Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Kata-kata Bijak’ Category

Ada 3 hal dalam hidup yang tidak akan kembali :
1. Waktu
2. Kata-kata
3. Kesempatan

Ada 3 Hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang :
1. Kemarahan
2. Keangkuhan
3. Dendam

Ada 3 Hal yang tidak boleh hilang :
1. Harapan
2. Keikhlasan
3. Kejujuran

Ada 3 Hal yang paling berharga :
1. Kasih Sayang
2. Cinta
3. Kebaikan

Ada 3 Hal dalam hidup yang tidak pernah pasti :
1. Kekayaan
2. Kejayaan
3. Mimpi

Ada 3 Hal yang membentuk watak seseorang :
1. Komitmen
2. Ketulusan
3. Kerja keras

Ada 3 Hal yang membuat kita sukses :
1. Tekad
2. Kemauan
3. Fokus

Ada 3 Hal yang tidak pernah kita tahu :
1. Rezeki
2. Umur
3. Jodoh

Dan Ada 3 hal yg Membuat Negri ini Bangkit dr Keterpurukan:
1.CINTA
2.KERJA
3.HARMONI

Tapi, ada 3 Hal dalam hidup yang pasti, yaitu :
1. Tua
2. Sakit
3. Kematian

Cita-Cita Masyarakat Indonesia :
Masyarakat
Adil
Sejahtera

 

Tags: ,
  • Td sore sharing2 ke anak2 SMA ttg “Cinta Dalam Koridor Islam”. Selanjutnya akan sy singkat #CDKI. Sy kultwit kan yah sedikit. Sila simak
  • Bahasan sy mulai dgn definisi dr cinta. Sy tanya tuh satu2 ttg arti cinta. Btw, dr total 5 orang, satu di antaranya pacaran. #CDKI
  • Ada yg mengatakan, “cinta sulit diungkapkan dgn kata2”, “cinta adl ungkapan hati yg terdalam”, “cinta adl ungkapan sayang”, dll. #CDKI
  • Saya tdk mengatakan bhw jwbn mereka benar atw salah. #CDKI
  • Saya hnya mengutipkan kata2 seorang sastrawan Eric Fromm dlm bukunya The Art of Loving bhw cinta terlalu rumit untuk didefinisikan. #CDKI
  • Sehingga tokoh sekaliber Eric Fromm pun enggan atau bahkan tak sanggup untuk mendefinisikan arti dari kata CINTA ini. #CDKI
  • Cinta adl satu kata lima huruf yg punya ribuan makna dan rasa di dalamnya. #CDKI
  • Kita mungkin tdk bs mendefinisikan arti kata cinta, tp kita bs mengetahui cara kerjanya. #CDKI
  • ibarat angin yg bertiup di muka bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat manusia merasakan semilir surgawi. #CDKI
  • atau, ibarat mentari yg menyinari bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat bumi ini terang benderang. #CDKI
  • cinta ini adl kekuatan maha dahsyat yg mampu memindahkan gunung dari satu pulau ke pulau lain. #CDKI
  • atau mengubah lahar panas jadi es yang membeku. seperti itulah dahsyatnya kekuatan cinta. #CDKI
  • tapi pertanyaannya, cinta yg seperti apa yg dibenarkan dalam agama (Islam)? #CDKI
  • untuk menjawabnya, mari kita mulai dari hirarki (tingkatan) cinta. jadi bukan cuma sekolah aja yg punya hirarki. cinta jg punya. #CDKI
  • suatu ketika Umar bin Khattab menemui Rasulullah Muhammad SAW. lantas berkata: #CDKI
  • “Ya Rasulullah, aku cinta padamu melebihi cintaku pd semua orang selain diriku”. Rasulullah lantas menjawab: #CDKI
  • “Tidak, engkau harus mencintaiku melebihi cintamu pd dirimu sendiri”. #CDKI
  • karena kita ini adl makhluk ciptaan Allah SWT dan nabi Muhammad pun bagian dari ciptaan-Nya, maka hirarkinya adl sbg berikut: #CDKI
  • bahwa cinta pd Allah SWT harus menempati urutan teratas dr sekian banyak anak2 tangga cinta. #CDKI
  • menyusul kemudian adl cinta kita pd Nabi Muhammad SAW selaku org yg paling berjasa mengenalkan Islam bagi penduduk bumi. #CDKI
  • baru deh yg lainnya ngikutin. bisa cinta pada: ortu, suami/istri, anak2, murid2 (@skharisma2 @Aretasabil @NadiaIndrS30), dll. #CDKI
  • dengan hirarki cinta seperti ini, maka perasaan kita akan tertata sedemikian sehingga menimbulkan keharmonisan dlm relung jiwa kita. #CDKI
  • cinta pd ortu, istri, anak, saudara, dll akan menjadi lurus saat qt membingkainya dlm satu wadah besar bernama cinta pd Allah SWT. #CDKI
  • kayaknya kurang asik ya kl gak nyantumin ayat dr Al-Qur’an. fokelah kl gitu saya kasih..hehe #CDKI
  • sila tengok surah Ali Imran ayat 14. ini ayat tentang koridor cinta dlm Islam. #CDKI
  • “dijadikan indah pd (pandangan) manusia kecintaan pada apa2 diingini, yaitu: wanita2, anak2, harta yg banyak dr jenis emas & wanita, #CDKI
  • kuda pilihan, binatang2 ternak & sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allah-lah tmpat kembali yg baik (surga)” #CDKI
  • ayat yg lain, sila simak surah At Taubah ayat 24. #CDKI
  • “katakanlah jk bapak2mu, anak2mu, saudara2mu, istri2mu, keluargamu, harta kekayaanmu, perdagangan, dan rmh2mu, …#CDKI
  • … lebih kamu cintai dr pada Allah dan Rasul-Nya serta jihad fisabilillah, mk tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya”. #CDKI
  • jelas yah dr kedua ayat di atas bhw cinta pd Allah SWT harus di atas segalanya. ini syarat agar cinta kita tdk sia2. #CDKI
  • segitu dulu yah tuips. ini blm sy jabarin lho ttg #pacaran dlm Islam. InsyaAllah di lain kesempatan. sekian. #CDKI
  • Apatah arti pesona raga jika tak menyatu dengan pesona jiwa.#ehem
  • Raga yg cantik/tampan, berbatas usia. Jiwa yg luhur, mengabadi dlm hidup, menembus batas ruang dan waktu. #ehem
  • Cerita kemashyuran adl cerita tentang jiwa yg lapang nan luhur, bukan fisik yg tampan/cantik. #ehem
  • Musuh utama jiwa adl sifat angkuh dlm diri. Memeranginya, jadi jihad tersendiri. #ehem
  • Begitu angkuh menguasai jiwa, siap2lah menerima kehancuran tanpa nama yg terkenang dlm ingatan kolektif manusia. #ehem
  • Tak mengabadi layaknya Firaun yg meski dirinya sendiri mengatakan bahwa ia adalah Tuhan. #ehem
  • Keangkuhan adl sifat iblis, keluhuran adl sifat malaikat. Pilih mana?#ehem
  • Memupuk sifat luhur adl investasi bagi keabadian. #ehem
  • “Sesungguhnya, engkau benar2 berbudi pekerti luhur” -> pujian Allah bg nabi-Nya Muhammad SAW. #ehem
  • Mengabadilah Muhammad dlm sejarahnya. #ehem
  • “Engkau bukan org yg biasa memberiku makan, caramu kasar menyuapiku”, protes org Yahudi buta dan tua itu. #ehem
  • Selanjutnya adl cerita ttg keluhuran jiwa. #ehem
  • Yahudi buta tua itu tak menyangka bhw org yg terus menerus ia hina adl yg biasa memberinya makan dgn sentuhan lembut kekasih Allah.#ehem
  • Tersebutlah Muhammad. Mengabadilah kisahnya dlm catatan sejarah umat manusia. #ehem

“kekalahan” bukan akhir dari hidup. “kekalahan” berarti berhenti sejenak untuk melompat lebih tinggi hingga menembus batas cakrawala. pada dasarnya kita sudah menang karena kejujuran yang jadi pondasi kita melangkah. orang/kelompok/organisasi/jamaah yang berjuang dengan kejujuran sedari awal, sudahlah menang sejak dalam hatinya, apalagi dalam kenyatannya. betapa indah memperjuangkan sesuatu dengan kejujuran. dan orang/kelompok/organisasi/jamaah yang seperti ini, tak pantas untuk ditinggalkan. bahkan kita harus mengikatnya erat-erat dalam hati sanubari kita dan menjadikannya sebagai langkah hati kita membangun peradaban. dan peradaban itu adalah keniscayaan yang harus kita semai dalam hidup. selamat berjuang saudaraku. lanjutkan perjuangan. enyahkan segala kesedihan dan kegalauan. lalui semuanya dengan penuh semangat dan senyum merekah bak putri terpingit. ganjaran pahala menantimu di surga abadi.

share kata-kata encang Hasan Al-Banna tentang peran “agama” dalam kehidupan manusia. yang kita bicarakan di sini adalah islam. kenapa? karena “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. 3:19). encang Hasan berkata:

“Apakah Anda melihat sesuatu yang dapat menguasai jiwa manusia lebih kuat daripada agama? Apakah Anda membaca dalam sejarah umat manusia suatu faktor yang paling dahsyat pengaruhnya pada kehidupan masyarakat daripada agama? Dan apakah Anda menyaksikan suatu dampak dari kehidupan para filosof dan cendekiawan sehebat apa yang dimiliki para nabi dan rasul?”

encang Hasan benar. agama lah yang bisa membuat manusia sampai pada puncak kejayaannya. agama lah yang membuat manusia mampu mengerjakan hal-hal besar dalam hidup ini. dan agama lah yang bisa membuat manusia bahagia di dunia dan akhirat (dapet surga).

pesan: mari terus semangat untuk memperbaharui komitmen kita dengan agama (islam). amal itu terlaksana jika ada tancapan bara keinginan yang amat kuat di dalam qalbu. keinginan yang kuat itu adalah buah dari pikiran yang benar tentang agama. dan makanan pikiran adalah ilmu. mari terus menambah ilmu dan pemahaman kita tentang agama ini biar ada output (hasil berupa amal) dan outcome (dampak bagi diri kita sendiri) dalam kehidupan sehari-hari.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂

inilah yang membedakan dakwah kita dengan gerakan-gerakan dakwah yang lain:

“Islam adalah sebuah sistem universal yang lengkap dan mencakup seluruh aspek hidup dan kehidupan. Islam adalah negara dan tanah air, pemerintahan dan rakyat, akhlaq dan kekuatan, kasih sayang dan keadilan, peradaban dan undang-undang, ilmu dan peradilan, materi dan sumber daya alam, usaha dan kekayaan, jihad dan dakwah, tentara dan pemikiran, sebagaimana Islam adalah aqidah yang lurus dan ibadah yang benar, tidak kurang dan tidak lebih” (Syaikh Hasan Al Banna).

jadi dakwah kita ini mecakup segala aspek kehidupan, termasuk dakwah siyasah (politik). nah parpol itu merupakan salah satu sarana dalam urusan politik. mestinya kita tidak anti dengan politik dan parpol, karena itu bagian dari dakwah kita. yang perlu dicamkan adalah: umat hanya akan bisa bangkit ketika tidak ada lagi parsialitas dalam hidup dan kehidupan kita. dan dakwah yang kita bawa inilah yang merangkum semuanya tanpa adanya pemisahan satu dengan yang lainnya.

yang setuju cung???

“Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam: 58).

Untuk mencapai kesadaran tinggi akan ayat-ayat Allah, jalan satu-satunya ialah dengan sering dan teratur membaca Qur’an dan mendalami ma’nanya. Melalui pembacaan dan pendalaman al-Qur’an hati manusia akan terus hidup. (Sa’id Hawwa)


Total Kunjungan:

  • 643,588 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: