Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Masjid’ Category

  • @Metro_TV meminta maaf via tulisan di website mereka terkait berita tendensius thdp #Rohis. tp ini tdk cukup, hrs ada siaran langsung.
  • @Metro_TV berdalih bhw mereka tdk menyebutkan #Rohis itu adl sarang teroris/tempat pengkaderan teroris/pola baru pengkaderan teroris2 muda
  • tapi jelas, sangat jelas sekali maksud tersirat dr kalimat2 berikut bhw@Metro_TV ingin menyudutkan #Rohis.pic.twitter.com/5oYRobBY
  • @Metro_TV jg mengatakan bhw data2 tsbt, yg ada 5 items itu, sumbernya bukan dr Metro TV, tp dr sumber lain. #Rohis
  • lah berarti @Metro_TV “menyalahkan” Prof Bambang Pranowo krn dialah sumber ke5 items tsbt. #Rohis
  • tp Prof Bambang Pranowo jg menyangkal bhw ia tdk mengatakan yg dimaksud dr ke5 items tsbt adl #Rohis@Metro_TV
  • loh kok jadi ngeles? aya aya wae. gak “gentle” nih @Metro_TV n Prof Bambang Hernowo. #Rohis
  • jelas yah mereka berdua cuma pengen ngeles. @Metro_TV #Rohis
  • kl kita pikir2, knp @Metro_TV buat ulasan berita sprt itu & knp jg yg jd pembicara rof Bambang Pranowo yg kata org adl antek JIL? #Rohis
  • yg namanya JIL, jelas mereka2 ini kerjaannya cuma pengen ngerusakin umat Islam. #Rohis
  • krn #Rohis adl cikal bakal kebangkitan umat Islam tdk hny di Indonesia, tp di seluruh dunia, so mereka ingin hambat gerak laju dg cara itu.
  • sekarang kita tahu bhw @Metro_TV telah ditunggangi JIL. atau Metrox menunggangi JIL? #Rohis
  • mk sy menghimbau pd seluruh umat Islam tk benar2 selektif dlm menilai setiap berita yg ditayngkan @Metro_TV. apalagi terkait Islam. #Rohis
  • pesannya: “hati2 ada pembusukan umat di dlm berita2 mereka”. @Metro_TV#Rohis
  • apa kita doain aja supaya @Metro_TV ini bangkrut? #Rohis
  • amin aja deh ya. semoga @Metro_TVbangkrut. gak enak yah doanya? makenya jangan buat berita seenak udelnya aja.#Rohis
  • cukup dulu dah ya ngebully @Metro_TVnya. qt akn terus bully mereka di twitter, dll sampe mereka mau buat tayangan minta maaf di TV. #Rohis
  • Twips, gimana nih puasanya? Lancar yah? InsyaAllah mw coba live tweet ceramah #TarawihMUI2
  • Malem ini yg ceramah #TarawihMUI2 yaitu DR. Yunus Daud, ketua bidang pendidikan Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok.
  • Imam tarawih, Ust. Muhammad Yasin Al-Hafidz. #TarawihMUI2
  • DR. Yunus naik mimbar, siap ceramah..hehe #TarawihMUI2
  • Beliau ini adl dosen Fisika UI. Bidangnya, geofisika. #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak hadirin untuk mensyukuri puasa pertama ini. Alhamdulillah,, #TarawihMUI2
  • Banyak org2 yg tak bs lg dipertemukan dgn Ramadhan thn ini. Qt masih bs, alhamdulillah #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak para hadirin tk mengevaluasi puasa qt sepanjang hari ini. Apakah sudah berkualitas? Tingkatkan #TarawihMUI2
  • Bagaimana dgn amalan2 lain: baca qurannya, shadaqohnya, tolabul ilminya, dll nya. #TarawihMUI2
  • Allah mengabulkan doa apa sj yg qt pinta di bln Ramadhan ini. InsyaAllah #TarawihMUI2
  • Perhatikan apa sj yg qt makan: kalori, protein, vitamin, gizi, dll nya. Perhatikan. #TarawihMUI2
  • Rasul tdk pernah menzhalimi perutnya, pola makan dan istirahatnya sehat. “Shaumlah, insyaAllah kalian sehat”. #TarawihMUI2
  • Taubat, istighfar, I’tikaf, perbanyaklah. Kencangkan ikat pinggang tk 10 mlm terakhir. #TarawihMUI2
  • Berlomba-lombalah dr mendapatkan ampunan Allah SWT di bln Ramadhan ini. #TarawihMUI2
  • Perintah puasa, targetnya adl menjadi org yg bertakwa terus menerus. #TarawihMUI2
  • Org yg bertakwa berarti org yg aktif: infak terbaik, memaafkan manusia, dll. #TarawihMUI2
  • Selesai. #TarawihMUI2 wasss..
  • Twips, malem pertama, pd tarawih di mana nih?? #TarawihJIC
  • Atau sudah ada yg tarawih dr semalam? #TarawihJIC
  • Saya pilih tarawih di malem yg pertama ini di Jakarta Islamic Center (JIC) Koja. #TarawihJIC
  • Di malam pertama ini, di JIC, yg pertama sampaikan ceramah langsung ketua JIC yaitu bpk Muhammad Sukanta M.Si #TarawihJIC
  • Imam tarawih, ust Muhtadi Al-Hafidz #TarawihJIC
  • pak Muhammad Sukanta mengajak hadirin sekalian untuk menyambut Ramadhan dgn hati yg riang gembira #TarawihJIC
  • Sesuai dgn hadits nabi bhw org yg gembira sambut Ramadhan, mk dirinya diharamkan masuk neraka. #TarawihJIC
  • beliau melanjutkan bahwa puasa ini dibagi jd tiga bagian: 1. Turunnya Rahmat Allah, 2. Ampunan Allah, 3. Dijauhkan dr neraka. #TarawihJIC
  • Beragam kegiatan dipersiapkan panitia puasa JIC selama satu bln full demi mendukung kesuksesan puasa para hadirin. #TarawihJIC
  • tarawih jamaah, ceramah tarawih, kuliah subuh, kuliah zuhur, kuliah maghrib, mabit, pengumpulan zakat, ta’jil n bnyk yg lain #TarawihJIC
  • Bahkan tgl 27 Juli akan ada tausiah dr ust Arifin Ilham #TarawihJIC
  • Beliau sampaikan bahwa ada dua tujuan JIC didirikan yaitu mengembangkan SDM umat islam dan pusat kajian ilmu keislaman #TarawihJIC
  • Demikian kultwit yg bs saya sampaikan. Skrg qt tarawih #TarawihJIC

kabar gembira semalem, akhirnya, remaja masjid deket rumah (remaja masjid jami nurul jannah), dibentuk kembali. seinget saya, sudah 9 (sembilan) tahun vakum yaitu pas saya kelas 3 (tiga) mts (setingkat smp). tentu saya senang, bahkan terharu. kenapa? buat saya, ini adalah kesempatan bagus untuk mensyiarkan islam di kampung saya plus menjadikan generasi-generasi muda kampung saya agar respek dengan agama mereka yaitu agama islam. karena saya meyakini, satu-satunya jalan keselamatan adalah ketika kita mau kembali pada ajaran islam yang lulus dan hanif serta mempraktekan dengan benar apa-apa yang ada di dalamnya. tentu tanpa memparsialkan islam dalam tataran prakteknya.

tapi tantangannya cukup berat. contoh, sewaktu pembentukan kembali remaja masjid yang digagas oleh ketua sementara pembangunan masjid (masjid kita lagi di renovasi yang konon membutuhkan dana hingga 6 miliar). awal-awal pembukaan saja, sewaktu memberikan motivasi pada sekitar 16 orang remaja, beliau bilang seperti ini: “orang-orang hebat yang ada di partai saya, partai yang warnanya kuning berlambangkan pohon beringin, mereka semua merintis karir berawal dari remaja masjid. ya kita sih kalo ada jabatan-jabatan nantinya, pasti akan kasih ke yang muda-muda. kita ini mah udah pada tua. buat kalian aja”. jleb.. saya tidak mau berkomentar lebih jauh. silakan teman-teman nilai sendiri.

belom lagi hal yang membuat saya tercengan bak orang bego ngeliat bidadari turun dari kayangan. ini lagi rapat nih di dalam masjid, seenak udelnya aja pada ngerokok ceplas ceplus udah kayak di warteg. dari ngerokoknya aja buat saya itu udah bermasalah, tambahan lagi ngerokok di dalam masjid, pas rapat pembentukan remaja masjid pula. astaghfirullah…

alih-alih membuka rapat dengan membaca ta’awudz dan basmalah, mereka malah membukanya dengan sama-sama menyulut sebatang rokok yang siap mengibarkan asap-asapnya sebagai panji pengibar semangat mereka untuk berdakwah. saya cuma bisa geleng-geleng kepala.

tapi, di atas kesemuanya itu, saya benar-benar bersyukur pada Allah SWT karena telah memberikan kesempatan pada saya dan teman-teman yang lainnya untuk menghidupkan kembali syiar islam di kampung saya. semoga ini menjadi amal bagi saya dan teman-teman remaja masjid yang lain yang mudah-mudahan nantinya bisa menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di akhirat kelak. amin

oh ya, melihat kondisi yang seperti itu, cukup tiga hal ini keinginan saya terhadap mereka:
1. remaja masjidnya pada rajin ke masjid. utamanya pas shalat lima waktu
2. gak ngerokok di dalam masjid kalo lagi rapat atau lagi kumpul-kumpul
3. ada minimal satu orang yang punya komitmen dengan tarbiyah

saya tidak mau mengawang-ngawang dulu melihat kenyataan, sang pawang merupakan kader salah satu partai sekuler yang sudah cukup exist di indonesia. dan kebanyakan remaja masjid yang ada, bergaulnya di lingkungan anak-anak muda yang hobinya: ngerokok, -maaf- minum, dll.

semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi langkah-langkah kita untuk menyemai peradaban islam di muka bumi-Nya. semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan, kesabaran, dan kemudahan dalam berdakwah bagi agama-Nya. dan semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. amin ya robal alamin.
mohon doanya ya kawan 😀

monggo yang mau ikut, ini posternya:

Kajian Bulanan Spiritual Entrepreneur

dulu, di pojokan sana, di masjid mungil itu, sekumpulan anak kumel yang hidungnya dipenuhi ingus berdesak-desakan menanti giliran mengaji. ustadznya gagah. baru pulang dari pesantren. ialah primadona kampung kami.
dulu, di sekret sana, tempat dimana remaja dan remaji masjid rapat sambil bercanda ria, penuh dengan kehidupan. gairah muncul di sana. ada secuil surga yang mereka ciptakan untuk kampung terpencil kami di pinggiran utara jakarta.
bertahun sudah hari berganti. tak ada lagi anak kecil mengaji. pun tak ada remaja dan remaji yang rapat di sana. jangankan rapat, shalatpun kini hanya dipenuhi kaum sepuh layaknya masjid-masjid di tempat lain.
lingkungan sudah berubah. salah seorang anak kumel yang hidungnya tak pernah luput dari ingus, yang sekarang telah menjadi orang dewasa, kini mendapati kenyataan bahwa kampungnya jauh tertinggal dibanding kampung-kampung lain yang ada di jakarta. ia yang sudah sejak lama pergi jauh merantau hingga jarang terlihat batang hidungnya di masjid itu, miris. kemana anak-anak itu? kemana pemuda dan pemudi itu? kemana acara-acara keislaman itu? kemana pengajian itu? kemana shalawatan itu? kemana keceriaan itu?
ahhh, semuanya telah hilang. entah siapa yang harus disalahkan!?
inilah yang menjadi PR besar buat anak kecil ingusan yang kini telah menjadi orang dewasa itu.


Total Kunjungan:

  • 659,178 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: