapan

Kader-Kader PKS Jakut Menunggu Kehadiran Bang Dayat

Kader-Kader PKS Jakut Menunggu Kehadiran Bang Dayat

Film Kampanye Bang Adang Tahun 2007

Film Kampanye Bang Adang Tahun 2007

Ust. Abu Ridha Menyampaikan Ceramah Disertai Pekikan Takbir

Ust. Abu Ridha Menyampaikan Ceramah Disertai Pekikan Takbir

Orasi Bang Adang

Orasi Bang Adang

Saat Bang Dayat Hadir

Saat Bang Dayat Hadir

Bang Dayat Dielu-Elukan

Bang Dayat Dielu-Elukan

Ini Dia Bang Dayat

Ini Dia Bang Dayat

Semangat Para Kader

Semangat Para Kader

Saya dan Dua Orang Akh Dari DPRa Marunda

Saya dan Dua Orang Akh Dari DPRa Marunda

Penuh Sampai Ke Luar Aula

Penuh Sampai Ke Luar Aula

Ini mungkin yang tidak dimiliki kader-kader lain dari partai politik lain: Jalinan ukhuwah (persaudaraan) yang begitu kuat terparti dalam jiwa. Kenapa? Karena landasan ukhuwah kami adalah ikatan aqidah. Allah lah yang menyatukan hati-hati di antara kami. Maka ikatannya begitu kuat. Jalinannya begitu solid. Tsiqohnya (saling percaya) begitu tinggi. “Dan Dia (Allah) yang mempersatukan hati-hati mereka (kaum mukminin), seandainya kamu membelanjakan dunia dan seisinya, niscaya kamu tidak akan dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah lah yang mempersatukan hati-hati mereka”. (Al-Anfal: 63).

Minggu sore tanggal 29 April 2012, seperti biasa, kader-kader PKS Marunda mengadakan arisan bulanan yang memang rutin dilakukan sebulan sekali. Berikut foto-foto yang berhasil saya jepret. Saya berdoa semoga Allah SWT senantiasa memberkahi langkah-langkah kami dalam berjuang dan semoga Ia senantiasa memberikan rahmat-Nya pada kami semua serta memasukkan kami ke dalam surga-Nya yang tertinggi. Amin 🙂

Menikmati Hidangan

Menikmati Hidangan

Kaum Ibu

Kaum Ibu

Menikmati Soto

Menikmati Soto

Ahmad, Wakil Ketua DPRa Marunda

Ahmad, Wakil Ketua DPRa Marunda

Rasa Sotonya Maknyus

Rasa Sotonya Maknyus

Saya Lagi Makan Soto

Saya Lagi Makan Soto

Usai Shalat Maghrib Jamaah

Usai Shalat Maghrib Jamaah

Tas Jinjing Hidayat Didik

Tas Jinjing Hidayat Didik

dunia ini ada yang nyiptain. pun demikian dengan alam semesta, manusia dan segala isinya. tidak mungkin ada dengan sendirinya. dan jelas, yang nyiptain pasti punya kekuatan tak terbatas yang takkan mungkin bisa dibandingkan dengan makhluk-makhluk citaan-Nya. karena kita diciptakan oleh Sang Pencipta, maka Sang Pencipta ini berhak untuk menentukan aturan-aturan hidup berupa perintah-perintah dan larangan-larangan. dan seperti itulah logikanya bahwa yang diciptakan ini wajib mengikuti semua aturan-aturannya dengan patuh tanpa kecuali. wong kita udah diciptain. aturan-aturan itu sudah sempurna dan terangkum dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi. barang siapa yang berpegang teguh denganya, Allah yang akan ngejamin bahwa kita akan selamat dunia akhirat. insya Allah.

jadi permulaannya adalah bahwa kita dan alam semesta ini diciptakan (ada yang menciptakan). lantas untuk apa manusia hidup di dunia ini? jawabannya adalah untuk ibadah pada-Nya (Az-Zahriyat 56). maka menjadi keharusan bagi kita untuk menjadikan segala aktivitas kita di dunia ini semata-mata ikhlas karena mengharap ridha Allah SWT beserta surga-Nya. tidak untuk mengharap yang lain-lain. supaya dihitung ibadah. tugas kita yang lain adalah menegakkan risalah agung-Nya yaitu agama Islam yang lurus dan hanif di muka bumi ini. maka menjadi kewajiban bagi kita untuk menegakkan agama pencipta kita. yang harus kita yakini sebagai orang beriman adalah bahwa hanya dengan risalah Islam lah dunia ini akan adil, damai, dan sejahtera. jadi, ibartanya, kita ini adalah wakil-wakil Allah atau tentara-tentara Allah atau prajurit-prajurit Allah di muka bumi yang siap melaksanakan apapun yang Ia perintahkan dan apapun yang Ia larang. termasuk juga menegakkan kalimatnya di muka bumi ini.

lantas timbul pertanyaan di hati orang-orang yang ragu: bukankah kita tidak boleh memaksakan kehendak kita, termasuk dalam beragama? maka katakan pada orang yang ragu itu: “kalian mau selamat dunia akhirat? islam lah jalannya. bukan yang lain-lain karena agama yang diridhai Allah hanyalah agama Islam (Ali Imran 19)”.

siapkah Anda wahai orang-orang beriman untuk memikul tanggung jawab mulia ini? sungguh, betapa mulianya Islam dan orang-orang beriman itu. dan sungguh, semulia-mulianya kehidupan adalah kehidupan yang dipimpin oleh orang-orang beriman.

lewat ini semua, kelak, di hari akhirat, kita bisa mempertanggungjawabkan segala apa yang telah kita kerjakan di dunia ini. dan kita selalu berharap bawah Allah akan memasukkan kita di surga tertinggi yang kekal nan abadi itu. inilah ujung dari kehidupan, dan inilah tempat yang menjadi terminal akhir bagi seluruh makhluk-makhluk-Nya.

hidup di dunia ini cuma sebentar. umur manusia saat ini, paling banter 60an tahun. yang panjang umur, gak lebih lah dari 100 tahun. abis itu mati. singkat kan? lantas kalo kita tau hidup ini cuman bentar di dunia, ngapain pula kita kejar-kejar setengah mati dunia ini? mending ngejar surga yang udah ketauan abadi. konon satu hari di surga, setara dengan seribu tahun di bumi. itu kalo kita percaya bahwa surga dan neraka itu ada. nah lo?

di surat Adz-dzariyat ayat 56 Allah bilang: tugas manusia ama jin itu adalah ibadah. nah, kita kudu mandang makna ibadah ini dengan perspektif yang luas nih. ibadah gak harus cuma tok di masjid. ibadah gak harus cuma shalat, zakat, puasa, atau ibadah-ibadah mahdhah lainnya. pokoknya, intinya, segala sesuatu itu ibadah asalkan niat kita melakukan itu semata-mata karena Allah dan dengan cara-cara yang sesuai dengan syariat islam (al-quran & hadits). contoh: nyari rizki. ini niatnya harus karena Allah. insya Allah jadi ibadah. contoh lain: dakwah di politik. kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. nikah, kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. intinya sih jadiin aja segala aktifitas kita mulai dari bangun tidur sampe tidur kembali, sampe seterusnya, sampe kita mati, sampe hari kiamat, semata-mata karena Allah dan untuk cari rindha Allah.

jadi perspektif kita mandang dunia itu harus gini: dunia ini kita jadikan ladang amal buat kita biar dapet rindha Allah dan masuk surga-Nya kelak. ibarat kita musafir, kita ini lagi perjalanan untuk sampe ke satu tujuan. dan musafir ini kudu punya persiapan yang banyak biar selamet sampe tujuan (baca: amalnya kudu banyak).

ada satu perumpamaan dahsyat, ini: kenikmatan dunia dibanding akhirat ibarat jari kita celup di laut. jari yang kecelup itu nikmat dunia. seluruh aer yang ada di laut itu nikmat surga, bahkan lebih besar lagi.

rasul bilang, orang cerdas itu orang yang orientasi hidupnya adalah akhirat, selalu memikirkan akhirat, dan selalu nyiapin dirinya untuk hari akhirat.

dari sini kita tarik kesimpulan: ambisi dunia itu sebenernya ambisi-ambisi kecil. tapi prinsipnya: dunia ini gak boleh kita tinggalin. justru harus semangat ngumpulin pahala biar bisa masuk surga. inilah motivasi hidup yang sebenarnya.

ini aja yang pengen ane share..

share kata-kata encang Hasan Al-Banna tentang peran “agama” dalam kehidupan manusia. yang kita bicarakan di sini adalah islam. kenapa? karena “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. 3:19). encang Hasan berkata:

“Apakah Anda melihat sesuatu yang dapat menguasai jiwa manusia lebih kuat daripada agama? Apakah Anda membaca dalam sejarah umat manusia suatu faktor yang paling dahsyat pengaruhnya pada kehidupan masyarakat daripada agama? Dan apakah Anda menyaksikan suatu dampak dari kehidupan para filosof dan cendekiawan sehebat apa yang dimiliki para nabi dan rasul?”

encang Hasan benar. agama lah yang bisa membuat manusia sampai pada puncak kejayaannya. agama lah yang membuat manusia mampu mengerjakan hal-hal besar dalam hidup ini. dan agama lah yang bisa membuat manusia bahagia di dunia dan akhirat (dapet surga).

pesan: mari terus semangat untuk memperbaharui komitmen kita dengan agama (islam). amal itu terlaksana jika ada tancapan bara keinginan yang amat kuat di dalam qalbu. keinginan yang kuat itu adalah buah dari pikiran yang benar tentang agama. dan makanan pikiran adalah ilmu. mari terus menambah ilmu dan pemahaman kita tentang agama ini biar ada output (hasil berupa amal) dan outcome (dampak bagi diri kita sendiri) dalam kehidupan sehari-hari.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂

berikut saya share resume yang saya buat sendiri untuk buku “RISALAH PERGERAKAN IKHWANUL MUSLIMIN BAB RISALAH MUKTAMAR KELIMA“. dari bab lima ini, kebetulan saya meresume sampai subbab “Ikhwanul Muslimin dan Khilafah“. dikarenakan jika langsung saya tampilkan di postingan ini tulisannya akan menjadi sangat berantakan, maka saya hanya akan memberikan link yang bisa rekan-rekan buka di bawah ini. file dalam bentuk word. enjoy!!

RESUME RPIM Bab Risalah Muktamar Kelima


Total Kunjungan:

  • 661,133 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: