Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Merenung & berpikir’ Category

  • Subhanallah ya tuips, tadi abis dr Planetarium Taman Ismail Marzuki. Liat #TeaterLuarAngkasa.
  • Meski orang Jakarta asli, tp baru ini liat #TeaterLuarAngkasa di TIM. Kl lewat TIM sih lumayan sering.
  • Di #TeaterLuarAngkasa TIM ini qt disuguhi atraksi indah nan menakjubkan dr alam semesta. Indah tuips, mengagumkan.
  • Jk Anda atheis (tak bertuhan), datanglah ke #TeaterLuarAngkasaTIM ini, lihat dan cermati, lantas gunakan otak Anda untuk berpikir.
  • Jk Anda msh meyakini bhw tak ada Tuhan yg menciptkan itu semua, berarti hidayah Allah memang tertutup tk Anda. #TeaterLuarAngkasa
  • Tak ada sesuatu yg muncul scara tiba2 tanpa ada yg menciptakn. Sesuatu ada pasti krn adanya sebab yg melatarblakanginya #TeaterLuarAngkasa
  • Dan sebab itu karena adanya Allah yg menciptakan itu semua. Allah, Tuhan Yg Maha Kuasa atas segala sesuatu. #TeaterLuarAngkasa
  • Kita lanjutkan yah kultwit ttg #TeaterLuarAngkasa. Ngantung tingkat dewa tuips semalem. Hehe,,
  • #TeaterLuarAngkasa ini menjelaskan ttg “makhluk” apa saja yg ada di luar angkasa sana. Semua dr qt mungkin pernah belajar ttg ini.
  • Dijelaskan ttg planet2 yg ada di dlm Tata Surya qt: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.#TeaterLuarAngkasa
  • Dibedah satu persatu ttg ciri2nya, besar dan ukurannya, komposisinya, dllnya. Mulut sy megap-megap!! Kagum, menakjubkan. #TeaterLuarAngkasa
  • Setelah itu dijelaskn ttg Matahari sbg pusat Tata Surya qt bhw seluruh planet2 tsbt mengelilingi Matahari (Heliosentris) #TeaterLuarAngkasa
  • Bhw bagian dlm dr Matahari (jk dibelah), digambarkan seolah2 seperti panasnya api neraka. Astaghfirullah. Takut tuips.#TeaterLuarAngkasa
  • Semua ini baru yg ada di dlm tata surya qt yah. Qt punya galakasi yg terdiri dr kumpulan tata surya. #TeaterLuarAngkasa
  • Di dalamnya terdiri dr jutaan bahkan milyaran benda2 langit. Ada bintang, meteor, planet, bulan, dll. #TeaterLuarAngkasa
  • Galaksi qt disebut galaksi “Bima Sakti”. #TeaterLuarAngkasa
  • Diperkirakan jari2 dr Galaksi Bima Sakti ini mencapai sekitar 400juta thn cahaya. Hihhhh,, merinding. #TeaterLuarAngkasa
  • Dan yg lebih mencengangkan lg adl bhw alam semesta ini terdiri dr milyaran (atw bahkan lebih) galaksi. Allah Maha Besar. #TeaterLuarAngkasa
  • Dan mungkin saja di luar dr milyaran galaksi ini masih terbentang langit lain yg jg memiliki “makhluk2” semacam itu. #TeaterLuarAngkasa
  • Qt, manusia, baru bisa menginjakkan kaki di bulan. Bukti bhw ilmu qt hny secelup jari dr luasnya lautan. #TeaterLuarAngkasa
  • So, jangan sombong #eaaa..hehe,, #TeaterLuarAngkasa
  • Memang alam semesta ini besar dan menakjubkan, tp Allah lah yg Maha Besar dan Maha Menakjubkan. #TeaterLuarAngkasa
  • Inilah inti dr kultwit #TeaterLuarAngkasa ini: bhw qt disuruh bljr ttg alam semesta agar keyakinan qt pd Allah SWT semakin tebal.
  • Alam semesta yg begitu dahsyat aja Allah bs buat, apalagi cuma nyiptain manusia. Qt ini ada yg nyiptain tuips: Allah. #TeaterLuarAngkasa
  • Yuk, sy mengajak semuanya tk patuh & tunduk pd segala yg Allah perintahkan & larang. Jangan sekali2 jd hamba yg mblelo #TeaterLuarAngkasa
  • Demikian yah kultwit #TeaterLuarAngkasa yg bs sy sajikan. Semoga qt semua jadi hamba yg beriman dan bertakwa pd Allah SWT. Amin 🙂
  • Kebanyakan orang biasanya buat resolusi itu pas malam tahun baru. Sy pas Ramadhan. Satu bln full kontemplasi dan doa. #ResolusiRamadhan
  • Harapannya biar “tangan” Allah yg kerja. Tentu sambil doa: “Ihdinas syiratal mustaqim” (Tunjukkanlah kami jln yg lurus). #ResolusiRamadhan
  • Disamping krn otak jauh lbh plong selama Ramadhan dan jg pikiran lbh jernih. #ResolusiRamadhan
  • Beberapa #ResolusiRamadhan hasil kontemplasi selama satu bln kemarin:
  • 1. Gabung jd pengurus Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Depok. Alasan: suka olahraga n pengen majuin olahraga Depok. #ResolusiRamadhan
  • Disamping karena ingin berbisnis yg ada hubungannya dgn Olahraga. #ResolusiRamadhan
  • Mohon doanya tuips semoga bs mulai bisnis lg. Dah 3bln vakum soalnya. Bismillah, insyaAllah ada jalan. Hehe,, #ResolusiRamadhan
  • 2. Ngajar lg di BTA 70 Lenteng Agung. Kebetulan sy ngajar matematika mulai dr SD-SMA. #ResolusiRamadhan
  • 3. Mutusin tk tinggal (kost) di Depok pasca lebaran. #ResolusiRamadhan
  • 4. Ikut pesantren Tahfidz Quran. Pengen nyicil ngapalin Quran. #ResolusiRamadhan
  • Seminggu ngeluangin waktu dua malem lah tk setor hafalan. Pesantrennya dh dapet dan gak jauh dr tmpt kost #ResolusiRamadhan
  • 5. Kursus bhs Inggris di FIB UI. Persiapan S2. #ResolusiRamadhan
  • 6. Gabung n aktif di P3I (Pusat Pergerakan Pemuda Indonesia). Sebuah LSM yg bergerak di bdg politik. #ResolusiRamadhan
  • Semuanya terangkum dlm dunia: Agama, Olahraga, Bisnis dan Politik. Inilah dunia saya yg sesungguhnya, insyaAllah. #ResolusiRamadhan
  • Sy akan coba investasikan bnyk wkt sy tk 4 dunia ini. #ResolusiRamadhan
  • Sebenernya ada satu lg doa yg terus menerus sy panjatkan. Saking pengennya tuips..hehe.. Apa coba tebak? #ResolusiRamadhan
  • N*k*h..ups,,kebaca ya tuips..hhe,, #ResolusiRamadhan (sekian)

Tenang, tenang, tenang
Syur, syur, syur
Nikmatnya hati bila tak bergejolak
Seolah singa dibebat pawang
Jinak, jinak sekali
Hingga tak kuasa mengumbar amarah

Energi dibuat bila kita tenang
Energi didapat buah perenungan
Dan energi disalur hanya untuk memberi
Inilah ekstase puncak dari kesendirian

Bilakah ketenangan diperoleh dalam kesendirian
Kesendirian sunyi di jalan panjang perenungan
Kesunyian inilah yang mungkin membuat Sayyid Qutb berhasil menetaskan Tafsir Fi Zhilalil Quran dalam aroma perjuangan sekaligus kedalaman sastrawinya sekaligus di balik jeruji besi
Kesunyian inilah yang mungkin membuat Pramoedya Ananta Toer merampungkan tetralogi “Buru” yang melegenda dalam kesusastraan Indonesia saat diasingkan di sebuah pulau terpencil

Memang terlalu sunyi untuk hidup seorang sendiri
Pun terlalu menderita bila hidup terus dipenuhi kesunyian
Tapi ini bukan semata perihal keterasingan hidup
Ini adalah pelajaran tentang seni mengefektifkan hidup di tengah keriuhan hutan belantara

masih, masih hingga kini
kebiasaan ini kulakukan
duduk merenung menjelang pagi
usai subuh
bersamaan semburat mentari yang kian menyingsing

sudah hampir tiga tahun ini kulakukan
sejak pertama kali seorang guru mengajarkan
akan pentingnya arti merenung bagi kehidupan

masih kuingat gaung suaranya bergema dalam hati sanu bari
hingga kini
ya, hingga kini:

merenunglah engkau nak
renungi setiap saat akan arti kehidupan
kemana engkau kan melangkah
kemana engkau kan menuju

kenalilah dirimu nak
darimana asalmu
dan bagaimana masa lalumu

merenunglah engkau nak
apa yang sudah engkau lakukan dan berikan utuk kehidupan
jika engkau merasa belum berbuat apa-apa
maka segeralah bergerak
bangkit dan gemakan potensimu pada semesta

merenunglah nak dengan hatimu
karena dari sana, engkau akan kian dekat dengan hati nurani
engkau akan mudah berdialog dengannya
menyelami lautan hikmah kebijaksanaan
dan dari sana, kan kau dapatkan kekuatan

merenunglah nak dalam sepimu
berjuanglah dalam kesunyian yang panjang
dan engkau hanya akan bisa mengenali dan mengalahkan kesulitan terbesar dalam hidupmu: hawa nafsu
jika engkau lebih banyak diam untuk merenung

biarlah nak orang lain tertawa gembira dengan urusan dunianya
tapi engkau nak, engkau tak boleh terbawa oleh arus mereka
engkau harus tetap waspada akan bahaya negatif yang akan timbul dari sana
dan kekuatan kesadaran itu nak, hanya bisa engkau peroleh dengan banyak merenung

teruslah merenung nak
karena seorang bijak pernah berkata:
sumber kejeniusan berakar pada kemampuan seseorang untuk mampu merenung dalam waktu yang lama hanya untuk satu tema
ia mampu tetap memikirkan hal itu meski raganya sedang mengerjakan sesuatu yang lain
dan jika engkau berhasil menemukan “aha” dalam renunganmu
itu pertanda bahwa engkau telah beroleh mutiara

merenunglah terus nak
karena daya konsentrasimu terletak di sana
ketentraman dan kedamaian jiwamu ada di sana
raihlah kebahagiaanmu dengannya

lantas hingga kapan engkau boleh berhenti merenung nak?
hingga engkau tak mampu berpikir lagi
itu artinya, hingga engkau telah mati

Tags:

Hingga detik ini, tak tahulah aku akan arti cinta

Entah sudah berapa kata yang terbaca untuk memahami arti cinta

Mungkin cinta memang hal yang abstrak!

Bisa jadi ia lebih abstrak dari kuliah Aljabar yang kupelajari

Tapi ada begitu besar hasrat yang menyala untuk memahaminya

Entah perlu berapa buku lagi untuk bisa memahami arti cinta

Entah perlu berapa hari lagi untuk bisa menguak tabir cinta

Tapi ada satu hal yang paling kupahami tentang cinta

Bahwa ia adalah pekerjaan memberi

Biarlah waktu yang kan mengajariku untuk menjadi seorang pecinta

Dengan segudang harapan bahwa cinta akan membawa diri ini memahami arti kehidupan yang sebenarnya

Tags:

kawan, tulisan ini saya awali dengan sebuah pertanyaan.

kalo pikiran kawanku sedang mampet, apa yang kawanku lakukan?

banyak cara tentunya. masing-masing orang pastinya berbeda.

sebelum saya memberikan racikan penyegar bagi otak ala saya, saya coba sedikit bagi-bagi pengalaman.

begini:

semalam saya di SMS oleh seorang teman. dulu memang ia sering berkonsultasi pada saya perihal banyak masalah-masalahnya. tapi setelah ia lulus SMA dan masuk ke perguruan tinggi, dia tak lagi sering sharing-sharing dengan saya. saya maklum, pastilah di kampus sana dia banyak mendapatkan teman yang bisa di ajak curhat.

tapi tadi malam tiba-tiba SMS saya. mulanya bertanya singkat.

“kak, lagi sibuk ga?”

saya jawab, “kenapa emang?”

sms nya langsung kaya gini, “ka, kalo lagi marah benar-benar sama orang, apa yang kakak lakukan?”

berhubung saya sedang ada acara pas waktu SMSan itu, akhirnya saya katakan padanya kalo saya sedang ada acara dan sambil memberikan wejangan singkat ini: “kalo saya lagi marah, saya akan marah sepuas-puasnya dengan menulis di catatan harian saya”.

nah kawan, inilah yang sering saya lakukan, menulis di catatan harian. saya selalu menulis di catatan harian. apapun kondisinya. mau lagi senang kek, lagi sedih kek, lagi marah kek (kaya sohib saya tadi), lagi bete kek, lagi mud ga mud kek. apalagi kalo pagi-pagi, hal ini menjadi kewajiban bagi saya.

kenapa saya sering menulis di catatan harian?

apa untungnya menulis di catatan harian?

apakah kalo kita sedang punya beban pikiran, lantas dengan menulis di catatan harian, bebean itu akan musnah?

bagi saya, sekarang ini, jawabannya adalah ya benar. mencurahkan segala unek-unek kita di catatan harian membuat kita jadi lebih ringan pikiran. saya, kalo punya masalah, dan setelah saya tumpahkan semua unek-unek saya di catatan harian, pikiran saya jadi jauh lebih plong setelah menuliskannya.

jika sedang tidak ada masalah, saya akan menuliskan apapun yang terlintas di benak saya saat saya sedang memegang catatan dan pulpen. setelah menuliskannya itulah seperti ada sesuatu yang nambah di dalam diri kita ini. kepala, badan, dan seluruh anggota badan terisi seluruhnya. seperti ban kempes yang baru di cekokin angin. mengembang. begitulah rasa yang saya peroleh setelah menulis di catatan harian. tambahan lagi pikiran jadi jernih kalo apa yang kita tulis itu benar-benar lancar dan mengalir.

lalu berkaitan dengan judul di atas, KALO PIKIRAN LAGI MAMPET, obatnya juga dengan menulis.

bagi orang yang suka berpikir dan merenung, biasanya akan banyak sekali beban-beban yang ada di dalam pikiran. apalagi kalo pas lagi buntu memikirkan tentang sesuatu. maka obatnya bagi saya adalah yang dengan menuliskan tentang apa saja yang sedang kita pikirkan itu. tulisin segala unek-unek yang ada di kepala. kenluarin semua. biasanya, tanpa disadari, saya malah dapet inspirasi dari yang saya tulis itu.

lalu, bagaimana dengan kawanku, apakah sudah menulis di catatan harian???

seorang sahabat pernah berpesan

“ya akhi, jadilah engkau seperti 4 khalifah terbesar yang pernah ada di muka bumi ini. tirulah masing-masing kebaikan dari ke empat orang mulia tersebut. ingat ini ya akhi:

milikilah kebijaksanaan seperti apa yang telah dimiliki oleh Abu Bakar Siddik

menjadilah engkau pemberani seperti apa yang telah dimiliki oleh sahabat Umar bin Khathab

milikilah kemakmuran dan kedermawanan seperti Utsman bin Affan

serta jadilah engkau alim ulama seperti Ali bin Abi Thalib


Total Kunjungan:

  • 659,630 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: