Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Motivasi’ Category

Ceritanya kemarin sy presentasi program #EnglishPrestige ke direktur (owner) http://asiatour.co.id di Jl. Gandaria I (dkt Blok M).

Beliau ingin perdalam kemampuan TOEFLnya. Target bs dapet score min 500. Katanya sih mw S3. Bidangnya ekonomi islam.

Usai presentasi ttg bahasa inggris #EnglishPrestige, qt ngobrol ngalor ngidul. Sy manfaatin utk explor rahasia beliau sukses dlm bisnis

Menurut sy, beliau ini kategori pengusaha muda (41 thn) yg bs dibilang sudah cukup sukses.

Bisnisnya banyak sekali. Pertama beliau punya http://asiatour.co.id yg sudah dirintis sejak 13 thn yg lalu.

Sbg gambaran, http://asiatour.co.id ini bs berangkatin sekitar 2000 org /thn utk umroh ke mekah.

Belum lg jamaah haji, penjualan tiket, traveling, dll. Intinya udah lumayan keren lah http://asiatour.co.id ini.

Usaha beliau yg lain katanya sih punya ayam petelur sebanyak 30.000 di bogor. Sehari bs hasilin sekian ton telur. Ckckck

Beliau jg punya bisnis properti. Utk yg satu ini sy kurang tau sudah seberapa besar usahanya.

Beliau jg punya rent premium car. Rental mobil2 kelas atas macam alphard, dll. Uang sewanya bs 3jt /12jam.

Katanya jg punya bisnis sawit. Dan mungkin punya bisnis yg lain2nya yg sy belum tahu berhubung sy baru kenal saat itu juga.

Lantas, sayang dong ketemu org yg udah sukses dlm bisnis gak “dikorek” rahasia dapurnya..hehe

Sy pun tanya ke beliau: apa rahasia beliau bs sukses dlm bisnis?

“Yang paling utama adl PASSION”, ujar beliau. “Sy senang bisnis. Dan sangat tdk senang disuruh-suru (punya bos)”.

Kalo qt punya passion dlm bisnis, insya Allah qt gak akan bosen utk mencoba meski sering buka-tutup atau gagal dlm bisnis.

Passion ini jd bahan bakar semangat qt dlm berbisnis. Baik bisnis qt lg untung ataupun buntung, passion ini buat qt gak gampang mutung.

Passion ini terbentuk karena akumulasi kebiasaan yg lama. Beliau menuturkan bhw beliau sudah berdagang sejak kecil.

Sy pun menanyakan: apakah beliau punya semacam mentor khusus dlm bisnis?

Beliau menjawab secara khusus tdk ada. Hanya saja beliau langsung praktek di lapangan. Berbisnis dgn kerja keras dan sungguh2

Sekarang lebih mudah utk qt belajar ttg bisnis apapun. Pasalnya, teramat banyak buku2 yg bs qt dapatkan berkaitan dgn bisnis tsbt.

Jd intinya, yg sy tangkep dr kisah sukses beliau bisnis adl kombinasi dr passion, terjun langsung di lapangan, kerja keras, dan baca buku.

Ada yg unik yg sy tangkep dr diskusi kurang lebih 2 jam-an itu. Yaitu berkali-kali beliau tanyakan ke sy: “Bener nih kamu gak mw kerja?”

Saat diskusi itu beliau tanyakan sy lulusan mana? Sy bilang sy lulusan UI. Mungkin itu salah satu faktor kenapa beliau tanyakan hal tadi

Beliau jg sempet “menggoda” sy dgn pertanyaan: “Kamu gak S2?”

Atas dua pertanyaan tadi, sy jawab dgn mantap: “Saya harus jadi PENGUSAHA lebih dulu pak” 🙂 #sekian

Begitulah cara Allah mentarbiyah (mendidik) qt agar menjadi pribadi yg lebih matang dan dewasa: lewat berbagai ujian dan cobaan.

Pandanglah ujian dan cobaan itu sebagai peluang (tantangan) utk menjadi lebih baik lg ke depannya.

Qt hanya menjadi matang dan dewasa lewat ujian dan cobaan yg qt respon dgn positif. Respon negatif hanya akan membuat qt jd kerdil.

Tetaplah merasa senang dan pertahankan kegembiraan jiwa saat tantangan2 hidup datang menghampiri.

Qt tak kan mungkin bs berlari dr tantangan2 karena ia adl keniscayaan dlm hidup.

Maka hadapilah tantangan2 hidup itu sambil bersiul.

Tags:
  • Masalah2 #anakSMA itu apa aja sih? Dah lupa deh dulu waktu SMA masalah2 sy apa aja. Need help!?
  • Tp palingan gak jauh2 dr akademis (pelajaran), gak bs bagi waktu, pr yg banyak, galau pengen ikut2an pacaran, pengen diliat gaul. #anakSMA
  • Yg lain: takut saat bljr di kls cz blm bljr di rmh mlmnya, ga siap ujian, ortu yg nuntut hrs juara kls, fisik yg gampang drop. #anakSMA
  • Ada lagi kah masalah2 #anakSMA yg lainnya?
  • Pentingkah buat sy yg skrg sudah masuk pd tahap fokus mencari maisyah (nafkah)? Artinya sudah bukan #anakSMA
  • Sy pengen tau apa sj masalah2 #anakSMA yg tujuannya adl agar bs menyelami kehidupan mereka dalam2.
  • Saat saya tau masalah2 utama yg menghinggapi mereka, di titik itulah sy berusaha semaksimal mungkin utk membantu mereka. #anakSMA
  • Mereka punya masalah A, seumpama. Ya sy bantu di A, bukan di B. #anakSMA
  • Atas dasar itulah sy lebih senang memberikn materi2 yg mereka butuhkan saat mentoring, alih2 kasih materi yg qt kuasai & senangi. #anakSMA
  • Dan itu mengharuskan qt tdk saklek dlm pemilihan materi. Fleksibel aja lah. #anakSMA
  • Ada yg bertanya: “lho, bukankah mentoring itu sudah ada sistemnya? Termasuk dlm materi2 yg harus disampaikan beserta urutan2nya?” #anakSMA
  • Selanjutnya, “Kl gak ikutin panduan materi beserta urutan2nya, tar malah gak sesuai dgn yg diharapkan dr mentoring lagi?” #anakSMA
  • Menurut hemat saya, materi2 yg ada beserta urutan2nya itu, bagus jg dijadikan referensi. Hnya sj qt tdk harus saklek mengikutiny. #anakSMA
  • #anakSMA ini bisa dibilang sedang masa2 galau pencarian jati diri. Dan mereka sangat butuh bimbingan agar masalah2 mereka teratasi.
  • Kan jd gak nyambung kl qt kasih materi2 yg sesuai panduan tp sebenarnya mereka lg punya masalah yg lain. Malah gak efektif #anakSMA
  • Nah bagaimana menyiasati agar apa2 yg diinginkan dr buku panduan yg berisi materi2 yg sudah diurutkan itu tetap tersampaikan? #anakSMA
  • Kl saya sih biasanya tinggal pikirin, point2 dan muashofat2 apa saja dr materi2 panduan itu yg harus didapatkan peserta didik. #anakSMA
  • Trus qt sisipin deh saat qt menyampaikan materi. #anakSMA
  • Yg penting kan apa2 yg diharapkan dr panduan2 dasar tsbt tetep tersampaikan pd peserta mentoring. #anakSMA
  • Keuntunganny dobel: mereka dpt apa yg mereka butuhkan & jg muashofat2 (standar2) yg qt inginkan ttp tersampaikn. Lebih asik toh? #anakSMA
  • Segitu dulu ya tuips sharing2 ttg #anakSMA. Semoga bermanfaat. Wasalam,,
Tags: ,
  • Makin banyak yg #wisuda, makin majulah bangsa ini. Jangan pandang sinis/negatif dgn mengatakan: makin bnyk wisuda, makin bnyk pengangguran.
  • Alhamdulillah hari ini @univ_indonesia meluluskan 8.672 wisudawan mulai dr D3-S3. Terbanyak sepanjang sejarah UI. #wisuda
  • Ini aset bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa ini dipertaruhkan.#wisuda
  • Pandangan yg salah menurut sy sering dilontarkan pengusaha2 yg sudah sukses: “mau jadi pengusaha, pendidikan gak usah tinggi2”.#wisuda
  • Kl bisa jd pengusaha dgn gelar S3, itu lbh baik kawan. Apa tdk bisa? Menurut saya, bisa2 saja. Qt punya potensi tak terbatas kok #wisuda
  • Di sini sy ingin menekankan bhw sangat penting bg sebuah bangsa tk memiliki bnyk doktor d berbagai bidang. Syarat tk maju. Catet.#wisuda
  • Israel (Yahudi) punya 13.000 master (ahli) tiap 1juta org. Eropa (kristen) punya 6.500 master tiap 1jt org. Jepang (Shinto) 6.000.#wisuda
  • Rusia (Orthodoks) 5.000. India (Hindu) 1.300. Mesir (Islam) 370. Dan Indonesia (Islam) hny punya 74 master tiap 1jt org. #wisuda
  • Itu adl data UNDP 2003. Sungguh mengenaskan bukan? “Oh bangsaku, sadarkah kau bhw tarbiyah (pendidikan) itu sangat penting!?”. #wisuda
  • Kita berharap semoga bukan hnya UI yg meluluskan bnyak wisudawan nan berkualitas tiap tahunnya, tp jg univ2 lain di Indonesia. #wisuda
  • Konon dr 8.672 wisudawan, terdapat 1.230 yg lulus dgn predikat cumlaude. Ini meningkat 3X lipat dr thn sebelumnya. Subhanallah.#wisuda
  • Tp ini harus terus digenjot. Tingkatkan lg kuantitas dan kualitas lulusan2 UI. Bangsa memanggil kalian semua, kawan. #wisuda
  • Semoga dgn terpilihnya rektor @univ_indonesia yg baru nanti, UI makin baik lg ke depannya. #pilrekui #wisuda
  • Mari tuips qt mulai dr diri qt masing2. Bangun komitmen untuk terus mengabdi bagi tanah pertiwi. Tiada hari tanpa belajar. #wisuda
  • Rahasia kemajuan suatu bangsa terletak pd seberapa kuat motivasi belajar dr seluruh stakeholder yg mendiami wilayah tsbt. #wisuda
  • Bangsa pembelajar hanya mungkin dicapai jk tiap2 individu dr bangsa tersebut bs menjadi manusia pembelajar. #wisuda
  • Dan semoga Allah merindhai segala amal perbuatan yg qt lakukan demi kemaslahatan bangsa dan umat ini. #wisuda
  • Demikian sedikit kultwit sy tentang #wisuda. Semoga bermanfaat. Wasalam 🙂
  • Pagi tuips,, sy coba kultwit tentang #IstiqomhPscaRmdhn. Simak #eaaa..hehe
  • Dah bln Syawal nih, tp nuansanya masih Ramadhan khannn? #IstiqomhPscaRmdhn
  • Istiqomah yaitu keep konsisten di jln Allah SWT. #IstiqomhPscaRmdhn
  • Batas amal seseorang adl ajal, bukan Ramadhan. “Jk seorang hamba meninggal, terputuslah amalnya” (Hadits). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Ibadah harus terus diLANJUTKAN meski madrasah Ramadhan telah berlalu. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Amal ibadah yg paling dicintai Allah adl yg dikerjakan terus menerus (istiqomah) walau sedikit”. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Siapa yg puasa Ramadhan, trus dilanjutin 6 hari Syawal, sama seperti puasa setahun” (H.R Muslim) #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Org yg puasa, dapet 2 keasyikan: saat buka & bertemu Allah” (Hadits). Ngerasain gak gimana sensasinya pas buka puasa? #IstiqomhPscaRmdhn
  • Bln Ramadhan kemarin adl bln ampunan. Jibril AS said: “celaka org yg ba’da puasa dosanya gak diampunin”. Ampun ya Allah #IstiqomhPscaRmdhn
  • Semoga jd hamba yg #IstiqomhPscaRmdhn #eaaa..hehe 🙂
  • Kl gitu, yuk keep tilawah, puasa sunnah, QL, sedekah, dateng di majelis2 ilmu, dll. #IstiqomhPscaRmdhn
  • Tilawah, minimal 1X sebulan lah. Kl bs jangan lebih sebulan dan jangan lebih cepet dr 3hr. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Bacalah Al-Quran! Sesungguhnya ia akan dtg pd hari kiamat sbg pemberi syafaat bg pembacanya” (H.R Muslim). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Puasa? “Nabi selalu jaga puasa Senin dan Kamis” (Hadits). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Shalat? “Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adl shalat malam” (H.R Muslim). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Sedekah? “Sedekah dpt ngapus dosa kayak air nelen api” (H.R Tirmidzi). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Dtg k majelis2 nuntut ilmu (kasian ya ilmu dituntut terus)? “Menuntut ilmu adl kewajiban tiap muslim” (H.R Ibnu Majah). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Semoga Allah memberikan qt keistiqomahan dlm menjalankan semua perintahNya & menjauhi semua laranganNya. Amin #IstiqomhPscaRmdhn (sekian)
  • Malam tuips, baru sampe kost nih. Abis #Ngaji. Posisi sy sbg mutarobi (yg dibina).
  • InsyaAllah besok sebaliknya. Sy yg jadi murobbi (yg membina). Murobbi di SMA #Ngaji
  • Ada yg bertanya, bahkan cenderung sinis: “lo ilmu masih cetek udah berani ngisi pengajian”. #Ngaji
  • Tuips, tak perlu nunggu ilmu menggunung untuk bs mendidik dan menyeru org lain. Apa yg qt tau, walau sedikit, sampaikanlah. #Ngaji
  • “Sampaikanlah walau satu ayat”. Begitulah bunyi hadits Nabi SAW. #Ngaji
  • Memang penting untuk mendapatkan ilmu saat mengaji. Tp yg jg tak kalah penting adl proses penjagaan dan pengingatan dr kelompok #Ngaji qt.
  • Bisakah Anda senantiasa berada pd trek yg benar (lurus) tanpa ada orang/kelompok yg mengingatkan? #Ngaji
  • Hampir mustahil menurut saya. Manusia itu tempatnya lalai dan yg namanya iman, ia naik dan turun setiap saat. #Ngaji
  • Jadi tak ada org yg keimanannya senantiasa konstan berada di atas gunung. Makanya butuh ada yg mengingatkan. Dr sanalah ia terjaga. #Ngaji
  • Hal lain yg qt dapatkan dr mengaji adl nikmatnya ukhuwah dan jamaah. #Ngaji
  • Salah satu pilar kebangkitan umat adl ukhuwah yg menyatukan hati tiap2 org yg beriman. #Ngaji
  • Hati yg bersatu dan paham akan visi dan misinya, tak mudah digoyahkan. Ialah karang yg bisa membelah lautan. #Ngaji
  • So, yg namanya ngaji (baik membina ataw dibina), kedua-duanya sangat penting. Lakukanlah kalo beg begitu. #Ngaji
  • Semoga Allah memberkahi apa2 yg qt lakukan dgn kesungguhan dan keikhlasan karena-Nya. #Ngaji
  • Semangat #Ngaji (sekian)
  • Eng ing eng, “maksain” nulis via twitter meski sebenernya bs langsung buat tulisan lewat pc. Mau kultwit ttg‪ #MomentumRamadhan.
  • Gak terasa twips, insyaAllah lusa qt dh puasa kembali. Cepat yah wkt berlalu. Perasaan br kmrn puasa, skrg dh puasa lg‪ #MomentumRamadhan
  • Dah seberapa besar nih persiapannya? 10%, 20%, 50%, 80%, 90% atau bahkan dh 100%? #MomentumRamadhan
  • Baiklah, kl ngerasa blm nyiapin apa2 tk #MomentumRamadhan kali ini, ada baiknya qt mantapin hati qt tk total ibadah sebulan nanti.
  • “Barang siapa yg menyambut Ramadhan dgn gembira, Allah haramkan jasadnya dr neraka” (hadits). #MomentumRamadhan
  • Itu baru seneng dg kedatangannya aja dh diharamin msk neraka, apalagi sebln itu qt isi dgn full ibadah. Dapet apa kira2? #MomentumRamadhan
  • Salah satu tujuan dr puasa adl tk menjadikan qt pribadi TAKWA. See Al-Baqarah 183. #MomentumRamadhan
  • Apa itu pribadi TAKWA? Simpelnya adl takut pd Allah SWT.‪ #MomentumRamadhan
  • Takut untuk mengerjakan hal2 yg dilarang dan senantias bersemangat mengerjakan apa yg Ia perintahkan.‪ #MomentumRamadhan
  • Ini salah satu hal yg paling esensi dr hidup qt. Takwa ini bukan perkara main2. Sampe2 khatib jumat selalu ingatkan qt.‪ #MomentumRamadhan
  • Dlm wasiatnya, “Ya ayyuhan nas ittaqullah: Hai sekalian manusia, bertaqwalah kpd Allah”. #MomentumRamadhan
  • “Sesungguhnya yg paling mulia di antara kamu adl yg paling taqwa” (Al-Hujurat 13). #MomentumRamadhan
  • Jd derajat kemuliaan seseorang itu tdk diukur dr ketampanan (kayak sy..hehe..) / kecantikan wajah, #MomentumRamadhan
  • Tdk pula dr tingginya jabatan atau banyak harta kekayaannya. Tp diukur dr seberapa besar ketaqwaannya di sisi Allah SWT‪ #MomentumRamadhan
  • Ada kalanya orang biasa2 sj (rupa, harta n tahtanya) lbh mulia d mata Allah ketimbang org lain yg serba wah sepintas lalu #MomentumRamadhan
  • Tentu lbh baik lg jika rupa, harta, tahta serta ketaqwaan dibalut dlm 1 kesatuan yg mengagumkan. Cakep dah ni manusia.‪ #MomentumRamadhan
  • Nah #MomentumRamadhan ini menjadi sarana yg paling pas mengingat banyaknya keutamaan2 yg ia miliki dr bln2 yg lain.
  • Maka betapa ruginya qt jk tdk berusaha semaks mungkin tk menggoalkan cita2 qt (baca: TAKWA) lewat #MomentumRamadhan ini.
  • Yuk bulatkan tekad, satukan hati & iringi dgn amal nyata saat puasa esok bhw qt akn total ibadah semata-mata krn Allah.‪ #MomentumRamadhan
  • Semoga Allah menerima amal ibadah qt dan menjadikan qt pribadi TAKWA dambaan umat. Amin #MomentumRamadhan
  • Oh ya, sebelum puasa, sy minta maaf ya tk segala khilaf dan salah yg pernah terbuat. Biar pusanya tambah berkah. Hehe‪ #MomentumRamadhan

Total Kunjungan:

  • 639,820 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: