Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Ramadhan’ Category

  • Pagi tuips,, sy coba kultwit tentang #IstiqomhPscaRmdhn. Simak #eaaa..hehe
  • Dah bln Syawal nih, tp nuansanya masih Ramadhan khannn? #IstiqomhPscaRmdhn
  • Istiqomah yaitu keep konsisten di jln Allah SWT. #IstiqomhPscaRmdhn
  • Batas amal seseorang adl ajal, bukan Ramadhan. “Jk seorang hamba meninggal, terputuslah amalnya” (Hadits). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Ibadah harus terus diLANJUTKAN meski madrasah Ramadhan telah berlalu. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Amal ibadah yg paling dicintai Allah adl yg dikerjakan terus menerus (istiqomah) walau sedikit”. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Siapa yg puasa Ramadhan, trus dilanjutin 6 hari Syawal, sama seperti puasa setahun” (H.R Muslim) #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Org yg puasa, dapet 2 keasyikan: saat buka & bertemu Allah” (Hadits). Ngerasain gak gimana sensasinya pas buka puasa? #IstiqomhPscaRmdhn
  • Bln Ramadhan kemarin adl bln ampunan. Jibril AS said: “celaka org yg ba’da puasa dosanya gak diampunin”. Ampun ya Allah #IstiqomhPscaRmdhn
  • Semoga jd hamba yg #IstiqomhPscaRmdhn #eaaa..hehe 🙂
  • Kl gitu, yuk keep tilawah, puasa sunnah, QL, sedekah, dateng di majelis2 ilmu, dll. #IstiqomhPscaRmdhn
  • Tilawah, minimal 1X sebulan lah. Kl bs jangan lebih sebulan dan jangan lebih cepet dr 3hr. #IstiqomhPscaRmdhn
  • “Bacalah Al-Quran! Sesungguhnya ia akan dtg pd hari kiamat sbg pemberi syafaat bg pembacanya” (H.R Muslim). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Puasa? “Nabi selalu jaga puasa Senin dan Kamis” (Hadits). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Shalat? “Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adl shalat malam” (H.R Muslim). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Sedekah? “Sedekah dpt ngapus dosa kayak air nelen api” (H.R Tirmidzi). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Dtg k majelis2 nuntut ilmu (kasian ya ilmu dituntut terus)? “Menuntut ilmu adl kewajiban tiap muslim” (H.R Ibnu Majah). #IstiqomhPscaRmdhn
  • Semoga Allah memberikan qt keistiqomahan dlm menjalankan semua perintahNya & menjauhi semua laranganNya. Amin #IstiqomhPscaRmdhn (sekian)
  • Kebanyakan orang biasanya buat resolusi itu pas malam tahun baru. Sy pas Ramadhan. Satu bln full kontemplasi dan doa. #ResolusiRamadhan
  • Harapannya biar “tangan” Allah yg kerja. Tentu sambil doa: “Ihdinas syiratal mustaqim” (Tunjukkanlah kami jln yg lurus). #ResolusiRamadhan
  • Disamping krn otak jauh lbh plong selama Ramadhan dan jg pikiran lbh jernih. #ResolusiRamadhan
  • Beberapa #ResolusiRamadhan hasil kontemplasi selama satu bln kemarin:
  • 1. Gabung jd pengurus Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Depok. Alasan: suka olahraga n pengen majuin olahraga Depok. #ResolusiRamadhan
  • Disamping karena ingin berbisnis yg ada hubungannya dgn Olahraga. #ResolusiRamadhan
  • Mohon doanya tuips semoga bs mulai bisnis lg. Dah 3bln vakum soalnya. Bismillah, insyaAllah ada jalan. Hehe,, #ResolusiRamadhan
  • 2. Ngajar lg di BTA 70 Lenteng Agung. Kebetulan sy ngajar matematika mulai dr SD-SMA. #ResolusiRamadhan
  • 3. Mutusin tk tinggal (kost) di Depok pasca lebaran. #ResolusiRamadhan
  • 4. Ikut pesantren Tahfidz Quran. Pengen nyicil ngapalin Quran. #ResolusiRamadhan
  • Seminggu ngeluangin waktu dua malem lah tk setor hafalan. Pesantrennya dh dapet dan gak jauh dr tmpt kost #ResolusiRamadhan
  • 5. Kursus bhs Inggris di FIB UI. Persiapan S2. #ResolusiRamadhan
  • 6. Gabung n aktif di P3I (Pusat Pergerakan Pemuda Indonesia). Sebuah LSM yg bergerak di bdg politik. #ResolusiRamadhan
  • Semuanya terangkum dlm dunia: Agama, Olahraga, Bisnis dan Politik. Inilah dunia saya yg sesungguhnya, insyaAllah. #ResolusiRamadhan
  • Sy akan coba investasikan bnyk wkt sy tk 4 dunia ini. #ResolusiRamadhan
  • Sebenernya ada satu lg doa yg terus menerus sy panjatkan. Saking pengennya tuips..hehe.. Apa coba tebak? #ResolusiRamadhan
  • N*k*h..ups,,kebaca ya tuips..hhe,, #ResolusiRamadhan (sekian)
  • Twips, lg ikut buka puasa bareng nih di HidayatDidik Center. #BukberHDC
  • Pas banget saat ini Bang @hnurwahid memberikan sambutan. #BukberHDC
  • Bang @hnurwahid: berdasarkan data ICW, semua kandidat melakukan money politic, hanya no.4 (HidayatDidik) n no.5 yg tidak. #BukberHDC
  • “Qt tdk bs memaksa kehendak pd masy meski banyak hal baik yg qt tawarkan tk masy” #BukberHDC
  • “Tp sbg seorang muslim, tak ada kata berhenti bekerja dan berjuang” #BukberHDC
  • “Teruslah berjuang dan gapailah limpahan pahala atas kerja2 qt” #BukberHDC
  • Terakhir bg @hnurwahid menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungannya selama pilkada pd semua elemen masy #BukberHDC
  • Sekarang dilanjutkan sambutan dr KH. Luthfi Hasan Ishaq selaku Presiden PKS. #BukberHDC
  • Pak luthfi turut memuji ttg keteladanan Bang @hnurwahid#BukberHDC
  • “Apabila segala usaha telah dikerahkan, maka urusan hasil adl domainnya Allah” #BukberHDC
  • “Terkait dgn peta koalisi, qt masih melakukan riset sambil mendengarkan masukan2 dr setiap elemen” #BukberHDC
  • “Setidaknya ada 3 pilihan: ke no.1, no.2 atau tdk memberikan pd kedua-duanya. Masing2 ada sisi positif dan negatifnya” #BukberHDC
  • Hadirin memberikan aplaus yg meriah saat pilihan ke tiga dipaparkan oleh bapak Presiden..heehe #BukberHDC
  • “Apapun pilihan qt, qt akan tetap berjuang untuk membela umat kita” #BukberHDC
  • Demikian sedikit pidato dr KH. Luthfi Hasan Ishaq. Hehe #BukberHDC
  • Yg mau kasih masukan terkait pilihan koalisi, mungkin bs sampaikan ke sobat kita, cc @HidayatDidik. Hehe #BukberHDC
  • Time to do’a #BukberHDC
  • Twips, gimana nih puasanya? Lancar yah? InsyaAllah mw coba live tweet ceramah #TarawihMUI2
  • Malem ini yg ceramah #TarawihMUI2 yaitu DR. Yunus Daud, ketua bidang pendidikan Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok.
  • Imam tarawih, Ust. Muhammad Yasin Al-Hafidz. #TarawihMUI2
  • DR. Yunus naik mimbar, siap ceramah..hehe #TarawihMUI2
  • Beliau ini adl dosen Fisika UI. Bidangnya, geofisika. #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak hadirin untuk mensyukuri puasa pertama ini. Alhamdulillah,, #TarawihMUI2
  • Banyak org2 yg tak bs lg dipertemukan dgn Ramadhan thn ini. Qt masih bs, alhamdulillah #TarawihMUI2
  • Beliau mengajak para hadirin tk mengevaluasi puasa qt sepanjang hari ini. Apakah sudah berkualitas? Tingkatkan #TarawihMUI2
  • Bagaimana dgn amalan2 lain: baca qurannya, shadaqohnya, tolabul ilminya, dll nya. #TarawihMUI2
  • Allah mengabulkan doa apa sj yg qt pinta di bln Ramadhan ini. InsyaAllah #TarawihMUI2
  • Perhatikan apa sj yg qt makan: kalori, protein, vitamin, gizi, dll nya. Perhatikan. #TarawihMUI2
  • Rasul tdk pernah menzhalimi perutnya, pola makan dan istirahatnya sehat. “Shaumlah, insyaAllah kalian sehat”. #TarawihMUI2
  • Taubat, istighfar, I’tikaf, perbanyaklah. Kencangkan ikat pinggang tk 10 mlm terakhir. #TarawihMUI2
  • Berlomba-lombalah dr mendapatkan ampunan Allah SWT di bln Ramadhan ini. #TarawihMUI2
  • Perintah puasa, targetnya adl menjadi org yg bertakwa terus menerus. #TarawihMUI2
  • Org yg bertakwa berarti org yg aktif: infak terbaik, memaafkan manusia, dll. #TarawihMUI2
  • Selesai. #TarawihMUI2 wasss..
  • Twips, malem pertama, pd tarawih di mana nih?? #TarawihJIC
  • Atau sudah ada yg tarawih dr semalam? #TarawihJIC
  • Saya pilih tarawih di malem yg pertama ini di Jakarta Islamic Center (JIC) Koja. #TarawihJIC
  • Di malam pertama ini, di JIC, yg pertama sampaikan ceramah langsung ketua JIC yaitu bpk Muhammad Sukanta M.Si #TarawihJIC
  • Imam tarawih, ust Muhtadi Al-Hafidz #TarawihJIC
  • pak Muhammad Sukanta mengajak hadirin sekalian untuk menyambut Ramadhan dgn hati yg riang gembira #TarawihJIC
  • Sesuai dgn hadits nabi bhw org yg gembira sambut Ramadhan, mk dirinya diharamkan masuk neraka. #TarawihJIC
  • beliau melanjutkan bahwa puasa ini dibagi jd tiga bagian: 1. Turunnya Rahmat Allah, 2. Ampunan Allah, 3. Dijauhkan dr neraka. #TarawihJIC
  • Beragam kegiatan dipersiapkan panitia puasa JIC selama satu bln full demi mendukung kesuksesan puasa para hadirin. #TarawihJIC
  • tarawih jamaah, ceramah tarawih, kuliah subuh, kuliah zuhur, kuliah maghrib, mabit, pengumpulan zakat, ta’jil n bnyk yg lain #TarawihJIC
  • Bahkan tgl 27 Juli akan ada tausiah dr ust Arifin Ilham #TarawihJIC
  • Beliau sampaikan bahwa ada dua tujuan JIC didirikan yaitu mengembangkan SDM umat islam dan pusat kajian ilmu keislaman #TarawihJIC
  • Demikian kultwit yg bs saya sampaikan. Skrg qt tarawih #TarawihJIC
  • Eng ing eng, “maksain” nulis via twitter meski sebenernya bs langsung buat tulisan lewat pc. Mau kultwit ttg‪ #MomentumRamadhan.
  • Gak terasa twips, insyaAllah lusa qt dh puasa kembali. Cepat yah wkt berlalu. Perasaan br kmrn puasa, skrg dh puasa lg‪ #MomentumRamadhan
  • Dah seberapa besar nih persiapannya? 10%, 20%, 50%, 80%, 90% atau bahkan dh 100%? #MomentumRamadhan
  • Baiklah, kl ngerasa blm nyiapin apa2 tk #MomentumRamadhan kali ini, ada baiknya qt mantapin hati qt tk total ibadah sebulan nanti.
  • “Barang siapa yg menyambut Ramadhan dgn gembira, Allah haramkan jasadnya dr neraka” (hadits). #MomentumRamadhan
  • Itu baru seneng dg kedatangannya aja dh diharamin msk neraka, apalagi sebln itu qt isi dgn full ibadah. Dapet apa kira2? #MomentumRamadhan
  • Salah satu tujuan dr puasa adl tk menjadikan qt pribadi TAKWA. See Al-Baqarah 183. #MomentumRamadhan
  • Apa itu pribadi TAKWA? Simpelnya adl takut pd Allah SWT.‪ #MomentumRamadhan
  • Takut untuk mengerjakan hal2 yg dilarang dan senantias bersemangat mengerjakan apa yg Ia perintahkan.‪ #MomentumRamadhan
  • Ini salah satu hal yg paling esensi dr hidup qt. Takwa ini bukan perkara main2. Sampe2 khatib jumat selalu ingatkan qt.‪ #MomentumRamadhan
  • Dlm wasiatnya, “Ya ayyuhan nas ittaqullah: Hai sekalian manusia, bertaqwalah kpd Allah”. #MomentumRamadhan
  • “Sesungguhnya yg paling mulia di antara kamu adl yg paling taqwa” (Al-Hujurat 13). #MomentumRamadhan
  • Jd derajat kemuliaan seseorang itu tdk diukur dr ketampanan (kayak sy..hehe..) / kecantikan wajah, #MomentumRamadhan
  • Tdk pula dr tingginya jabatan atau banyak harta kekayaannya. Tp diukur dr seberapa besar ketaqwaannya di sisi Allah SWT‪ #MomentumRamadhan
  • Ada kalanya orang biasa2 sj (rupa, harta n tahtanya) lbh mulia d mata Allah ketimbang org lain yg serba wah sepintas lalu #MomentumRamadhan
  • Tentu lbh baik lg jika rupa, harta, tahta serta ketaqwaan dibalut dlm 1 kesatuan yg mengagumkan. Cakep dah ni manusia.‪ #MomentumRamadhan
  • Nah #MomentumRamadhan ini menjadi sarana yg paling pas mengingat banyaknya keutamaan2 yg ia miliki dr bln2 yg lain.
  • Maka betapa ruginya qt jk tdk berusaha semaks mungkin tk menggoalkan cita2 qt (baca: TAKWA) lewat #MomentumRamadhan ini.
  • Yuk bulatkan tekad, satukan hati & iringi dgn amal nyata saat puasa esok bhw qt akn total ibadah semata-mata krn Allah.‪ #MomentumRamadhan
  • Semoga Allah menerima amal ibadah qt dan menjadikan qt pribadi TAKWA dambaan umat. Amin #MomentumRamadhan
  • Oh ya, sebelum puasa, sy minta maaf ya tk segala khilaf dan salah yg pernah terbuat. Biar pusanya tambah berkah. Hehe‪ #MomentumRamadhan

I’tikaf di sepuluh hari terakhir kemarin, memberikan banyak sekali manfaat pada saat. Salah satunya adalah kenalan baru. Kebetulan sepuluh hari kemarin saya memilih untuk i’tikaf di MUI (Masjid UI) Depok.

Tepat di hari ke tiga –tentu setelah mengamati mulai dari hari pertama- saya melihat ada seorang bapak yang menurut perkiraan saya akan i’tikaf full selama sepuluh hari. Artinya ia tak akan keluar-keluar dari lingkungan masjid. Hal itu terlihat dari banyaknya bawaan (bekal) yang ia bawa di dalam tasnya. Nah pas di hari ketiga itu, saya berkesempatan berkenalan dengan beliau. Setelah sedikit berdiskusi, akhirnya saya tahu bahwa beliau tinggal tak jauh dari lingkungan UI. Menurut penuturannya, beliau bekerja di IBM (International Business Machines). IBM ini merupakan salah satu perusahaan besar Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Usianya sudah sekita 100 tahun. Hebat yah?? Sedang beliau, sudah bekerja di sana 21 tahun lamanya untuk cabang yang beroperasi di Indonesia. Posisi (jabatan) beliau pun sudah lumaya tinggi di sana. Ketika beliau menanyakan apakah saya kuliah, saya hanya mengatakan bahwa saya baru lulus dari Matematika UI dan tinggal menunggu waktu wisuda pertengahan bulan September nanti. Beliaupun menanyakan apakah saya saya sudah bekerja. Maka saya jawab, masih freelance. Akhirnya beliau menawarkan saya untuk melamar di perusahaan tempat beliau bekerja. Sampai di sini, saya tak menjawab. Beliau hanya memberikan saya alamat email beliau jika saya berminat untuk mencoba bekerja di sana.

Kenalan saya yang lain adalah seseorang yang dari segi face terlihat masih amat muda. Tapi nyatanya, beliau adalah senior saya (alumni) di FMIPA UI. Beliau lulusan Biologi UI tahun 2000. Belakangan, selama sepuluh hari itu, saya justru banyak berdiskusi dengan beliau mengenai banyak hal terutama tentang islam, pergerakan, dan jamaah. Saya suka berdiskusi dengan beliau karena keluasan ilmu dan kebijaksanaan sikapnya. Makanya saya nyaman sekali berdiksusi dengan beliau. Usut punya usut, ternyata beliau pernah bergelut dalam dunia bisnis potong ayam (sebagai distributor) selama kurang lebih 6 tahun lamanya. Tapi akhirnya ia menutup usahanya karena piutang dari pedang ayam yang ditotal-total telah mencapai 160 juta banyaknya. Dan sekarang beliau menjadi kepala cabang sebuah lembaga bimbel bonafit di jakarta.

Sedang kenalan saya yang ketiga adalah seorang pria keturunan jawa yang cukup mengagetkan saya. Meski dibilang cukup mapan dan berumur (33 tahun), ternyata beliau belum menikah. Dan setelah banyak berdiskusi dengan beliau, akhirnya saya mengetahui bahwa hajat utama beliau saat ini adalah menikah. Adapun trek record hidup beliau adalah sebagai berikut: mulanya beliau bekerja di salah satu perbank-an yang ada di Indonesia. Setelah enam tahun bekerja, akhirnya beliau memilih untuk resign. Dan memilih untuk menjadi pedagang. Ia pernah berdagan minyak wangi, buku, hingga kambing di pinggir-pinggir jalan. Hingga akhirnya, nasib berpihak baik pada beliau. Kini ia memiliki sebuah toko sepatu di salah satu pasar di depok dan memiliki sebuah distro yang lokasinya tak jauh dari rumahnya. Belum lagi beberapa usaha yang lain. Intinya, beliau sedang menapaki tangga kesuksesan bersama usahanya itu.

Tentu masih banyak kenalan-kenalan saya yang lain. Tapi yang paling menarik perhatian saya adalah ketiga orang tersebut. Nah dari ketiganya itu, untuk masalah pekerjaan, saya lebih memilih untuk menjadi seperti orang yang ketiga yaitu menjadi pedangan. Jujur saya kurang terlalu tertarik untuk bekerja di perusahaan-perusahaan milik orang lain meski perusahaan tersebut adalah perusahaan besar macam IBM. Saya pun kurang begitu tertarik lagi bergelut di bidang pendidikan karena saya telah merasakan bergelut di dunia pendidikan selama lima tahun baik sebagai pengajar ataupun pebisnis.

Kebetulan moment i’tikaf kemarin saya jadikan ajang untuk merenungi kehidupan saya terutama yang terkait dengan pekerjaan dan jodoh. Untuk pekerjaan, insayaAllah Allah telah menguatkan tekad saya untuk memilih jalan menjadi entrepreneur (pedagang). Sedang untuk jodoh, jujur, saya masih belum mendapatkan jawabannya (solusi). It’s very complicated. Hahaha…


Total Kunjungan:

  • 634,713 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: